Kali ini, saya akan mengulas lounge Saphire Plaza Premium Lounge di terminal 3 internasional bandara Soekarno-Hatta Jakarta sebelum penerbangan di economy class Singapore Airlines.

Memiliki akses ke lounge sebelum penerbangan merupakan sesuatu yang sangat berharga. Anda bisa bersantai, mandi, makan, bekerja dengan lebih tenang di lounge. Akses lounge merupakan sesuatu yang umumnya didapatkan ketika terbang di business atau first class. Namun, Anda juga bisa mengakses lounge melalui beberapa cara lain seperti:

  • Memiliki status elite dengan maskapai
  • Menggunakan kartu keanggotaan Priority Pass, Dragon Pass, atau dengan kartu kredit
  • Membeli akses masuk ke lounge

Saphire Plaza Premium Lounge ini bisa dibilang merupakan “rumah” bagi hampir setiap maskapai selain Garuda Indonesia. Sebut saja maskapai seperti Singapore Airlines, ANA, THAI, Asiana, Qantas, dan masih banyak lagi yang menggunakan lounge ini untuk penumpang kabin premiumnya.

Lokasi

Lounge ini terletak di terminal 3 internasional bandara Soekarno-Hatta dekat dengan Gate 5. Anda akan dengan mudah menemukan lounge ini dari kejauhan.

Resepsionis.

Untuk menghindari hiruk pikuk, Anda bisa segera belok kanan untuk menuju ke quiet zone.

Dekorasi di lounge.

Satu hal yang menarik adalah pemandangan langsung ke tarmac yang pastinya membuat para aviation geek menjadi semakin betah di lounge ini.

Pemandangan ke tarmac.

Area Tempat Duduk

Anda tidak perlu khawatir tidak mendapatkan tempat duduk di lounge ini karena terdapat cukup banyak kursi di beberapa area.

Terdapat juga working pod yang bisa memberikan privasi lebih untuk Anda bekerja. Saya cukup menyukai konsep ini.

Makanan & Minuman

Pilihan makanan dan minuman di Saphire Plaza Premium Lounge T3 ini secara overall jauh lebih berkualitas ketimbang lounge-lounge lama di terminal 2 seperti Premier Lounge & Pura Indah.

Konter makanan.

Terdapat juga makanan yang disiapkan secara langsung oleh chef di dalam lounge berupa bakso sapi, pasta, dan mie.

Dikarenakan saya masuk ke lounge dalam keadaan cukup kenyang, maka saya hanya memesan pasta dan kopi.

Kamar Mandi

Anda bisa menggunakan fasilitas kamar mandi yang biasanya ideal untuk penumpang yang melakukan transit. Karena saya berangkat dari rumah, maka tidak ada alasan untuk mandi lagi di lounge.

Cara Akses Lounge

Saya mengakses lounge menggunakan status elite ANA Mileage Club Platinum (Star Alliance Gold) milik Erika. Pemilik status bisa membawa 1 orang guest bersama untuk masuk ke lounge-lounge yang bisa diakses oleh maskapai Star Alliance.

Selain lounge ini, kami juga mengakses lounge seperti KrisFlyer Gold Lounge di Changi Airport, dan SilverKris Lounge di Hong Kong yang ulasannya segera dipublikasikan.

Anda juga bisa membeli akses masuk ke lounge ini dengan rincian harga sebagai berikut:

  • Pemakaian 2 jam – US $39
  • Pemakaian 5 jam – US $60
  • Khusus shower room (30 menit) – US $16

Untuk membeli akses lounge, Anda bisa langsung mengunjungi website resmi Plaza Premium Lounge ini.

Penutup

Saphire Plaza Premium Lounge di terminal 3 internasional bandara Soekarno-Hatta Jakarta merupakan pilihan lounge yang tergolong sangat baik untuk ukuran lounge di Indonesia. Pastinya, lounge ini jauh lebih baik ketimbang lounge-lounge lama di terminal 2.

Satu hal yang saya sayangkan adalah udara di dalam lounge yang cukup panas. Sebetulnya, hal tersebut bukan merupakan kesalahan dari Plaza Premium karena lounge ini mengusung konsep terbuka yang mengandalkan udara dari terminal 3. Mungkin Anda juga setuju jika udara di seluruh terminal 3 hampir selalu terasa pengap dan panas.

Apakah Anda sudah pernah mengunjungi lounge ini?