Salah satu pertanyaan seputar ‘Amex Platinum’ yang paling sering saya terima adalah: “Mana yang lebih baik, BCA Amex Platinum atau Danamon Amex Platinum?”

Menjawab pertanyaan tersebut, mari kita bandingkan satu per satu fitur dan fasilitas kedua kartu tersebut agar bisa mengetahui kartu mana yang lebih layak untuk diajukan (apply).

Saya akan membandingkan kedua kartu tersebut dalam 6 aspek yaitu earning rate, promosi, konvertibilitas, welcome bonus, fasilitas, dan annual fee.

 Berikut perbandingan kedua kartu tersebut:


Earning Rate

BCA Amex Platinum memiliki earning rate sebesar 7.500 Rupiah = 1 airline miles (GarudaMiles/KrisFlyer)

Danamon Amex Platinum memiliki earning rate sebesar 6.250 Rupiah = 1 airline miles (KrisFlyer)

Pemenang = Danamon Amex Platinum

 

Promosi

BCA Amex Platinum sepanjang tahun 2019 & 2020 ini sudah mengadakan promosi point multiplier ataupun promo lainnya sebanyak 7 kali

Danamon Amex Platinum sepanjang tahun 2019 & 2020 ini sudah mengadakan promosi point multiplier ataupun promo lainnya sebanyak 2 kali

Pemenang = BCA Amex Platinum

 

Konvertibilitas

BCA Amex Platinum untuk saat ini hanya memiliki 2 transfer partner yaitu Garuda Indonesia dan Singapore Airlines

Danamon Amex Platinum memiliki 7 transfer partner yaitu Cathay Pacific, Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Malaysia Airlines, AirAsia Indonesia, Marriott Bonvoy, dan Hilton Honors

Pemenang = Danamon Amex Platinum

 

Welcome Bonus

BCA Amex Platinum seringkali menawarkan welcome bonus berupa 1.000.000/1.500.000 MR atau setara dengan 26.667/40.000 airline miles

Danamon Amex Platinum seringkali menawarkan welcome bonus berupa cashback 100% hingga 10 juta Rupiah

Pemenang = Danamon Amex Platinum, 40.000 airline miles dari BCA Amex hanya memiliki value 8.100.000 Rupiah versi PinterPoin apabila ditukarkan dengan GarudaMiles/Singapore Airlines KrisFlyer.

 

Fasilitas

BCA Amex Platinum memberikan fasilitas ‘Amex Platinum’ ditambah dengan free 2 minuman di Starbucks bandara

Danamon Amex Platinum memberikan fasilitas ‘Amex Platinum’ ditambah dengan akses ke berbagai airport lounge domestik

Pemenang = Imbang

 

Annual Fee

BCA Amex Platinum menggratiskan annual fee jika Anda adalah nasabah Prioritas/Solitaire dari BCA dan bertransaksi sebesar 200 juta Rupiah di tahun pertama dan 600 juta Rupiah di tahun-tahun selanjutnya. Penghapusan annual fee tidak menghanguskan poin yang ada.

Danamon Amex Platinum menggratiskan annual fee dengan cara ‘menebus’ 385.000 Membership Rewards yang mana bisa diperoleh dengan bertransaksi 481.250.000 Rupiah dalam kondisi normal. Penghapusan annual fee akan menghanguskan poin yang ada.

Pemenang = BCA Amex Platinum


Baca juga: Review BCA American Express Platinum

Baca juga: Review Danamon American Express Platinum


Penutup

Setiap dari kartu memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Berikut adalah summary-nya:

BCA Amex Platinum

Danamon Amex Platinum

Earning Rate

V

Promosi

V

Konvertibilitas

V

Welcome Bonus

V

Fasilitas

V

V

Annual Fee

V

Berkaca dari tabel diatas, dapat diketahui bahwa kartu Danamon Amex Platinum sedikit lebih unggul dibandingkan dengan kartu BCA Amex Platinum.

Hanya saja, ketika suatu hari nanti BCA Amex Platinum mengembalikan transfer partner seperti semula yaitu 7 transfer partner, maka posisi antara BCA Amex Platinum dengan Danamon Amex Platinum akan berimbang.

Kartu terbitan American Express masih jarang ada di Indonesia

Saya sendiri secara pribadi lebih menyukai BCA Amex Platinum karena merasa sanggup bertransaksi sebesar 600 juta Rupiah per tahunnya terutama jika ada promosi point multiplier yang menarik di mana Anda bisa memperoleh free annual fee + airline miles yang masif dalam satu periode.

Sebaliknya, Danamon Amex Platinum saya rasa akan lebih cocok bagi mereka yang bertransaksi secara rutin, tidak memiliki deviasi transaksi tiap bulan yang besar, dan mencari kartu kredit yang benar-benar jarang orang miliki 🙂

.

Apakah Anda tertarik memiliki kartu BCA Amex Platinum atau Danamon Amex Platinum?