Alaska Airlines Oneworld | PinterPoin

Update: Penukaran Miles Alaska untuk Penerbangan Partner oneworld

Maskapai Alaska Airlines telah resmi bergabung dengan aliansi maskapai oneworld pada 31 Maret 2021 lalu. Idealnya, miles Alaska akan segera bisa ditukarkan untuk penerbangan intra aliansi oneworld, namun nyatanya fitur tersebut akan terlambat selama 4-6 bulan dari tanggal bergabung untuk segelintir maskapai.

Jika Anda sudah mengikuti program Alaska selama ini, maka Anda mungkin sudah tahu bahwa sebelum bergabung dengan oneworld, Alaska Airlines sudah menjalani perjanjian dengan sejumlah maskapai oneworld. Diantaranya adalah American Airlines, British Airways, Cathay Pacific, Finnair, Japan Airlines, dan Qantas.

Artinya penukaran miles Alaska untuk maskapai tersebut sudah bisa dilakukan dari sekarang dan telah berlangsung sejak lama. Untuk maskapai oneworld lainnya, berikut jadwalnya:

  • Award flight Fiji Airways (oneworld connect) sudah bisa diakses per 31 Maret 2021 kemarin
  • Mulai musim panas hingga musim gugur 2021 (diantara bulan Juni – September), penukaran miles Alaska untuk penerbangan Iberia, Malaysia Airlines, Royal Air Maroc, Royal Jordanian, S7 Airlines, SriLankan Airlines, dan Qatar Airways seharusnya sudah bisa dilakukan
  • Mulai 31 Maret 2021, penukaran miles Alaska untuk penerbangan Qatar Airways akan bisa dilakukan
Alaska Airlines Bergabung ke Oneworld | PinterPoin
Jadwal integrasi Alaska Airlines ke oneworld & detil kerja sama dengan American Airlines

Perlu diakui jika bergabungnya Alaska Airlines ke oneworld agak mengkhawatirkan bagi kebanyakan orang karena adanya kemungkinan devaluasi pada program Alaska MileagePlan yang spektakuler. Hampir bisa dipastikan jika akan ada award chart baru pada program Alaska khusus untuk penerbangan oneworld.

Setelah pernah diprotes keras atas devaluasi dadakan untuk penerbangan Emirates, Alaska akan berupaya untuk memberikan pengumuman setidaknya 90 hari sebelum penggantian harga award.

Untungnya, Alaska juga belum akan mengubah harga award, yang berarti anggota Alaska MileagePlan masih akan memiliki waktu yang cukup untuk mempertimbangkan opsi yang ada saat ini (jika memang akan terjadi devaluasi) atau opsi lain yang akan muncul di masa depan.


Baca juga: Panduan Lengkap Alaska Mileage Plan – Alaska Airlines


Penutup

Alaska Airlines telah resmi bergabung kedalam aliansi maskapai oneworld pada 31 Maret 2021 kemarin. Penukaran award sejumlah maskapai oneworld (yang tidak bekerja sama dengan Alaska selama ini) baru akan bisa dilakukan pada periode musim panas – musim gugur 2021.

Semoga saja tidak terjadi devaluasi masif atau penghilangan fitur menarik seperti gratis stopover yang selama ini sangat dihargai oleh para loyalis Alaska MileagePlan.

Apabila Anda memiliki tabungan miles Alaska yang cukup banyak & khawatir akan adanya devaluasi, saya sarankan untuk mengikuti perkembangan integrasi ini dalam beberapa bulan kedepan.

.

Apa pendapat Anda tentang bergabungnya Alaska Airlines ke oneworld?

Share
5 comments
  1. hallo, mau tanya saya ada sisa miles yg di beli tahun 2019 di bulan maret
    dan blm ada rencana untuk memesan tiket karena kondisi yang tidak memungkinkan

    apakah dengan membeli tambahan miles dapat memperpanjang masa aktif sisa miles saya ya?

    tks

  2. Selamat Pagi, mau bertanya, apakah akan ada pembahasan mengenai Unlock Status Credits without Flying dari Singapore Airlines? Saya dapat email yg menjelaskan, bahwa tanpa terbang, point yg kita dpt bisa terhitung sebagai elite miles yg dihitung untuk naik ke krisflyer Silver atau Gold, thank you

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea