Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit Mandiri Traveloka Visa Platinum menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit dari Bank Mandiri yang melakukan co-branding dengan Traveloka ini tergolong baru karena baru saja diluncurkan pada Maret 2020 lalu. Kelebihan utama dari kartu ini terletak pada welcome bonus berupa 1.000.000 Traveloka Poin yang bernilai Rp1.000.000 dan earning rate-nya yang cukup bagus meskipun hanya bisa digunakan untuk mengumpulkan Traveloka Poin.

Selain itu, kelebihan lain dari kartu ini adalah Anda bisa memperoleh/menggunakan hampir semua promo di Traveloka yang dikhususkan untuk pengguna Traveloka PayLater tanpa harus terkena bunga.

Traveloka Mandiri Card

Traveloka Mandiri Card adalah kartu kredit yang relatif baru

Kartu ini dapat memperoleh Traveloka Poin untuk semua transaksi, baik di Traveloka maupun di luar Traveloka, yang didapatkan dengan perhitungan sebagai berikut:

  • 8.000 Rupiah = 100 Traveloka poin untuk transaksi diluar Traveloka
  • 4.000 Rupiah = 100 Traveloka poin untuk transaksi di Traveloka

Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda bisa mendapatkan 100 Traveloka Poin setiap melakukan transaksi sebesar 8.000 Rupiah diluar Traveloka.

Anda bisa mendapatkan 100 Traveloka Poin setiap melakukan transaksi sebesar 4.000 Rupiah di Traveloka.

Saya memvaluasi Traveloka Poin senilai Rp1 / poin sehingga tingkat perolehan yang didapatkan dari transaksi diluar Traveloka jika mengikuti valuasi airline miles PinterPoin setara dengan 16.800 per 1 airline miles. Nilai yang didapat adalah 1.

Sedangkan untuk transaksi di Traveloka, tingkat perolehannya setara dengan 8.400 per 1 airline miles. Nilai yang didapat adalah 2

Nilai: 1.5

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Anda bisa mendapatkan welcome bonus berupa 1.000.000 Traveloka Poin senilai Rp1.000.000 dengan cara mengajukan kartu utama dan kartu tambahan.

Jika Anda hanya mengajukan kartu utama tanpa kartu tambahan, welcome bonus yang diberikan hanyalah 500.000 Traveloka Poin senilai Rp500.000.

Mengasumsikan Anda mengambil opsi pertama (kartu utama + kartu tambahan), maka welcome bonus tersebut setara dengan 4.761 airline miles.

Nilai: 0.5

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini hanya bisa digunakan untuk memperoleh Traveloka Poin, namun poin tersebut dapat digunakan untuk berbagai layanan di Traveloka, termasuk pembelian tiket pesawat, voucher hotel, voucher makanan.

Selain itu, poin ini juga dapat ditukarkan di beberapa merchant pilihan (walaupun rate konversi yang diberikan memang lebih bagus untuk penggunaan di Traveloka). Nilai yang didapat adalah 0.5.

Nilai: 0.5

Bonus Unik & Kerja Sama (Skor Maksimal: 1)

Anda bisa memperoleh berbagai promo yang juga ditawarkan pada pemegang kartu Traveloka Paylater Card. Selain itu, terdapat benefit berupa diskon harian sebesar 10% untuk produk Traveloka Xperience (kecuali bioskop dan event).

Nilai: 0.5

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini tidak menyediakan manfaat apapun di bandara.

Nilai: 0

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Kartu kredit ini memiliki iuran tahunan sebesar Rp.500.000 namun memberikan gratis iuran tahunan pada tahun pertama. Pada tahun-tahun selanjutnya, kemungkinan besar iuran tahunan ini bisa dihapuskan dengan syarat tertentu.

Nilai: 0.9

Total Nilai: 3.9 / 10

“Kartu kredit co-branding yang cukup menarik untuk dimiliki apabila Anda sering bertransaksi di Traveloka.”

Penutup

Sama seperti saudaranya yaitu Traveloka PayLater Card, kartu ini bisa dibilang cukup niche. Jika Anda sering bertransaksi di Traveloka, kartu ini mungkin cocok untuk Anda namun jika Anda tidak pernah ataupun jarang sekali bertransaksi di OTA tersebut, maka kartu ini bukan untuk Anda.

Hanya saja, seperti yang sudah pernah disampaikan sebelumnya, salah satu pertimbangan utama untuk memiliki kartu kredit ini adalah welcome bonus-nya yang cukup besar untuk kartu kredit entry level / mid-tier. Mengingat annual fee tahun pertama juga digratiskan, maka tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan memiliki kartu ini 🙂

 

Apakah Anda tertarik memiliki kartu Mandiri Traveloka Visa Platinum?