iDeb SLIK (Informasi Debitur Sistem Layanan Informasi Keuangan) atau umumnya disebut BI Checking adalah catatan pemakaian kredit oleh seorang debitur (pemakai kredit) yang dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Baca lebih lanjut di bawah untuk manfaat dan cara mendapatkannya:

Apa Gunanya SLIK?

SLIK akan sangat berguna untuk memeriksa status “kesehatan” Anda sebagai kreditur, dan juga sebagai alat self-assessment untuk menentukan kesiapan Anda mengajukan kredit (tidak hanya kartu kredit). Berbeda dengan model skor kredit yang ada di Amerika Serikat, SLIK pada dasarnya hanya laporan histori kredit, sehingga Anda tidak akan mendapatkan skor keseluruhan atas kredit Anda.

Histori kredit hanya merupakan salah satu dari beberapa hal yang dilihat bank saat memproses pengajuan kredit, dan histori kredit yang bagus belum tentu menjamin pengajuan kredit Anda akan disetujui. Pastikan Anda memenuhi syarat lain dari bank sebelum mengajukan kredit.

Pastikan keadaan kredit Anda baik dengan memeriksa SLIK sebelum mengajukan kredit baru.

Seberapa Sering Sebaiknya Anda Meminta SLIK?

Ini tentu bervariasi bagi setiap orang, namun saya menyarankan SLIK diajukan:

  • Sebelum Anda mengajukan kredit baru, atau
  • 6 bulan sekali apabila Anda tidak sedang mengajukan kredit baru.

Informasi di SLIK diperbarui oleh masing-masing bank tiap bulan (walaupun tanggalnya bervariasi), jadi kecuali ada perubahan yang sangat signifikan tidak ada manfaatnya untuk mengajukan lebih sering dari 1 bulan sekali.

Bukannya Saya Bisa Langsung Mengajukan di Situs OJK?

Betul, Anda bisa mengajukan di situs OJK sendiri, dan pengajuan Anda akan diproses oleh kantor pusat OJK di Jakarta – dengan asumsi Anda cukup sabar menunggu 1 bulan! Saat saya memeriksa hari ini (30 Agustus 2021), slot pertama yang tersedia adalah di 5 Oktober 2021, lebih dari 1 bulan dari saat ini. Alternatifnya, Anda bisa mengajukan melalui kantor OJK di daerah lain, termasuk kantor OJK Semarang yang akan dibahas di sini.

Anda harus mengantre lebih dari 1 bulan untuk pengajuan SLIK melalui kantor OJK Jakarta.

Bagaimana Proses Mengajukannya?

Prosesnya sendiri mungkin sedikit memakan waktu untuk pertama kali, namun akan jauh lebih mudah untuk kedepannya.

Siapkan Formulir dan Foto

Untuk mengajukan SLIK di OJK Semarang secara online, Anda perlu menyiapkan 4 hal:

Anda tentu perlu mempersiapkan semuanya untuk pengajuan pertama kali, namun untuk pengajuan berikutnya:

  • Foto KTP, selfie dengan KTP, dan sampel tanda tangan yang sama bisa digunakan kembali, sedangkan
  • Formulir pengajuan SLIK tinggal diganti tanggalnya saja – Anda bisa menyiapkan formulir yang sudah diisi semuanya tanpa tanggal, lalu mengisi tanggal pengajuan tiap kali mengajukan.

Ajukan SLIK

Anda dapat mengajukan SLIK di sini (link eksternal; form hanya dibuka di hari kerja jam 09.00 – 15.00 WIB). Anda cukup mengisi beberapa data diri, kemudian mengunggah formulir dan foto yang disebutkan di atas. Patut diperhatikan, kecuali Anda berencana mengambil sendiri di kantor OJK Semarang jangan lupa untuk memilih pengiriman secara online.

Verifikasi melalui Telepon Video WhatsApp

Petugas dari kantor OJK Semarang (dari nomor HP +628112673777) akan menghubungi Anda melalui WhatsApp ke nomor HP yang dimasukkan saat mengajukan SLIK untuk meminta waktu verifikasi. Ini akan dilakukan di hari yang sama saat Anda mengajukan SLIK.

Kantor OJK Semarang akan menghubungi Anda di WhatsApp melalui nomor ini.

Proses verifikasinya sendiri:

  • Harus dilakukan dengan telepon video WhatsApp (tidak bisa hanya telepon suara),
  • Tidak perlu menunjukkan KTP (cukup telepon biasa), dan
  • Hanya mengkonfirmasi beberapa data diri yang dimasukkan di formulir, seperti nama diri dan tanggal lahir – proses verifikasi hanya memakan waktu kurang dari 1 menit.

Setelah verifikasi, Anda akan mendapatkan pesan sebagai berikut:

Anda tinggal menunggu SLIK diproses setelah verifikasi selesai.

Terima File SLIK

Di sore hari di hari yang sama Anda akan menerima minimal 2 file PDF dari nomor WhatsApp yang sama:

  • Hasil pencarian SLIK (bisa lebih dari 1 file tergantung bagaimana bank melaporkan NIK Anda – sebagai contoh, saya sendiri mendapatkan 3 file), dan
  • Panduan membaca SLIK.

Anda akan menerima hasil di hari yang sama setelah verifikasi selesai.

Apa yang Perlu Saya Perhatikan dari SLIK?

Walaupun informasi yang tersedia cukup banyak dan mungkin tidak semuanya relevan, Anda bisa berfokus pada beberapa aspek untuk memeriksa keadaan kredit Anda:

Sejarah pembayaran tagihan

Sejarah pembayaran tagihan bisa dibagi menjadi 2:

  • Kualitas kredit terburuk di bagian ringkasan, dan
  • Informasi pembayaran tiap bulan di masing-masing entri.

Konsep kualitas kredit di laporan SLIK, seperti pada umumnya dipakai di Indonesia, terdiri dari 5 tingkat berdasarkan keterlambatan pembayaran:

  • 1: Lancar,
  • 2: Dalam perhatian khusus (1 hari – 3 bulan terlambat),
  • 3: Kurang lancar (3 – 4 bulan terlambat),
  • 4: Diragukan (4 – 6 bulan terlambat),
  • 5: Macet (> 6 bulan terlambat)

Idealnya semua kredit yang Anda punya selalu berstatus lancar, namun apabila kredit Anda pernah sedikit terlambat dan kejadiannya sudah cukup lama (beberapa bulan) seharusnya tidak terlalu masalah. Di sisi lain, apabila kolektibilitas Anda pernah cukup buruk Anda mungkin mau menunda pengajuan kredit beberapa bulan.

Pastikan pembayaran kredit Anda selalu lancar.

Limit kredit dan total terutang

Limit kredit dan jumlah terutang juga dibagi menjadi 2:

  • Total limit kredit dan terutang, dan
  • Limit kredit dan terutang untuk masing-masing kredit yang diberikan.

Apabila Anda akan mengajukan beberapa kartu kredit terbaik di pasaran, Anda tentu idealnya sudah memiliki kartu kredit dengan limit tiap bank yang cukup tinggi – limit kredit bisa digunakan sebagai reality check untuk menentukan kartu kredit mana saja yang bisa Anda ajukan saat ini. Sebagai contoh, Citi Prestige memiliki limit minimum dari Citibank sebesar Rp100.000.000, sehingga apabila misalnya limit kartu kredit Anda (dalam 1 kartu, bukan gabungan) lainnya hanya Rp50.000.000 Anda bisa mencoba Citi PremierMiles terlebih dahulu yang memiliki limit minimum dari Citibank sebesar Rp40.000.000.

Perjuangan untuk mendapatkan kartu top-tier seperti Citi Prestige dimulai dari membangun kredit.

Penggunaan kredit sendiri (dalam arti, jumlah terutang) juga mengambil peran cukup penting – apabila pada saat cetak tagihan jumlah tagihan Anda terus sangat tinggi, ada kemungkinan saat mengajukan kartu Anda akan ditolak karena dianggap sedang butuh uang. Bank hanya akan melaporkan jumlah yang tercetak di tagihan, sehingga Anda bisa saja menyiasati dengan membayar pemakaian sebelum tagihan tercetak untuk menurunkan jumlah tagihan – sebagai contoh, pemakaian total kredit saya saat ini yang tercatat hanya di kisaran 2% walaupun pemakaiannya jauh lebih dari itu.

Pantau pemakaian kredit Anda di SLIK.

Usia kredit

Walaupun tidak begitu signifikan, berapa lama Anda sudah memiliki kredit tentu menjadi pertimbangan sendiri bagi bank saat mengajukan kredit. Sebagai contoh, saya baru mendapatkan kartu kredit kedua setelah 1 tahun memegang kartu kredit pertama, dan bahkan baru relatif cukup mudah mendapatkan kredit setelah 2 tahun mendapatkan kartu kredit pertama. Oleh karena itu, saya menyarankan Anda yang masih baru saja memiliki kredit pertama untuk menunggu beberapa bulan sebelum mengajukan kredit lainnya.

Usia kredit bisa dilihat di informasi masing-masing kredit yang masih berjalan.

Kesimpulan

Memeriksa laporan kredit Anda dengan SLIK dapat membantu Anda memeriksa “kesehatan” kredit Anda. Dengan alternatif pengajuan SLIK melalui kantor OJK Semarang Anda bisa mendapatkan SLIK hanya dalam waktu 1 hari dibandingkan dengan lebih dari 1 bulan di kantor OJK Jakarta.

 

Apakah Anda akan mengajukan SLIK melalui kantor OJK Semarang?

H/T: Stephen Santoso