Baca juga: Lounge Review: Pura Indah First & Business Class Lounge T2 Soekarno-Hatta Airport Jakarta


Halo dari Guangzhou, China!

Kemarin, saya berkesempatan terbang dengan Malindo Air dari Jakarta menuju ke Guangzhou via transit di Kuala Lumpur. Saya berhasil mendapatkan tiket sekali jalan Jakarta – Guangzhou tersebut seharga US $60 atau Rp 850.000an saja.

Bahkan tiket ini lebih murah dibandingkan dengan harga promosi yang ditawarkan oleh Malindo untuk merayakan inaugurasi rute Kuala Lumpur – Guangzhou. Setiap mencari tiket penerbangan ke suatu tujuan, saya selalu membiasakan diri untuk membandingkan valuasi yang didapat dari menukarkan miles V.S. membeli secara langsung dengan uang.

Sebagai bagian dari perjalanan ke Guangzhou, kali ini, saya akan mengulas pengalaman saya mengunjungi Premier Lounge yang merupakan 1 dari 3 lounge yang berada di terminal 2 bandara Soekarno-Hatta Jakarta yang bisa diakses menggunakan Priority Pass.

Priority Pass adalah kartu keanggotaan untuk akses lounge/restoran yang merupakan salah satu manfaat kartu kredit terbaik bagi anda yang sering terbang. Bagi saya, Priority Pass akan sangat berguna saat anda terbang di economy class yang tidak mendapatkan fasilitas lounge.

Premier Lounge

Premier Lounge terletak di bagian paling ujung terminal 2D setelah melewati Duty Free Store (bisa anda temui sebelum gate D1-D7), tepat bersebelahan dengan Pura Indah First & Business Class Lounge.

Pintu masuk Premier Lounge.

Akses masuk ke lounge dapat dilihat dari papan penunjuk yang terletak di depan pintu masuk lounge. Selengkapnya untuk akses masuk, silahkan lanjutkan membaca di bawah.

Resepsionis Premier Lounge.

Tepat disebelah resepsionis, terdapat area reflexology yang bisa anda manfaatkan untuk rileks. Namun, anda harus membayar jika anda ingin dipijat.

Terdapat fasilitas refleksi, namun anda harus membayar untuk menggunakannya.

Lounge ini bisa dibilang cukup luas, tidak heran mengingat sebelumnya hampir seluruh maskapai internasional di terminal 2 Soekarno-Hatta selain Garuda Indonesia dan Singapore Airlines, menggunakan jasa lounge ini & Pura Indah yang terletak disebelahnya.

Meja & tempat duduk.

Area tempat duduk lain.

Area tempat duduk.

Terdapat cukup banyak tempat duduk dan meja makan untuk setiap tamu. Pada kunjungan saya kali ini, keadaan lounge sangat sepi mungkin akibat kepindahan maskapai internasional ke terminal 3.

Area buffet.

Sajian makanan di Premier Lounge.

Terdapat beragam makanan yang bisa anda nikmati, namun saya tidak mencoba makanan tersebut karena masih dalam keadaan kenyang.

Soft drink yang bisa anda nikmati sepuasnya.

Tersedia juga complimentary beer untuk pengunjung lounge. Untuk mendapatkannya, anda harus secara spesifik meminta ke petugas lounge seperti yang tampak di foto atas.

Bagi anda yang ingin mandi sebelum penerbangan, terdapat fasilitas shower room. Sayangnya saya tidak bisa mengambil foto karena sedang digunakan oleh pengunjung lounge lain.

Kamar mandi & shower room.

Akses Lounge

Lounge ini bisa diakses jika anda terbang di kelas business & first class maskapai berikut:

  • Asiana
  • Cathay Pacific
  • China Eastern
  • Etihad
  • Philippine Airlines
  • Qatar Airways
  • Turkish Airlines

Anda juga bisa mengakses lounge ini apabila anda memiliki kartu kredit berikut:

Atau bisa anda akses menggunakan kartu keanggotaan seperti Priority Pass dan DragonPass yang bisa anda dapatkan dari beberapa kartu kredit seperti:

Jika anda tidak memiliki kartu kredit yang memberikan fasilitas keanggotaan Priority Pass atau DragonPass, anda bisa memiliki kartu tersebut dengan membayar biaya keanggotaan berikut:

Screen Shot 2018-09-05 at 1.15.43 PM

Biaya keanggotaan PriorityPass tentunya tidak murah.

Screen Shot 2018-09-05 at 1.17.41 PM.png

Biaya keanggotaan DragonPass.

Penutup

Untuk ukuran lounge Priority Pass dan standar bandara di Indonesia, Premier Lounge sudah menyediakan fasilitas yang cukup mumpuni meski tidak sebagus lounge Priority Pass di luar negeri pada umumnya.

Apabila anda memiliki keanggotaan Priority Pass yang terbatas (seperti 1x dalam setahun), maka saya sarankan anda untuk menggunakannya di lounge lain yang lebih baik. Saya pribadi sangat menyukai Plaza Premium Lounge yang terdapat di Hong Kong, Taipei, dan Kuala Lumpur.

Pernahkah anda mengunjungi Premier Lounge di terminal 2 bandara Soekarno-Hatta Jakarta?