Singapore Airlines sejak 1 September 2021 mengoperasikan penerbangan ‘spesial’ ke Los Angeles, London, dan Tokyo dari Indonesia.

Sesuai dengan pernyataan resmi dari Singapore Airlines, penumpang pada penerbangan spesial ini akan diizinkan untuk pindah pesawat di bandara Changi namun tidak diizinkan untuk menggunakan fasilitas di bandara tersebut selama proses perpindahan menuju pesawat selanjutnya

Merujuk pada website Singapore Airlines, berikut adalah konsep dari penerbangan spesial tersebut:

Sebelumnya, akibat kasus Covid-19 yang terus melonjak di Indonesia, Singapura memberlakukan 21 day transit ban bagi penumpang asal Indonesia. Hal ini berarti orang yang berada di Indonesia dalam kurun waktu 21 hari tidak diperbolehkan untuk transit di Singapura.

Singapura masih memberlakukan transit ban bagi mereka yang berada di Indonesia dalam kurun waktu 21 hari

Destinasi yang bisa Anda pilih untuk penerbangan ini antara lain adalah:

  • Tokyo (NRT) menggunakan SQ 12
  • Los Angeles (LAX) menggunakan SQ 12
  • London (LHR) menggunakan SQ 322

Saya juga mendengar isu bahwa jika penerbangan-penerbangan ini ‘sukses’ dalam artian bahwa passenger load-nya cukup baik, maka Singapore Airlines akan terus mengembangkan penerbangan serupa ke destinasi lainnya seperti New York (JFK) ataupun Amsterdam (AMS).


Baca juga: Review – Singapore Airlines First Class Boeing 777-300 Singapore – Jakarta 

Baca juga: Review – Singapore Airlines Suites Airbus A380 Hong Kong – Singapore


Opini

Singapore Airlines akan mengoperasikan penerbangan spesial ke beberapa destinasi internasional populer yang secara teknis ‘transit tapi tidak transit’ di bandara Changi di Singapura.

Bagi Anda yang ingin berpergian ke salah satu destinasi tersebut menggunakan Singapore Airlines, saat ini adalah saat yang baik untuk menukarkan KrisFlyer Miles Anda karena ketersediaan award seat (tiket penerbangan yang bisa ditukarkan menggunakan miles) kelas bisnis yang cukup baik.

award seat kelas bisnis untuk penerbangan ‘spesial’ ini cukup baik

Ketersediaan award seat sendiri sekilas cukup baik untuk destinasi yang sangat populer seperti Los Angeles sekalipun. Meski begitu, Anda harus mempertimbangkan cost/benefit Anda pergi ke luar negeri karena sekembalinya di Indonesia, Anda wajib dikarantina selama 8 hari dengan biaya yang tidak murah juga.

Perlu Anda ketahui juga bahwa jika Anda memilih untuk terbang pulang pergi (PP) menggunakan Singapore Airlines, maka Anda harus berada di destinasi tersebut minimum selama 21 hari jika destinasi awal Anda adalah kota di Indonesia.

.

Apa pendapat Anda mengenai penerbangan spesial dari Singapore Airlines ini?