Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit HSBC Visa Signature menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit HSBC Visa Signature adalah salah satu kartu kredit top-tier dari bank HSBC Indonesia yang memiliki welcome bonus sangat besar dan konvertibilitas yang baik. Kelebihan kartu ini terletak pada welcome bonus yang besar dan berbagai fitur yang unik begitu Anda mencapai ‘Million Points Club’.

Perlu Anda ketahui bahwa kartu kredit ini memiliki 3 jenis rasio perolehan poin.

Rasio perolehan ini bergantung sepenuhnya pada jenis pengeluaran (spending). Spending yang tidak masuk dalam kategori apapun akan memperoleh poin paling sedikit sedangkan spending yang masuk dalam kategori khusus akan memperoleh poin yang lebih besar.

  • Spending Rp1.500 untuk kategori perjalanan dan bersantap = 4 Poin Rewards HSBC
  • Spending Rp1.500 untuk kategori transaksi di luar negeri = 2 Poin Rewards HSBC
  • Spending Rp1.500 untuk kategori selain yang sudah disebutkan = 1 Poin Rewards HSBC

Rasio penukaran efektif poin kartu kredit ini menjadi airline miles adalah sebagai berikut:

  • 17 Poin Rewards HSBC = 1 KrisFlyer Miles/Asia Miles/GarudaMiles
Pemasukan
Bulanan
Minimal
Rp20.000.000 Masa Berlaku
Poin
2 tahun
Kartu Kredit
Referensi
Tidak perlu Min.
Transfer
10.000 miles
Biaya Tahunan
Rp1.000.000 Rekanan
Penukaran
Welcome Bonus
30.000 miles Biaya
Penukaran
Rp0
Perolehan Poin
Dalam Negeri
Rp6.375 – Rp25.500/mile Penggabungan
Poin?
Tidak
Perolehan Poin
Luar Negeri
Rp12.750/mile Manfaat di
Bandara
Lounge domestik gratis
tidak terbatas bersyarat
Keanggotaan Priority Pass
(akses gratis tidak terbatas
bersyarat)

Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3,5)

Anda bisa mendapatkan 1 airline miles setiap melakukan transaksi dalam kategori perjalanan atau bersantap sebesar Rp6.375. Nilai yang didapat adalah 2,5.

Untuk pengeluaran di luar negeri, Anda akan mendapatkan 1 airline miles setiap melakukan transaksi sebesar Rp12.750. Nilai yang didapat adalah 1,5.

Untuk transaksi selain yang disebutkan diatas, Anda akan mendapatkan 1 airline miles setiap melakukan transaksi sebesar Rp25.500. Nilai yang didapat adalah 0,5.

Nilai: 1,5

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Dapatkan total 510.000 point reward HSBC atau setara dengan 30.000 KrisFlyer/GarudaMiles/Asia Miles setelah pemakaian kartu sebesar Rp30.000.000  dalam 3 bulan setelah kartu disetujui. Nilai yang didapat adalah 2.

Nilai: 2

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1,5)

Kartu ini memiliki 3 transfer partner, yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, dan Cathay Pacific. Nilai yang didapat adalah 1.

Nilai: 1

Bonus Unik & Kerja Sama Travel Fair (Skor Maksimal: 1)

Kartu kredit ini memiliki bonus unik berupa keanggotaan Priority Pass dengan akses gratis tidak terbatas selama 1 tahun, tambahan HSBC Poin Rewards sebesar 10% untuk penukaran airline miles, dan biaya tahunan gratis ketika Anda memiliki setidaknya 1 juta poin (“Million Points Club”).

HSBC sendiri juga sering mengadakan travel fair walaupun maskapai yang diajak bekerja sama bisa berbeda-beda. Pemegang kartu kredit HSBC Visa Signature bisa mendapatkan cashback untuk pemesanan tiket pesawat selama periode travel fair.

Nilai: 1

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memberikan akses gratis tidak terbatas ke berbagai lounge bandara di Indonesia dengan syarat bertransaksi rata-rata minimal Rp5.000.000/bulan dalam 3 tagihan terakhir. Daftar lounge yang dapat diakses bisa dilihat di sini. Nilai yang didapat adalah 0,5.

Nilai: 0.5

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Iuran tahunan kartu ini adalah sebesar Rp1.000.000 per tahunnya dan bisa di-waive (dihapuskan) dengan cara bertransaksi Rp30.000.000 dalam waktu 3 bulan atau dengan memiliki minimal 1.000.000 Poin Rewards HSBC.

Nilai: 0.8

Total Nilai: 6.3 / 10

“Kartu kredit top-tier dari bank HSBC Indonesia yang memiliki welcome bonus yang sangat menarik namun sayangnya memiliki earning rate yang sangat tidak atraktif untuk kartu kredit di kelasnya.”

 

Penutup

Kartu kredit HSBC Visa Signature sangat cocok bagi Anda yang mengincar welcome bonus besar dan juga fitur unlimited priority pass. 

Sekedar informasi, welcome bonus sebesar 510.000 HSBC point reward (setara 30.000 airline miles) cukup untuk naik Singapore Airlines First Class one way rute Jakarta – Singapura.

Terbang first class hanya dengan mengajukan kartu kredit HSBC Visa Signature ini 🙂

Tambahkan dengan spending beberapa belas juta Rupiah di kategori travel ataupun santapan untuk memperoleh 42.500 HSBC point reward (setara 2.500 airline miles), maka Anda akan bisa terbang di First Class Singapore Airlines untuk 2 leg yaitu Jakarta-Singapura-Manila meskipun hanya sekali jalan.

Sayangnya, kartu kredit ini sangat kurang atraktif dari sisi earning rate. Kecuali untuk transaksi pada kategori travel ataupun restoran, maka earning rate dari kartu ini sangat buruk (bahkan boleh dibilang yang terburuk) untuk kartu kredit kelas top-tier.

Saya menyarankan kartu kredit ini untuk Anda yang serius mengincar welcome bonus yang masif ataupun mengincar fitur Priority Mass dengan akses gratis tidak terbatas yang bisa Anda dapatkan ketika Anda memiliki 1 juta Poin Rewards HSBC.

.

Apa pendapat Anda mengenai kartu kredit HSBC Visa Signature? 


Perubahan

*Per 1 Oktober 2021: Welcome bonus dari kartu kredit HSBC Visa Signature bisa didapat kembali meskipun Anda pernah memiliki kartu ini sebelumnya.