Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu BCA American Express Platinum menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

BCA American Express Platinum atau seringkali disingkat sebagai BCA Amex Platinum adalah salah satu kartu kredit top-tier dari Bank Central Asia (BCA) selain BCA Singapore Airlines Visa Infinite dan BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite.

Kartu ini boleh dikata unik karena menggandeng American Express sebagai payment gateway yang mana masih jarang ditemui di Indonesia.

Mengutip dari website American Express, sejauh ini hanya ada 5 jenis kartu personal di Indonesia yang menggandeng American Express dan hanya diterbitkan oleh 2 bank yakni BCA dan Danamon.

Keunikan lainnya? Kartu ini memiliki limit yang terpisah dari kartu kredit BCA Anda. Kartu ini juga bukan sepenuhnya kartu kredit melainkan charge card di mana Anda harus membayar seluruh tagihan Anda sebelum jatuh tempo (tidak boleh pembayaran minimum).

Setiap transaksi menggunakan kartu ini, Anda akan memperoleh Membership Reward (MR) yang bisa dikonversikan menjadi airline miles maupun poin hotel. Rasio penukaran efektif MR menjadi airline miles adalah sebagai berikut:

  • 37.5 Membership Rewards = 1 GarudaMiles/KrisFlyer/Etihad/Emirates/Qatar
  • 25 Membership Rewards = 1 Hilton Honors
  • 75 Membership Rewards = 1 Jumeirah

Perlu Anda ketahui bahwa kartu ini memiliki rasio perolehan poin/miles yang sama untuk pengeluaran di dalam dan luar negeri.

  • Pengeluaran di dalam negeri: Rp 1.000 = 5 Membership Rewards
  • Pengeluaran di luar negeri: Rp 1.000 = 5 Membership Rewards

Kartu ini juga dilengkapi dengan welcome bonus yang berubah-ubah. Pada saat artikel ini ditulis (10 Juli 2020), welcome bonus yang ditawarkan adalah 1.000.000 Membership Rewards atau setara dengan 26.666 airline miles. Penawaran ini berlangsung hingga 30 September 2020.


Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda bisa mendapatkan 1 GarudaMiles/KrisFlyer/Etihad/Emirates/Qatar setiap melakukan transaksi di dalam maupun luar negeri sebesar Rp 7.500.

Nilai: 2

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Anda bisa mendapatkan welcome bonus berupa 1.000.000 Membership Rewards yang bisa ditukarkan dengan 26.666 airline miles. Syarat untuk memperoleh welcome bonus ini adalah Anda harus mengajukan kartu utama dan 2 kartu tambahan. Tidak ada syarat minimum spending untuk memperoleh welcome bonus ini.

Nilai: 1.5

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini memiliki 7 transfer partner, yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Etihad, Emirates, Qatar Airways, Hilton, dan Jumeirah

Nilai: 1.5

Bonus Unik & Kerja Sama (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memiliki berbagai bonus unik berupa:

  • Gratis status Hilton Honors Gold
  • Gratis status Shangri-la Golden Circle – Jade Membership
  • Tower Club Access di Republic Plaza Singapore
  • Platinum benefit & service dari Amex
Nilai: 1

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Akses tidak terbatas ke airport lounge dibawah ini:

  •  The Centurion® Lounge
  •  Lounge American Express Internasional
  •  Delta Sky Club®Lounge
  •  Airport lounge yang bisa diakses menggunakan Priority Pass

Kartu ini juga dilengkapi dengan fitur free 2 minuman di Starbucks bandara tanpa syarat apapun.

Nilai: 1

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memiliki iuran tahunan sebesar 12.000.000 Rupiah per tahunnya dan hanya bisa di waive (dihapuskan) sepenuhnya apabila Anda adalah nasabah Prioritas ataupun Solitaire dari BCA. 

Syarat waive untuk annual fee di tahun pertama adalah transaksi senilai 200.000.000 Rupiah dalam periode waktu 3 bulan sejak kartu diaktifkan.

Untuk tahun kedua dan seterusnya, Anda harus bertransaksi sebesar 600.000.000 Rupiah di tahun sebelumnya untuk bisa menghapuskan annual fee yang ditagihkan.

Jika Anda bukan nasabah Prioritas ataupun Solitaire dari BCA, maka yang di waive hanyalah 50% dari annual fee kartu tersebut yang mana adalah 6 juta Rupiah.

Nilai: 0.6

Total Nilai: 7.6/10

“Kartu kredit Top-Tier dari BCA yang cocok dimiliki bagi mereka yang menginginkan fasilitas kartu kredit yang tiada duanya.”

 

Penutup

BCA Amex Platinum adalah kartu yang sangat eksklusif. Untuk mengajukan kartu ini, Anda harus mendapat persetujuan dari 2 pihak yaitu BCA dan American Express itu sendiri dan limit minimal-nya yang sebesar 100 juta tidak mempermudah seseorang untuk bisa memperoleh kartu ini.

Kelebihan utama dari kartu ini antara lain adalah fasilitas unik yang ditawarkan seperti status Hilton Honors Gold, Shangri-la Golden Circle – Jade Membership, unlimited Priority Pass, akses ke airport lounge internasional dari Amex, Centurion, Delta, dan berbagai fitur lainnya.

Selain itu, kartu BCA Amex Platinum juga memiliki konvertibilitas yang sangat baik dengan 7 transfer partner. Secara pribadi, saya melihat Etihad Guest dan Emirates Skywards sebagai transfer partner yang sangat menjanjikan terutama dengan banyaknya sweet spot yang masih bisa dimanfaatkan.

Lebih hebatnya lagi, annual fee dari kartu ini juga bisa dihapuskan dengan memenuhi syarat tertentu. Hal ini merupakan titik jual tersendiri mengingat di negara asalnya (Amerika Serikat), kartu ini terkenal sangat sulit jika tidak mustahil dihapuskan annual fee-nya.

Kartu ini juga sering mengadakan promo points multiplier yang mana merupakan kesempatan terbaik untuk mengumpulkan miles dengan sangat cepat.

BCA Amex Platinum sering mengadakan promo points multiplier yang sangat menarik

Sayangnya, jaringan Amex masih sangat terbatas di Indonesia. Banyak merchant di Indonesia yang menolak pembayaran menggunakan Amex dikarenakan Merchant Discount Rate (MDR) yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan payment gateway pada umumnya.

Apapun itu, kartu BCA Amex Platinum masih sangat layak untuk dimiliki dibalik segala kesulitan untuk memperoleh dan menggunakannya dengan pertimbangan perks unik yang diperoleh, konvertibilitas yang baik, annual fee yang bisa dihapuskan, dan promosi yang tiada duanya.

.

Apakah Anda tertarik memiliki kartu BCA American Express Platinum?