Serupa dengan tahun lalu, IHG Rewards kembali memudahkan persyaratan pencapaian status elit-nya sebesar 25% untuk tahun 2022. Meskipun belum ada pengumuman resmi dari IHG, namun informasi ini telah divalidasi oleh customer service IHG yang saya hubungi melalui email.

Karena IHG kembali mengikuti persyaratan yang diterapkan untuk tahun 2021 kemarin, berikut tabel dari tahun 2021 sebagai ilustrasi:

ihgrc-2021-status-update-USEN-lvp-1440x450

Selain itu memudahkan persyaratan, status elit semua anggota IHG Rewards saat ini juga otomatis diperpanjang hingga Februari 2023.

Status Elit IHG, Worth It?

Salah satu pertanyaan yang sering saya dapat adalah mengenai status elite program hotel yang layak untuk dikejar. Sebagai informasi, saat ini saya memiliki beberapa status elite hotel:

  • IHG Rewards – Spire Elite + InterContinental Ambassador
  • Marriott Bonvoy – Titanium Elite
  • Hilton Honors – Diamond
  • World of Hyatt – Globalist

Sayangnya, status IHG merupakan status paling medioker ketimbang status lainnya. Hal tersebut saya ungkapkan berdasarkan pengalaman saya selama ini.

Selain itu, status Platinum Elite IHG bisa dibeli seharga US$200 per tahunnya melalui keanggotaan InterContinental Ambassador. Anda tidak harus menginap 30 malam atau mengumpulkan 30.000 qualifying points untuk mencapainya.

Oleh karena itu, saya kurang menyarankan untuk mengejar status IHG Rewards, kecuali jika Anda benar-benar loyal dengan hotel jaringan IHG. Akan lebih mudah tentunya untuk membeli keanggotaan InterContinental Ambassador.

Menariknya, status InterContinental Ambassador ternyata sangat berharga ketika digunakan di properti Six Senses. Baru-baru ini saya menginap di Six Senses Uluwatu dan mendapatkan benefit yang luar biasa (review menyusul).

Berikut manfaat yang akan didapat oleh anggota InterContinental Ambassador, Royal Ambassador, dan Kimpton Inner Circle ketika menginap di properti Six Senses:

  1. Complimentary Breakfast for two in the main restaurant per day
  2. Signature Amenity of either a complimentary 50 minute Six Senses Spa massage for two or local experience once per stay.  The Signature Amenity varies by resort, is subject to availability and confirmed on arrival.  Not applicable with corporate or negotiated rates.
  3. Complimentary one category room upgrade (subject to availability, excluding residences and 2 bedroom of greater suites/villas)
  4. Extended check-out of 4pm subject to availability.  Guaranteed for Royal Ambassador & Kimpton Inner Circle members
  5. Early check-in of 10am subject to availability.  Guaranteed for Royal Ambassador & Kimpton Inner Circle members and in circumstances where the room is not available at 10 am, the member may be checked into another available room until the original booked room becomes available.
  6. Complimentary Internet access.  Internet accessibility, speed, and connectivity in common areas and guest rooms vary by resort
  7. Wellness Platter welcome amenity on day of arrival

Menurut saya pribadi, benefit diatas sangat luar biasa mengesankan dan saya masih tidak menyangka bisa diterapkan di hotel sekelas Six Senses. Jika Anda akan menginap di properti Six Senses, maka saya sangat menyarankan untuk membeli keanggotaan InterContinental Ambassador sebelumnya.

Penutup

IHG Rewards kembali mengurangi persyaratan status elitnya untuk tahun 2022 ini. Saya rasa langkah ini sangat masuk akal melihat kondisi pandemi yang masih berlangsung. Namun, saya kurang menyarankan Anda untuk mengejar status IHG meskipun sudah dimudahkan.

Sebelum IHG, Hilton Honors lebih dulu mengambil keputusan untuk memudahkan persyaratan status elit. Kini, kita harus menunggu apakah Accor, Marriott dan Hyatt akan mengikuti langkah Hilton & IHG.