Cara Mendapatkan Spending Reward CIMB Niaga JCB Ultimate

Spending reward dari CIMB Niaga JCB Ultimate merupakan fitur permanen kartu kredit terbaik di Indonesia di mana dengan berbelanja minimal Rp70.000.000/bulan dalam 3 bulan berturut-turut, Anda bisa terbang di kelas bisnis ANA (All Nippon Airways) pulang pergi dari Jakarta ke Tokyo. Berikut cara mendapatkannya:

Devaluasi CIMB Niaga JCB Ultimate
Spending reward CIMB Niaga JCB Ultimate adalah fitur permanen kartu kredit terbaik di Indonesia.
Pastikan transaksi Anda memenuhi syarat

Setelah devaluasi beberapa saat yang lalu, CIMB Niaga mensyaratkan transaksi ritel yang tidak dijadikan cashback (4% untuk transaksi di negara tertentu) atau cicilan sebesar Rp70.000.000/bulan dalam 3 lembar tagihan berturut-turut.

Jangan lupa, Anda harus memastikan bahwa seluruh Poin Xtra yang didapatkan di 3 bulan tersebut tidak digunakan sama sekali karena seluruh poin dari 3 bulan tersebut akan dihanguskan. Sebagai contoh, Anda memiliki 810.000 Poin Xtra sebagai berikut:

  • Tagihan September 2022: 270.000 poin,
  • Tagihan Oktober 2022: 225.000 poin,
  • Tagihan November 2022: 180.000 poin,
  • Tagihan Desember 2022: 135.000 poin.

Menariknya, Anda bisa menukarkan spending reward CIMB Niaga JCB Ultimate ini dari tagihan bulan mana saja yang ingin Anda gunakan. Sebagai contoh:

  • Penukaran billing statement September – November 2022: Poin Xtra tidak boleh ditukarkan sebelum menukarkan spending reward (Anda tetap boleh menukarkan Poin X-Tra dari billing statement di bulan Desember 2022 setelah spending reward diproses), atau
  • Penukaran billing statement Oktober – Desember 2022: Anda dapat menukarkan maksimal 270.000 Poin Xtra dari billing statement September 2022 sebelum menukarkan spending reward.
Cari penerbangan di Matrix

CIMB Niaga pada dasarnya memberikan batasan sebagai berikut:

  • Tiket harus di kelas bisnis subkelas Z (subkelas tiket berbayar, bukan subkelas tiket redemption),
  • Tiket berlaku untuk penerbangan dengan ANA pulang pergi dari Jakarta ke Tokyo (berlaku baik ke Tokyo HND maupun Tokyo NRT), dan
  • Periode terbang kapanpun diizinkan asalkan masa tinggal di Tokyo maksimal 21 hari.

Oleh karena itu, untuk mencari jadwal yang sesuai Anda bisa mencari ketersediaan penerbangan di Matrix dengan kriteria ataupun parameter sebagai berikut (salin dan tempel hanya bagian yang ditebalkan):

  • Jenis perjalanan: Pulang pergi (tidak boleh sekali jalan; subkelas Z untuk penerbangan ANA baru muncul saat memesan pulang pergi)
  • Dari: CGK (Anda dapat juga memasukkan JKT, walaupun saat ini tidak ada penerbangan ANA dari bandara Jakarta HLP)
  • Ke: TYO (kode IATA Tokyo; saya lebih menyarankan HND karena bandara Narita cukup jauh dari pusat kota Tokyo, tapi tentu lebih baik fleksibel)
  • Advanced controls (isi sama untuk penerbangan berangkat maupun pulang):
    • Routing code: NH (untuk mencari penerbangan dengan nomor berawalan NH; kode IATA untuk maskapai ANA)
    • Extension code: F BC=Z; OPAIRLINES NH (untuk mencari ketersediaan penerbangan yang dioperasikan dengan ANA di subkelas Z)
  • Penumpang: 1

Untuk memperbesar peluang mendapatkan kursi, gunakan opsi “See calendar of lowest fares“, lalu masukkan tanggal awal keberangkatan dan lama perjalanan (bisa berupa rentang juga, contoh 3-6 malam).

Dengan cara ini, Matrix akan menampilkan semua jadwal yang tersedia dalam 30 hari dari tanggal awal keberangkatan dan mengikuti lama perjalanan yang ditentukan.

Jangan lupa mengisi kode routing dan ekstensi untuk memudahkan Anda mencari penerbangan yang diinginkan di Matrix.

Setelah memilih penerbangan yang diinginkan, Anda akan memperoleh rincian seperti berikut:

Jangan lupa periksa detail jadwal dan syarat tarif untuk penerbangan yang Anda pilih.

Tidak perlu khawatir dengan harga-nya karena semua akan ditanggung oleh CIMB Niaga.

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara menggunakan Matrix, Anda dapat membaca artikel berikut:

Tips: Periksa jenis kursi yang ditawarkan

Sama seperti dengan maskapai lain, ANA dapat mengubah konfigurasi kursi yang ditawarkan sewaktu-waktu. Jangan lupa untuk terus memeriksa konfigurasi kursi yang ditawarkan, bahkan hingga mendekati waktu keberangkatan.

Untuk rute dari Indonesia ke Jepang, pada dasarnya ANA menawarkan 2 jenis kursi kelas bisnis tergantung dari konfigurasi pesawat:

  • Kursi yang dapat direbahkan hingga datar dengan konfigurasi staggered 1-2-1, dan
Kursi staggered di kelas bisnis ANA.
  • Kursi yang dapat direbahkan hingga tidak sepenuhnya datar dengan konfigurasi standar 2-2-2 (2-1-2 untuk Boeing 767).
Kursi cradle recliner kelas bisnis ANA.

Bahkan di kelas bisnis pun, jenis kursi yang Anda dapatkan berpengaruh (misalnya, Edwin sebagai salah satu penulis di PinterPoin lebih memilih kursi staggered dibandingkan dengan cradle recliner), sehingga Anda tentu ingin memastikan kursi apa yang akan Anda dapatkan.

Sayangnya, karena Matrix pada dasarnya hanya menampilkan jenis pesawat (dan untuk rute Indonesia ke Jepang biasanya adalah Boeing 787 dengan 2 kemungkinan jenis kursi), Anda perlu mencari kursi apa yang akan didapatkan secara terpisah.

Untuk itu, Anda bisa memeriksa situs web ANA. Saat mencari penerbangan di situs ANA, Anda akan menemukan jenis pesawatnya, dan dari situ Anda dapat melihat detail konfigurasi pesawat yang akan digunakan.

Klik informasi jenis pesawat untuk mengetahui denah kursi dan jenis kursi yang akan didapatkan.
Ajukan spending reward melalui contact center CIMB Niaga

Spending reward ini hanya dapat diajukan melalui telepon, dan tidak bisa melalui aplikasi OCTO Mobile.

Oleh karena itu, Anda dapat menghubungi contact center CIMB Niaga di +62211500800 dan sebutkan bahwa Anda ingin menukarkan spending reward untuk kartu CIMB Niaga JCB Ultimate.

Saat menghubungi CIMB Niaga, pastikan bahwa Anda:

  • Menukarkan untuk diri sendiri atau atas nama pemegang kartu tambahan, dan
  • Idealnya memiliki jadwal penerbangan yang sudah pasti.

Tiket Anda akan diproses dalam waktu beberapa hari dan Anda akan dihubungi kembali via email untuk update terkait dengan proses tersebut.

Penutup

Walaupun tidak begitu mudah, menukarkan Poin Xtra dengan spending reward CIMB Niaga JCB Ultimate dapat dengan sangat mudah melipatgandakan valuasi Poin Xtra Anda. Dengan beberapa langkah di atas, memperoleh spending reward harusnya bisa dibilang cukup straightforward.

Apakah Anda akan Menukarkan Poin Xtra CIMB Niaga JCB Ultimate Menjadi Spending Reward?

Share

8 comments
  1. Pak Eric ,
    Yg di maksud dengan minimal 10x trx itu Gimana ya ?
    Contoh : kalau kita melakukan trx kurang dari 10x dalam 2 bulan tapi nominalnya sudah mencapai 200jt apakah boleh ?

  2. Salam Pak Eric

    Ada yang mau saya tanyakan, saya berencana menukarkan spending reward dan mencari di ITAMATRIX tersedia untuk kelas Z ditanggal yang saya inginkan. Tapi kemudian saya coba cek di website ana pada tanggal tersebut hanya tersedia kelas C untuk di booking, untuk hal seperti ini pihak CIMB akan mengacu kemana ya? saya coba tanggal tanggal random hampir tidak menemukan subclass Z.

    terima kasih

    1. Hai. Apa kabar pak Awang.
      Pertama congrate ya sdh berhasil “meet the requirement” utk soending reward.
      Apa yg pak Aeang tanya sangat tepat. Nah bagaimana kalo pak awang coba tel call centrenya dan ajukan tgl departure nya sesuai dengan tgl available di MATRIX. lets see what she respond. Kalo gagal coba call ke 2 kali dgn pengajuan tgl yg sama (siapa tau cs nya bisa).
      Nah kalo masih gagal…. berarti avsilability z class di MATRIX gak bisa di harap.

    2. Halo Awang,

      Availability subkelas Z memang tidak setiap hari, tapi bahkan untuk penerbangan tidak terlalu jauh kedepan (Februari) pun saya masih bisa dapat.

      Dari ANA sendiri subkelas Z nampaknya hanya bisa diakses untuk perjalanan pulang pergi; kalau di Matrix jangan lupa juga coba cari “See calendar of lowest fares” lalu pilih tanggal dan berapa lama menginap (bisa dalam rentang tertentu, misal 3-6 malam) untuk memperbesar peluang mendapatkan ketersediaan.

      Patut diperhatikan juga, CIMB Niaga juga memiliki “kuota” internal terkait dengan ini, dimana setelah CIMB Niaga menerbitkan sejumlah tiket untuk pergi di suatu bulan maka tidak bisa lagi menukarkan spending reward di bulan tersebut.

  3. Dear Pak Awang,

    Kl pengalaman bbrp x tuker JCB spending ana, simple nya dgn cari tix biz termurah di web nya ana,
    kl available di tgl yg diinginkan, tinggal request lgs dgn email Cimbniaga_Prioritysvc@cimbniaga.co.id
    dgn catatan poin nya sudah dikuras. Biasanya dapat sih, Hope it helps!

    Cheers,
    Jack

    1. Saya disini ingin bertanya Om Jack bagaimana bisa dapat tgl depature dan return (jkt – tokyo) dengan ticket subclass z?
      Gua sendiri jg sdh check applikasi ANA. Sdh byk tgl gua check. Yg plg murah itu class c dan harganya USD3,275 (sekitar 50jt)
      Contoh gua pasang tgl 12 sep 2023 ke haneda dan tgl 19 sep 2023 balik ke jkt jan dan flight (business class) yg sama gua compare dan check rate nya di aplikasi ANA, traveloka dan trip.com
      Hasilnya gini
      > ANA harga USD 3,275 (sekitar 50jt) disini tertulis jelas class C (bukan z)
      > traveloka Rp 29jtan (tp tidak tulis type class)
      > trip.com Rp 30jtan (tp tidak tulis type class)

      Gua ada perasaan kalo kita check harga direct ke ANA bakal gak temu (business class) subclass z. Minimal cuma c class dan harganya mahal.

      Nah sekarang kalo cimb niaga patokan nya booking tiket utk yg kita² claim spending reward ini kalo dr ANA directly pasti sangat² susah. Tp ternyata harga murah (yg 29jtan dan mungkin itu class z) tidak di jual oleh ANA sendiri. Yg jual itu traveloka dan trio.com

      May be soneone can comment on my finding? Tgks

      1. Tony,

        Saran saya coba cari flight yang kurang dari 3 bulan dan tidak terlalu jauh, saya sendiri dapat dengan mudah mencari ANA dengan fare class Z bahkan di high season seperti musim bunga sakura sekalipun.

    2. Halo pak Jack,

      Maaf saya tidak mengerti maksud poin nya sudah dikuras apa ya? apakah poin xtra kita sudah di redem dan baru mengajukan spending reward? terimakasih sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea