Priority Pass, Ulasan Lounge

Lounge Review: Pura Indah First & Business Class Lounge T2 Soekarno-Hatta Airport Jakarta

Pintu masuk dari Pura Indah First & Business Class Lounge.

Baca juga: Lounge Review: Premier Lounge T2 Soekarno-Hatta Airport Jakarta


Setelah mengunjungi Premier Lounge, saya memutuskan untuk mengunjungi Pura Indah First & Business Class Lounge yang terletak persis disebelahnya untuk keperluan mengulas.

Pura Indah First & Business Class Lounge terletak di bagian paling ujung terminal 2D setelah melewati Duty Free Store (bisa anda temui sebelum gate D1-D7), tepat bersebelahan dengan Premier Lounge.

Pintu masuk dari Pura Indah First & Business Class Lounge.

Saat anda berjalan kearah gate D atau terminal 2D, anda seharusnya akan dapat melihat Pura Indah Lounge yang berada di paling ujung terminal.

Papan penunjuk akses masuk ke lounge.

Resepsionis lounge.

Lounge ini terbagi menjadi 2 area, first class di kiri dan business class di kanan. Kebetulan kali ini saya diberi izin untuk mengakses lounge first class untuk keperluan review.

First Class

Area first class di Pura Indah Lounge bisa dibilang cukup terbatas alias kecil. Anda harus memiliki boarding pass first class untuk dapat mengakses area ini. Hanya terdapat 2 orang saat saya mengunjungi lounge ini di siang hari.

Area first class.

Satu hal yang saya perhatikan adalah selain ruangan yang dipisahkan, tidak ada perbedaan dari segi makanan dan amenities maklum karena ini merupakan lounge kontrak.

First class buffet.

First class buffet.

First class buffet.

Business Class

Area business class yang terdapat di kanan terasa cukup luas dan lega. Terdapat banyak area tempat duduk dan makan yang dapat menampung hingga ratusan pengunjung sekaligus.

Tempat duduk utama.

Penampakan lounge dari bagian dalam.

Terdapat area tempat duduk yang lebih sepi yang terletak disebelah kiri setelah area buffet. Seluruh pengunjung nampak memadati area tempat duduk utama.

Area tempat duduk di sebelah kiri setelah melewati area buffet.

Area ini lebih sepi jika anda menginginkan ketenangan.

Di bagian ujung lounge juga terdapat work station untuk anda bekerja.

Area tempat bekerja.

Beragam koran hari ini disediakan untuk memenuhi kebutuhan anda.

Makanan

Area buffet.

Makanan di area business class bisa dibilang sama persis dengan yang terdapat di area first class.

Sandwich dan kue kering.

Kue-kue.

Anda bisa mengambil air mineral botolan di area tempat duduk yang lebih sepi.

Makanan yang saya ambil.

Terdapat juga shower room yang bisa anda gunakan untuk mandi sebelum penerbangan anda. Amenities yang disediakan cukup sederhana, yakni sabun, shampoo, dan handuk.

Kamar mandi tidak dalam kondisi paling bersihnya.

Namun satu hal yang saya perhatikan adalah kebersihan dari kamar mandi yang kurang dijaga. Lantai nampak cukup basah, nampak seperti habis digunakan oleh orang lain & tidak dibersihkan terlebih dahulu.

Akses Lounge

Lounge ini bisa diakses jika anda terbang di kelas business & first class maskapai berikut:

  • Asiana
  • Cathay Pacific
  • Etihad
  • SriLankan Airlines

Atau bisa anda akses menggunakan kartu keanggotaan seperti Priority Pass yang bisa anda dapatkan dari beberapa kartu kredit seperti:

Jika anda tidak memiliki kartu kredit yang memberikan fasilitas keanggotaan Priority Pass, anda bisa memiliki kartu tersebut dengan membayar biaya keanggotaan berikut:

Screen Shot 2018-09-05 at 1.15.43 PM

Biaya keanggotaan PriorityPass tentunya tidak murah.

Penutup

Pura Indah First & Business Class dan Premier Lounge bisa dibilang cukup mirip jika dilihat dari segi makanan dan pelayanan. Perbedaan mencoloknya adalah terdapat area khusus penumpang first class di Pura Indah yang lebih eksklusif.

Saya pribadi tidak akan terlalu menghabiskan waktu di lounge ini mempertimbangkan saya tidak akan mandi & makanan di lounge tidak sebaik dengan makanan yang bisa dibeli di terminal.

Apa lounge favorit anda di bandara Soekarno-Hatta Jakarta?

3 Comments

  1. Edwin

    Hi hanya ini konfirmasi, apakah Dragonpass bisa digunakan? karena di list akses tidak menunjukan logo dragonpass?

    • Edwin,

      Oops! Maaf terjadi kesalahan edit. DragonPass tidak bisa digunakan di Pura Indah. Terima kasih atas ketelitiannya 🙂

  2. James

    Beberapa kali menggunakan pura indah dan premiere lounge. Sayang sekali memang kedua lounge ini secara kualitas ‘b’ ajah. Jauh sekali dibandingkan lounge-lounge business class yang saya pernah coba di SIN, HKG maupun HND. Pengalaman business class lounge terbaik saya ada di IST, which I guess one of the best airport lounge in the world.

    Kira-kira kalau menurut penulis, apakah penyebab nya ya? Apakah CGK memang tidak mampu punya high quality lounge, ataukah di T3 CGK kita punya lounge yang comparable dengan airport2 terbaik dunia lainnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Theme by Anders Norén

BoardingArea
%d blogger menyukai ini: