Singapore Airlines Book The Cook (BTC) Lobster Thermidor – Worth the Try?

Beberapa saat yang lalu, saya berkesempatan untuk mencoba menu legendaris dari fitur Book The Cook (BTC) Singapore Airlines yaitu ‘Lobster Thermidor’ di Business dan First Class.

Menu Book The Cook ini sendiri sangat beragam dari hidangan khas Asia (dan bahkan beberapa street food terkenal Singapura) hingga hidangan vegetarian. Daftar lengkap menu Book The Cook sendiri bisa Anda baca di sini.

Anyways, berikut deskripsi salah satu menu BTC paling terkenal (yang baru saja ganti resep beberapa saat lalu) yaitu Lobster Thermidor:

Terdengar enak? Saya bisa bilang bahwa BTC Lobster Thermidor ini memang seenak itu, setidaknya pada resep baru mereka.

Dulu, sebelum pandemi, saya pernah mencoba BTC Lobster Thermidor ini dan saya memberi rating 7/10 karena rasa keju-nya terlalu kuat. Untungnya, resep baru ini jauh lebih enak dan tidak membuat eneg.

Lobster Thermidor di Business Class 8/10
Lobster Thermidor di First Class 8.5/10

Berdasarkan penuturan dari Cabin Crew Singapore Airlines yang bertugas, berikut adalah beberapa perbedaan antara Lobster Thermidor di Business Class dengan Lobster Thermidor di First Class:

  • Lobster yang digunakan di First Class ‘sedikit lebih besar’ dari Lobster yang digunakan di Business Class, terlihat dari ukuran ekor-nya

  • Lebih banyak jenis sayur-nya. Mengacu pada gambar, bisa terlihat bahwa Lobster Thermidor di First Class memiliki beberapa batang asparagus sedangkan Lobster Thermidor di Business class tidak memiliki asparagus

Kalau boleh jujur, menurut saya perbedaan tersebut tidak signifikan sehingga mungkin akan kurang bijaksana bagi Anda untuk memesan Lobster Thermidor di BTC First Class karena menu serupa bisa Anda pesan di BTC Business Class.

Selain itu, menurut saya rasanya kurang lebih hampir sama. Kecuali apabila lidah Anda benar-benar kritis (yang mana sulit dilakukan di ketinggian 30.000 kaki), maka menu BTC di First Class ini sebaiknya Anda hindari.


Baca juga: Flight Review – Singapore Airlines Old Suites A380-800 Hong Kong – Singapore

Baca juga: Flight Review – Singapore Airlines Suites A380-800 Singapore – New Delhi


Penutup

Saya berkesempatan untuk mencoba BTC Lobster Thermidor di kelas bisnis dan first class dan verdict saya adalah sebagai berikut:

Menu BTC Lobster Thermidor di Business Class worth it dan sangat layak untuk dicoba terutama bagi Anda yang belum pernah mencoba Lobster Thermidor dari Singapore Airlines.

Hanya saja, menu BTC Lobster Thermidor di First Class kurang worth it karena rasa yang 90% mirip bisa Anda temui di Business Class dan Anda lebih baik memesan menu BTC First Class lain yang tidak ada di Business Class seperti ‘Kyo Kaiseki’.

-Edwin Santoso

Oh, jika Anda penggemar lobster dan tidak takut dengan kolestrol. saya justru merekomendasikan Anda mencoba appetizer berupa Lobster (lagi) dengan kaviar yang disajikan pada penerbangan First Class SQ964 di bulan Mei ini.

Yang ini benar-benar enak dan worth the cholestrol ūüėČ

Appetizer penerbangan SQ964 saya minggu lalu sangat fantastis dan saya beri skor 9/10
Apakah Anda tertarik untuk mencoba BTC Lobster Thermidor dari Singapore Airlines?
Share

11 comments
  1. hi pak edw,

    sepertinya kyo kaiseki sudah dihapus dari menu btc ya?

    saya mencari2 tidak ada lagi menu tsb

    saya cek rute cgk-bom di F dan sebaliknya menunya sama saja dengan di J, tidak ada beda.

  2. Udah pernah coba 2x di first class. Taste OK tapi enggak yang gimana‚ÄĚ. Lebih bagus dan memorable untuk foto di sosmed hahaha

  3. Dulu lobster thermidor di suites ada 2pieces. Akan terbang di Suites lagi dari Melbourne ke SIN. Ada rekomendasi lain tidak untuk BTC?

  4. apakah bila terbang business class rute SIN-SUB , kita dapat merasakan Lobster thermidor juga ?

        1. Dita,

          Saya baru tahu kalau menu Lobster Thermidor hanya tersedia untuk periode penerbangan di atas 3 jam, terimakasih. Baru ingat sih itu terbangnya Singapore ke Manila (business) dan Hong Kong ke Singapore (First) ketika saya mencoba Lobster tsb. Nanti akan saya update juga, terimakasih.

          Revisi: Berdasarkan info dari Eric Valega, Lobster Thermidor di kelas bisnis hanya tersedia untuk penerbangan di atas 3 jam namun Lobster Thermidor di First Class tersedia di seluruh penerbangan dan tanpa ada syarat durasi penerbangan sama sekali.

  5. Ini menu viral walaupun untuk rasanya yaaa rata-rata saja, kurang autentikk. Bagi yang sudah pernah nyicip thermidor di negeri asalnya pasti akan paham kalo menu thermidor di SQ ini cukup overrated.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.