Selama ini, IHG Rewards Club menerapkan harga award yang konstan atau sama sepanjang tahun untuk penukaran poinnya meskipun tidak mempunyai fixed award chart. Misalnya Anda mencari penukaran award di InterContinental Jakarta Pondok Indah, maka harga 35.000 poin per malam lumrah akan Anda temukan sepanjang tahun.

IHG tidak mempunyai tabel yang menunjukkan harga award hotel. Namun selama ini harga award selalu konstan atau tidak dinamis. Contoh: 35.000 poin untuk 1 malam di InterContinental Jakarta Pondok Indah.

LoyaltyLobby melaporkan bahwa IHG akan menerapkan sistem harga dinamis kedepannya. Sistem baru tersebut bahkan sudah diimplementasikan untuk hotel IHG di area Greater China, spesifiknya Taiwan.

Penerapan harga dinamis untuk penukaran poin/miles ini sebenarnya sudah menjadi hal yang lumrah. Konsep dari sistem harga tersebut akan bergantung pada hukum supply & demand.

Simpelnya, ketika hotel sedang ramai atau dalam periode high season, maka idealnya pihak hotel akan menaikkan harga atau jumlah poin yang dibutuhkan untuk menginap. Berlaku juga sebaliknya, ketika dalam kondisi sepi tamu, maka hotel akan menurunkan harga atau jumlah poin untuk menarik pengunjung.

InterContinental Koh Samui

Kedepannya, jika Anda menginap ketika periode sepi, Anda bisa menghemat sejumlah poin. Foto: InterContinental Koh Samui – PinterPoin.


Baca juga: Kabar Baik: IHG Perpanjang Status Elite (Termasuk Hasil Status Match) Hingga Januari 2022


Untung atau Rugi?

Menurut opini saya, penerapan harga dinamis ini akan lebih ke arah menguntungkan setidaknya di masa awal penerapan.

Mengambil contoh Regent Taipei yang aslinya memerlukan 60.000 poin per malam (konstan), kini Anda bisa memesan hotel yang sama hanya dengan 30.000 atau 42.500 poin tergantung periode.

IHG Award Dinamis

60.000 poin merupakan harga asli Regent Taipei.

IHG Award Dinamis

Regent Taipei sudah menerapkan sistem harga dinamis. Harga award kini bisa lebih rendah di periode sepi.

IHG Award Dinamis

Regent Taipei sudah menerapkan sistem harga dinamis. Bagi saya, 30.000 poin untuk menginap di Regent Taipei tergolong menguntungkan.

Dari pandangan saya, perubahan ini tentunya tergolong positif karena saya bisa mencari periode berkunjung ke Taipei saat harga award 50% lebih murah. Dengan demikian, saya bisa menghemat cukup banyak poin IHG.

Sebelum penerapan harga award dinamis, 60.000 poin per malam di Regent Taipei adalah satu-satunya harga untuk menebus award tersebut.

Untuk merangkum:

  • Pada high season atau ketika hotel sedang ramai, Anda akan membayar poin hotel seperti aslinya. Namun tidak menutup kemungkinan harga award akan dinaikkan di masa yang akan datang.
  • Sedangkan pada off season atau ketika okupansi hotel sedang rendah, Anda bisa menghemat poin hingga 50% (misalnya: 60.000 30.000 poin untuk Regent Taipei)

Sejauh ini, hanya hotel IHG di Taipei yang sudah menerapkan sistem harga dinamis ini. Kedepannya, pastinya semakin banyak hotel IHG di berbagai penjuru dunia akan menerapkan sistem ini.

Untuk saat ini, penerapan harga award dinamis IHG ini saya anggap sebagai hal positif dan semoga berlangsung demikian kedepannya. Ketakutan saya adalah IHG akan mendevaluasi programnya secara besar-besaran ketika sistem harga ini diterapkan secara global.

Dikarenakan IHG juga tidak mempunyai award chart atau tabel penukaran poin, maka kedepannya akan sulit juga untuk mengetahui harga poin terbaik di tiap hotel jika Anda kurang familiar dengan program IHG.

.

Apa pendapat Anda tentang penerapan harga award dinamis oleh IHG ini?