Spending reward dari CIMB Niaga JCB Ultimate merupakan fitur permanen kartu kredit terbaik di Indonesia, dimana dengan berbelanja Rp200.000.000 dalam 2 bulan Anda bisa terbang di kelas bisnis ANA (All Nippon Airways) pulang pergi dari Jakarta ke Tokyo. Berikut cara mendapatkannya:

Devaluasi CIMB Niaga JCB Ultimate

Spending reward CIMB Niaga JCB Ultimate adalah fitur permanen kartu kredit terbaik di Indonesia.

Pastikan transaksi Anda memenuhi syarat

Setelah devaluasi tahun lalu, CIMB Niaga mensyaratkan transaksi ritel yang tidak dijadikan cashback (4% untuk transaksi di negara tertentu) atau cicilan sebesar Rp200.000.000 dalam 2 lembar tagihan dalam minimal 10 transaksi.

Jangan lupa, Anda harus memastikan bahwa seluruh Poin Xtra yang didapatkan di 2 bulan tersebut tidak digunakan sama sekali karena seluruh poin dari 2 bulan tersebut akan dihanguskan. Patut diperhatikan, Poin Xtra digunakan dari yang kedaluwarsa lebih awal, sehingga Anda cukup perlu memastikan bahwa Poin Xtra untuk transaksi di billing statement tersebut tidak terpakai sama sekali. Sebagai contoh, Anda memiliki 900.000 Poin Xtra sebagai berikut:

  • Tagihan Juli 2021: 360.000 poin,
  • Tagihan Agustus 2021: 90.000 poin,
  • Tagihan September 2021: 450.000 poin.

Oleh karena itu, apakah Anda boleh menukarkan Poin Xtra tergantung dari Poin Xtra tagihan bulan mana saja yang ingin digunakan:

  • Juli dan Agustus 2021: Poin Xtra tidak boleh ditukarkan sebelum menukarkan spending reward (Anda tetap boleh menukarkan Poin Xtra dari bulan September 2021 setelah spending reward diproses), atau
  • Agustus dan September 2021: Anda dapat menukarkan maksimal 360.000 Poin Xtra sebelum menukarkan spending reward.

Cari penerbangan di Matrix

CIMB Niaga pada dasarnya memberikan batasan sebagai berikut:

  • Tiket harus di kelas bisnis subkelas Z (subkelas tiket berbayar, bukan subkelas tiket redemption),
  • Tiket untuk penerbangan dengan ANA pulang pergi dari Jakarta CGK ke Tokyo TYO (berlaku baik ke Tokyo HND maupun Tokyo NRT), dan
  • Periode terbang kapanpun diizinkan asalkan masa tinggal di Tokyo maksimal 21 hari.

Oleh karena itu, untuk mencari jadwal yang sesuai Anda bisa mencari ketersediaan penerbangan di Matrix dengan kriteria sebagai berikut (salin dan tempel hanya bagian yang ditebalkan):

  • Jenis perjalanan: Pulang pergi
  • Dari: CGK (Anda dapat juga memasukkan JKT, walaupun saat ini tidak ada penerbangan ANA dari bandara Halim)
  • Ke: TYO (kode IATA Tokyo; walaupun saya lebih menyarankan HND karena bandara Narita cukup jauh dari pusat kota Tokyo)
  • Advanced controls (isi sama untuk penerbangan berangkat maupun pulang):
    • Routing code: NH (untuk mencari penerbangan dengan nomor berawalan NH; kode IATA untuk maskapai ANA)
    • Extension code: F BC=Z; OPAIRLINES NH (untuk mencari ketersediaan penerbangan yang dioperasikan dengan ANA di subkelas Z)
  • Penumpang: 1

Jangan lupa mengisi kode routing dan ekstensi untuk memudahkan Anda mencari penerbangan yang diinginkan di Matrix.

Setelah memilih penerbangan yang diinginkan, Anda akan memperoleh rincian seperti berikut – Anda tidak perlu khawatir dengan harganya karena seluruhnya akan ditanggung oleh CIMB Niaga.

Jangan lupa periksa detail jadwal dan syarat tarif untuk penerbangan yang Anda pilih.

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara menggunakan Matrix, Anda dapat membaca artikel berikut:

Periksa jenis kursi yang ditawarkan

Seperti dengan maskapai lain, ANA dapat mengubah konfigurasi kursi yang ditawarkan sewaktu-waktu. Jangan lupa untuk terus memeriksa konfigurasi kursi yang ditawarkan, bahkan hingga mendekati waktu keberangkatan.

Untuk rute dari Indonesia ke Jepang, pada dasarnya ANA menawarkan 2 jenis kursi kelas bisnis tergantung dari konfigurasi pesawat:

  • Kursi yang dapat direbahkan hingga datar dengan konfigurasi staggered 1-2-1, dan

Kursi staggered di kelas bisnis ANA.

  • Kursi yang dapat direbahkan hingga tidak sepenuhnya datar dengan konfigurasi standar 2-2-2 (2-1-2 untuk Boeing 767).

Kursi cradle recliner kelas bisnis ANA.

Bahkan di kelas bisnis pun, jenis kursi yang Anda dapatkan berpengaruh (misalnya, Edwin sebagai salah satu penulis di PinterPoin lebih memilih kursi staggered dibandingkan dengan cradle recliner), sehingga Anda tentu ingin memastikan kursi apa yang akan Anda dapatkan. Sayangnya, karena Matrix pada dasarnya hanya menampilkan jenis pesawat (dan untuk rute Indonesia ke Jepang biasanya adalah Boeing 787 dengan 2 kemungkinan jenis kursi), Anda perlu mencari kursi apa yang akan didapatkan secara terpisah.

Untuk itu, Anda bisa memeriksa situs web ANA. Saat mencari penerbangan di situs ANA, Anda akan menemukan jenis pesawatnya, dan dari situ Anda dapat melihat detail konfigurasi pesawat yang akan digunakan.

Klik informasi jenis pesawat untuk mengetahui denah kursi dan jenis kursi yang akan didapatkan.

Ajukan spending reward melalui contact center CIMB Niaga

Spending reward ini hanya dapat diajukan melalui telepon, dan tidak bisa melalui aplikasi OCTO Mobile. Oleh karena itu, Anda dapat menghubungi contact center CIMB Niaga di +62211500800 dan sebutkan bahwa Anda ingin menukarkan spending reward untuk kartu CIMB Niaga JCB Ultimate. Saat menghubungi CIMB Niaga, pastikan bahwa Anda:

  • Menukarkan untuk diri sendiri atau pemegang kartu tambahan, dan
  • Idealnya memiliki jadwal penerbangan yang sudah pasti.

Tiket Anda akan diproses dalam waktu beberapa hari dan Anda akan dihubungi kembali untuk update terkait dengan proses tersebut.

Penutup

Walaupun tidak begitu mudah, menukarkan Poin Xtra dengan spending reward CIMB Niaga JCB Ultimate dapat dengan sangat mudah melipatgandakan valuasi Poin Xtra Anda. Dengan beberapa langkah di atas, memperoleh spending reward harusnya bisa dibilang cukup straightforward.

 

Apakah Anda akan Menukarkan Poin Xtra CIMB Niaga JCB Ultimate Menjadi Spending Reward?