Hotel Review: The Westin Surabaya (Era Covid-19)

Di Surabaya, terdapat banyak hotel mewah seperti JW Marriott, Sheraton, Shangri-la, DoubleTree by Hilton, Hotel Vasa, Ciputra World Hotel, dan sebagainya… lalu kemudian ada The Westin Surabaya yang memberikan dimensi baru untuk hospitality & kemewahan.

Bagaimana tidak, The Westin Surabaya adalah hotel dengan lobby tertinggi di Surabaya yang terletak di salah satu pusat perbelanjaan (mall) terbaik dan terpopuler di Surabaya. Hotel ini juga memiliki Ballroom terbesar di Surabaya atau bahkan di Jawa Timur yang mampu menampung hingga 4.500 orang dalam satu ruangan.

Dilengkapi dengan 204 kamar di mana 18 di antaranya adalah kamar Suite, The Westin Surabaya benar-benar memenuhi ekspetasi saya sebagai loyalis Marriott dan mereka benar-benar layak menyandang nama ‘The Westin’.

The Westin Surabaya memiliki banyak instalasi seni yang menawan

Jujur ekspetasi saya sangat tinggi terutama karena sebelumnya saya memiliki pengalaman menginap yang spektakuler di The Westin Jakarta. Luar biasanya, The Westin Surabaya bahkan berhasil memenuhi ekspetasi ini dan bahkan melebihinya. Saya harus mengacungi jempol untuk segenap staff dan manajemen pihak hotel.

Saya tidak akan ragu membuat pernyataan bahwa The Westin Surabaya adalah hotel bintang 5 terbaik di Surabaya, apalagi mengingat hotel ini masih masuk dalam hotel kategori 2 Marriott Bonvoy yang berarti Anda hanya membutuhkan 9.000 poin Marriott (8.000 jika Anda memperhitungkan welcome amenity sebesar 1.000 poin) untuk menebus semalam di hotel ini dalam periode promosi Super Off-Peak.

Tidak dapat dipungkiri bahwa The Westin Surabaya sebelum devaluasi adalah sweet spot penukaran poin Marriott Bonvoy di Surabaya atau bahkan di Indonesia. Anda bisa mendapat valuasi setidaknya 400 Rupiah/poin Marriott di hotel ini jika Anda memiliki status Platinum dan memperoleh kamar tipe Suite. Angka tersebut berada 3x lipat di atas valuasi PinterPoin untuk poin Marriott yang sebesar 135 Rupiah/ poin.

Lantas, bagaimana pengalaman menginap saya di hotel ini? Nyaris sempurna. Berikut adalah ulasan hotel tersebut:


Sekilas Informasi

The Westin Surabaya adalah properti Marriott terbaru di Surabaya yang baru saja dioperasikan pada 7 Desember 2020 lalu. Hotel ini terletak di kompleks Pakuwon Mall yang berada di Jalan Puncak Indah.

The Westin Surabaya berbagi gedung dengan Four Points by Sheraton Pakuwon Indah. The Westin Surabaya menempati lantai 27 – 37 sedangkan Four Points by Sheraton menempati lantai 20 – 27.

Gedung yang menjadi hotel The Westin Surabaya dan Four Points by Sheraton

Berikut deskripsi dari hotel ini seperti yang saya kutip dari website Marriott:

“Experience a 5-star stay that nurtures your wellbeing and comfort, amidst upscale facilities and exceptional services at The Westin Surabaya. Begin your sensory-filled journey at the city’s tallest lobby with a breathtaking skyline as your backdrop. Rest at our well-appointed rooms, completed with Westin’s renowned signature amenities including White Tea Aloe Bath & Body Set, in-room dining, and free Wi-Fi throughout the hotel.Treat yourself to the finest cocktails at the Sky Lounge and delectable nutritious meals at our elegant Magnolia Restaurant, both overlooking the dazzling city from the Sky Lobby. Then explore West Surabaya’s high-end area, experience night golfing at Pakuwon Golf & Family Club and enjoy shopping at the adjoined Pakuwon Mall; the largest one in Indonesia. Maintain a fully equipped workout routine at our 24/7 WestinWORKOUT® Fitness Studio, enjoy a dip at our three outdoor swimming pools,including a dedicated Kids Pool,and host unforgettable events at East Java’s largest Grand Ballroom” 

The Westin Surabaya terletak di kompleks Pakuwon Mall

Dari Bandara Juanda (SUB), perjalanan menggunakan mobil memakan waktu kurang lebih 40 menit untuk bisa mencapai hotel ini.

Menggunakan jalan tol, memakan waktu sekitar 40 menit untuk bisa tiba di The Westin Surabaya dari Bandara Juanda

Hotel Review

Layaknya di The Westin Jakarta, terdapat dua seating area untuk menerima tamu di hotel ini. Yang pertama terletak di lantai dasar hotel yang dipenuhi dengan berbagai instalasi seni dan memiliki akses langsung ke Pakuwon Mall sedangkan satunya terletak di Sky Lobby yang terletak di lantai 27.

Beberapa staff menyambut saya secara personal dan mengingat nama saya, tidak mengejutkan mengingat sebelumnya saya cukup sering melakukan Mattress Run (MR) di Four Points by Sheraton Surabaya Pakuwon Indah dan sekarang beberapa dari staff hotel ini merupakan ‘lulusan’ dari Four Points by Sheraton tersebut.

Entrance dari The Westin Surabaya
Terdapat seating area di lobby lantai dasar
Terdapat banyak instalasi seni di lobby lantai dasar
Instalasi seni (1)
Instalasi seni (2)

Tempat check-in dari hotel ini terletak di lantai 37 tepatnya di Sky Lobby. Tempat ini terkesan mewah dengan chandelier raksasa yang tergantung dan sekali lagi, terdapat instalasi seni dimana-mana. Siapapun yang mendesain hotel ini, mereka memiliki selera artistik yang sangat baik 🙂

Sebagai member Platinum dan frequent guest di Four Points by Sheraton Surabaya Pakuwon Indah, saya diinformasikan bahwa saya cukup beruntung untuk memperoleh upgrade ke kamar terbaik mereka yaitu Westin Grand Suite. Setiap lantai yang digunakan untuk guest room dari hotel ini memiliki 2 suite yaitu Executive Suite dan Westin Grand Suite sehingga dalam kondisi operasional penuh, hotel ini memiliki total 18 suite (2 suite x 9 lantai).

Menariknya, meskipun kali ini adalah kali kedua saya mengunjungi hotel ini (yang pertama adalah pada tanggal 7 Desember ketika grup PinterPoin melakukan staycation bersama-sama), tampak beberapa staff tampak sangat familiar dengan diri saya terutama Bapak Udin selaku complex loyalty manager yang memang mengenal saya sedari jaman Four Points.

Beberapa guest service agent bernama Tania, Jennifer, dan Akbar juga menyambut saya layaknya VIP dan kawan lama mereka, disinilah saya benar-benar merasakan hospitality yang sangat berkesan. Mereka benar-benar ramah dan mengekspetasikan saya di hotel ini.

Jujur saya tidak pernah merasakan hospitality sebaik ini. Disinilah saya merasa bahwa The Westin Surabaya memberikan kesan yang sangat baik yaitu hospitality at its finest.

Seating area Sky Lobby

Kamar

Saya menempati kamar 3725 yang mana adalah kamar Westin Grand Suite. Di setiap lantai, kamar Suite selalu terletak bersebelahan dengan kamar Executive Suite berakhiran -26 sedangkan kamar Westin Grand Suite berakhiran -25.

Koridor menuju kamar
Kamar Suite di setiap lantai selalu terletak bersebelahan
Saya menempati kamar 3725 yang mana adalah Westin Grand Suite

Kamar Westin Grand Suite sendiri memiliki 3 area utama yaitu kamar tamu (living room), kamar tidur (bedroom), dan kamar mandi (bathroom) yang juga memiliki walk-in closet berukuran ekstra besar. Setiap dari 3 area tersebut dipisahkan oleh sebuah pintu yang bisa dikunci dari dalam.

Living room lengkap dengan meja untuk bersantap bersama
Terdapat sofa besar yang sangat nyaman di living room
Terdapat Meja makan dan tempat menaruh barang lengkap dengan cermin berukuran besar
Terdapat coffee machine dan kulkas pada meja pantry
In-room amenity berupa sweets dan cookies serta kartu ucapan
Terdapat powder room (a.k.a. toilet tamu) yang terletak tepat di sebelah living room
Notice penerapan protokol kesehatan yang terletak di meja

Kesan pertama saya pada kamar Westin Grand Suite sangat baik. Kamar ini sejuk, tidak bising, memiliki aroma hotel baru, dan tampak bersih mengkilat, dan tentunya Instagrammable. Tidak nampak wear and tear sedikitpun pada furnitur maupun perabot dalam kamar. Saya hanya bisa tersenyum ketika mengetahui bahwa pengalaman menginap kali ini bakal sangat menyenangkan.

Area bedroom dari Westin Grand Suite
Kasur dari The Westin Surabaya menggunakan Heavenly® Bed yang sangat sangat nyaman
Terdapat work desk yang sayangnya terlalu sederhana dan kurang ergonomis
Di sisi kiri ranjang, terdapat telepon dan bluetooth alarm clock
Di sisi kanan ranjang, terdapat remote control dan berbagai hand sanitizer lengkap dengan aromatheraphy balm

Tidak dapat dipungkiri bahwa bintang dari bedroom area ini adalah kasur dan bantal Heavenly® Bed yang menjadi trademark dari hotel jaringan The Westin. Jika Anda tidak bisa tidur nyenyak di sini, maka mungkin tidak ada kasur ataupun bantal yang bisa memuaskan dahaga tidur nyenyak Anda 🙂

Bantal dan kasur Heavenly® Bed adalah trademark dari The Westin

Untuk bedroom area, saya tidak bisa berkata banyak selain nyaman, nyaman, dan nyaman. Mungkin dikarenakan faktor masih baru, saya merasa bahwa kasur dan bantal dari The Westin Surabaya ini bahkan lebih nyaman dan empuk dibandingkan sesama Westin lainnya.

Sama seperti ketika saya menginap di The Westin Jakarta, saya dengan cepat tertidur dengan pulas akibat Heavenly® Bed ini. Bahkan tidur siang/sore yang biasapun terasa spesial di kasur ini 🙂

Bathroom dari Grand Suite

Untuk bathroom, kamar Westin Grand Suite ini menggunakan marmer putih yang tampak menawan. Di sisi kiri bathroom, terdapat toilet dan shower room.

Menariknya, untuk toilet, mereka menggunakan toilet otomatis yang sering Anda temui di Jepang lengkap dengan berbagai tombol yang bisa ditekan untuk mengatur tekanan air, temperatur tempat duduk toilet, flush, dan sebagainya.

Kamar Westin Grand Suite memiliki toilet otomatis
Aneka tombol untuk mengatur toilet otomatis
Shower room
Bathroom amenity dari The Westin Surabaya menggunakan Heavenly Spa

Sedangkan di sisi kanan bathroom, terdapat, walk-in closet berukuran besar lengkap dengan meja rias yang juga sama besarnya. Walaupun tidak sebesar The Westin Jakarta, tempat ini sudah lebih dari cukup untuk menaruh seluruh barang bawaan Anda.

Walk-in closet & meja rias

Masuk lebih dalam ke area bathroom, di sisi belakang, terdapat twin sinks serta bath tub berukuran besar yang bisa Anda gunakan untuk berendam.

Bath tub dari kamar Westin Grand Suite sendiri menggunakan bath tub merk Victoria + Albert yang terkesan simpel namun mewah. Bath tub ini serupa dengan bath tub yang digunakan di Renaissance Bali Uluwatu namun menurut saya bath tub ini berukuran lebih besar.

Twin sink
Bath tub merek Victoria + Albert
Pemandangan dari bathroom cukup spektakuler

Untuk bathroom, mungkin satu-satunya masalah minor yang ada di kamar ini adalah memakan waktu yang cukup lama untuk mengisi air di bath tub yang ada. Debit air di bath tub terkesan sangat lemah. Alhasil, untuk memenuhi air di bath tub, memakan waktu belasan kalau tidak puluhan menit.

Di luar itu, tidak ada masalah yang signifikan dari bathroom kamar ini. Tekanan air dan temperatur dari shower sangat baik, toilet otomatis bekerja dengan baik, dan tidak ada aroma bau drainase sama sekali. Saya menghabiskan banyak waktu juga di bathroom ini untuk bersantai terutama di bath tub yang memiliki view kota Surabaya yang menawan.

Singkat kata, berikut adalah beberapa poin dari kamar Westin Grand Suite:

  • Kondisi kamar secara keseluruhan sangat baik, sangat terawat, nyaman, dan tidak ada tanda-tanda wear and tear sama sekali
  • Beberapa poin plus dari kamar ini antara lain adalah Heavenly® Bed, view kamar, toilet otomatis, dan bath tub Victoria+Albert
  • Beberapa hal yang mungkin kurang saya sukai adalah meja kerja yang terlalu sederhana (dibandingkan The Westin Jakarta) dan kurang ergonomis serta debit air yang lemah untuk bath tub

Fasilitas

The Westin Surabaya dilengkapi dengan berbagai fasilitas layaknya hotel bintang 5 pada umumnya seperti pusat kebugaran (gym), kolam renang, ballroom, club lounge, meeting room, dan sebagainya.

Khusus untuk pusat kebugaran (gym) dan kolam renang, fasilitas ini berbagi dengan hotel Four Points by Sheraton Pakuwon Indah yang memang terletak satu gedung dengan The Westin Surabaya.

Directory kamar dan fasilitas dari The Westin Surabaya
Gym dari The Westin Surabaya (1)
Gym dari The Westin Surabaya (2)
Gym dari The Westin Surabaya (3)

Sayangnya, gym dari The Westin Surabaya bisa dibilang biasa saja dan kurang spesial karena peralatan yang ada cukup terbatas pilihannya dan Anda harus berbagi fasilitas dengan tamu yang berasal dari Four Points.

Ketika kondisi sedang ramai, Anda mungkin harus bergantian menggunakan peralatan gym ini dan hal tersebut mungkin menimbulkan ketidaknyamanan tersendiri terutama pada saat pandemi Covid-19.

Kolam renang samping
Kolam renang samping memiliki view kota Surabaya
Kolam renang utama dengan view gedung

Untuk kolam renang, entah kenapa tempat ini cenderung selalu sepi di pagi maupun sore hari sehingga Anda seringkali bisa berenang dengan ketenangan. Kondisi kolam renang sendiri cenderung selalu bersih dan jernih.

Seating area Sky Lobby
View dari Sky Lobby
Fasilitas work desk di Sky Lobby

Kali ini, saya akan memperkenalkan area favorit saya di The Westin Surabaya yaitu Sky Lounge.

Sky Lounge adalah lounge dari The Westin Surabaya yang terletak di lantai yang sama dengan Sky Lobby dan untuk sementara waktu difungsikan sebagai tempat memanfaatkan fitur club lounge.

Entrance ke Sky Lounge
Suasana Sky Lounge

Untuk member Platinum Elite dan keatas, Sky Lounge memberikan fasilitas berupa free flow drink & canape. Cocktail hour sendiri dimulai dari 17.30 ~ 19.30 di mana Anda bisa memesan minuman beralkohol sepuasnya. Di luar itu, Anda hanya bisa memesan minuman non-alkohol yang masih sama enaknya 🙂

Menu cocktail hour di Sky Lounge
Canape di Sky Lounge, eclair-nya ekstra nikmat. 9/10 

Jika Anda menyukai salah satu menu canape (seperti siomay goreng atau mungkin eclair-nya), Anda bisa meminta kepada pihak Sky Lounge untuk dipesankan menu satu itu saja atau spesifik tray yang mana (asin/manis). Disinilah pihak Sky Lounge sangat responsif dan hampir selalu pasti mengakomodir permintaan Anda.

Canape yang berisi gorengan saja (by request)

Setiap hari kecuali hari minggu pukul 19.00 – 22.00, Sky Lounge juga mengadakan live music yang dibawakan oleh aneka band terkemuka asal Surabaya. Berikut jadwalnya:

Jadwal live band di Sky Lounge
Live band di Sky Lounge

Diluar itu, bagi Anda yang tertarik untuk hanya sekedar kongkow ataupun bersantai di lounge ini tanpa memesan kamar, mereka juga memiliki berbagai penawaran wine ataupun liquor yang cukup menarik.

Aneka wine for sale
The Macallan menjadi sponsor utama Sky Lounge dan mereka juga menjualnya di sini 🙂

Mereka juga menawarkan berbagai paket afternoon tea di Sky Lounge ini. Harganya sangat masuk akal, Instagrammable, dan member Marriott akan bisa mendapatkan diskon khusus yaitu 10% (Member & Silver), 15% (Gold), dan 20% (Platinum & above).

Paket afternoon tea dari Sky Lounge

Satu hal yang membuat saya merasa spesial dan menghabiskan sebagian besar waktu saya di Sky Lounge ketika menginap di The Westin Surabaya mungkin adalah hospitality-nya.

Saya sudah mengunjungi hampir seluruh club lounge/executive lounge di berbagai hotel di Surabaya namun tidak ada yang menawarkan hospitality sebaik Sky Lounge. Touch-nya sangat personalized dan spesial sehingga tidak heran banyak dari teman saya terutama para Platinum Elite betah menghabiskan waktu berjam-jam di lounge ini.

Oleh karena itu, saya salut dengan segenap tim Sky Lounge terutama Ibu Jane yang merupakan restaurant manager dari Sky Lounge ini lalu kemudian Ibu Anin, Anna, Ovi, dan segenap staff Sky Lounge. Jika Anda berkunjung ke Sky Lounge ini, titipkanlah salam saya untuk mereka semua 😉

Namun, sekali lagi, sangat sulit untuk mendiskripsikan hospitality yang saya rasakan ini, jadi Anda lebih baik langsung datang ke tempat untuk merasakannya langsung.

Breakfast

Breakfast dari The Westin Surabaya diadakan di restoran Magnolia dengan konsep buffet. Pada weekend, restoran Magnolia ini juga berfungsi sebagai all-day dining restaurant dan memiliki banyak penawaran yang menurut saya cukup menarik.

Breakfast diadakan di restoran Magnolia
Terdapat pilihan breakfast yang sangat variatif di Magnolia
Terdapat juga open kitchen di Magnolia

Magnolia memiliki pilihan breakfast yang sangat beragam dari cold cuts hingga hidangan khas Surabaya. Walaupun secara variasi kalah dengan DoubleTree by Hilton Surabaya yang saya ulas beberapa saat lalu, mereka jauh lebih unggul dari sisi kualitas.

Hampir seluruh makanan yang dihidangkan (termasuk Indonesian Food) memiliki rasa yang luar biasa nikmat dan jika Anda beruntung, Anda bisa menemukan hidangan yang hampir mustahil Anda temukan pada saat breakfast di hotel lain di Surabaya seperti roast beef ataupun seafood mix (menggunakan scallop). Saya cukup beruntung untuk pernah mencoba keduanya…. mungkin dikarenakan frekuensi saya menginap di hotel ini 🙂

Breakfast – aneka roti dan selai

 

Breakfast – aneka sereal
Breakfast – aneka pastry
Breakfastcompote
Breakfastcold cuts
Breakfast – aneka keju dan finger food
Breakfast – aneka kue/sereal bebas gluten
Breakfast – aneka kue
Breakfast – hidangan tradisional
Breakfast – hidangan tradisional
Breakfast – hidangan Indonesia
Breakfast – aneka sambal & krupuk
Breakfast – aneka jamu (wow)
Breakfast – aneka hot food (1)
Breakfast – aneka hot food (2)
Breakfast juice bar
Breakfastfruit cuts & Yogurt
Breakfast – aneka kacang & es krim (sayangnya saat itu tidak tersedia)
Breakfast – pancake & waffle
Breakfast – salad bar (1)
Breakfast – salad bar (2)
Breakfast – salad bar (3)

Berpindah ke tempat favorit saya di Magnolia ini yaitu live kitchen. Disinilah tempat semua makanan ternikmat breakfast berkumpul. Dari daging yang dimasak a la Yoshinoya, chicken rotisserie, roasted beef, semuanya biasanya ada di sini.

Breakfast – live kitchen boiled stuff
Breakfast – live kitchen grilled stuff

Pembaca PinterPoin yang budiman, foto diatas adalah salah satu hidangan ternikmat yang akan Anda bisa temui di breakfast Magnolia yaitu daging masak Teppanyaki. Terdapat beberapa saus yang bisa Anda pilih untuk grilled stuff ini antara lain Teppanyaki, barbeque, Mongolian (recommended), dan black pepper. Saya merekomendasikan kombinasi antara Mongolian dan Teppanyaki.

Breakfast – live kitchen egg station
Breakfast – aneka western food (1)
Breakfast – aneka western food (2)

Disinilah juga terdapat salah satu hidangan yang menjadi favorit banyak orang yaitu roasted chicken/roasted beef. Lebih sering dibanding tidak, Anda akan menemui roasted chicken disini namun jika Anda menemui roasted beef, maka Anda boleh dikata sangat beruntung 😉

BreakfastRoasted chicken (roasted beef jika Anda beruntung)

Service di restoran Magnolia ini juga boleh dibilang tiada duanya. Sedari saya tiba hingga saya meninggalkan tempat ini, saya merasakan hospitality yang tiada duanya dari segenap staff Magnolia. Minuman di meja saya tidak pernah kosong dan staff dengan atentif menawarkan hidangan yang spesial di hari itu.

Selain itu, walaupun berkonsep buffet, saya merasa aman di sini karena breakfast staff akan mengambilkan seluruh makanan jika Anda berkenan dan di setiap meja, terdapat penerapan social distancing yang baik.

Jika Anda mau mengambil makanan sendiri sekalipun, Anda diwajibkan menggunakan sarung tangan plastik yang sudah disediakan atau Anda harus siap-siap diperingati dan ditegur tetapi saya rasa hal ini memang diperlukan mengingat Anda akan membuat orang lain merasa lebih nyaman juga jika mengambil sesuatu menggunakan sarung tangan plastik. Disini, saya harus memuji ibu Yvonne yang menerapkan peraturan ini dengan baik dan memastikan bahwa flow pada saat breakfast hour berjalan dengan lancar.

Daging sapi dimasak a la Yoshinoya. 9.5/10

Kualitas dari breakfast yang dihidangkan sendiri juga fantastis. Jika Anda cukup beruntung menemui menu breakfast berupa roast beef dan seafood mix, maka saya yakin bahwa Anda akan mengatakan bahwa breakfast dari The Westin Surabaya adalah yang terbaik di kelasnya.

Saya berpendapat bahwa kombinasi antara kualitas pelayanan (service) yang sangat outstanding dan kualitas hidangan yang disajikan membuat The Westin Surabaya nyaris sempurna dari sisi breakfast. Saya tidak ragu mengatakan bahwa The Westin Surabaya adalah hotel dengan breakfast terbaik di Surabaya.

Ketika weekend, Magnolia juga mengadakan buffet dinner (Sabtu) dan brunch (Minggu) yang sangat lengkap dan spesial. Saya belum pernah mencobanya namun berdasarkan penuturan teman-teman saya yang sudah pernah menyantap brunch di tempat ini, semua mengatakan bahwa mereka sangat puas dengan pilihan dan kualitas makanan yang dihidangkan.

Paket Saturday buffet dinner di restoran Magnolia
Paket Sunday brunch di restoran Magnolia

Lain-Lain

Satu hal yang mungkin menjadi ketidaknyamanan (inconvenience) bagi calon tamu dari The Westin Surabaya mungkin adalah lahan parkirannya yang kurang praktis.

Dikarenakan masih satu kompleks, lahan parkir dari The Westin Surabaya tergabung dengan lahan parkir Supermall Pakuwon Indah. Dari lantai tempat drop-off, Anda harus turun sekitar 2-3 lantai untuk bisa mencapai lahan parkir The Westin Surabaya. Jika tidak terbiasa atau kali pertama Anda menginap di hotel ini, Anda mungkin akan sedikit bingung untuk mencapai tempat parkir yang disediakan.

Alternatifnya, Anda bisa membayar 50 ribu untuk layanan valet parking.

Lahan parkir The Westin Surabaya
Akses dari lahan parkir menuju hotel

Diluar itu, The Westin Surabaya menurut oberservasi saya merupakan salah satu hotel yang benar-benar menerapkan protokol kesehatan dalam rangka mengantisipasi Covid-19 dengan baik. Di berbagai area di hotel, Anda akan menemukan papan peringatan untuk selalu menggunakan masker di public area.

Papan pengingat untuk selalu menggunakan masker di public area

Seberapa baik protokol kesehatan di The Westin Surabaya? Menurut saya sangat baik dikarenakan di luar papan peringatan, mereka juga menyediakan banyak hand sanitizer di mana-mana dan staff hotel juga menerapkan protokol kesehatan dengan tegas (ingat kisah saya di breakfast area?).

Di kamar sendiri, terdapat antiseptic wipe dan hand sanitizer jika Anda masih masih merasa perlu untuk membersihkan tangan Anda. Diantara semua hotel Marriott ataupun hotel chain lain yang saya kunjungi selama pandemi, saya merasa The Westin Surabaya adalah yang terbaik.

Penutup

The Westin Surabaya adalah hotel yang sangat fantastis. Jika Anda memiliki status setidaknya Platinum Elite di Marriott Bonvoy, maka tempat ini bisa menjadi surga dunia bagi Anda.

Selling point terkuat dari The Westin Surabaya menurut saya adalah keramahan (hospitality) yang tiada duanya.

Dari ketika saya check-in hingga ketika saya check-out, saya bisa merasakan hospitality yang sangat baik dari seluruh staff The Westin Surabaya terutama yang saya sebutkan namanya. Hampir tidak ada titik di mana saya tidak bisa merasakan hospitality dari hotel ini dan hal tersebut mampu menutup kekurangan-kekurangan minor yang saya temukan di hotel ini.

Secara singkat, berikut adalah 5 alasan utama mengapa Anda akan mau menginap ataupun melakukan staycation di The Westin Surabaya:

  • Elite recognition yang sangat baik bagi member Platinum Elite dan keatas dari Marriott Bonvoy. Jika memang tersedia, maka sudah hampir pasti Anda akan memperoleh upgrade ke kamar tipe Suites (sudah teruji belasan kali oleh peserta MasterClass PinterPoin 😉 )
  • Kondisi kamar yang sangat baik dan bersih bahkan di tipe paling standar (non-suites) sekalipun. Tekanan dan temperatur air juga sangat baik sehingga Anda akan bisa menikmati sesi mandi & tidur Anda.
  • Fitur club lounge yang dikompensasi dengan sangat baik & memiliki breakfast terbaik diantara hotel bintang 5 di Surabaya dari segi kualitas.
  • Hospitality, hospitality, dan hospitality.
  • Hotel terbaik di Surabaya atau bahkan di Indonesia untuk penukaran poin Marriott dari segi value. Value yang Anda dapatkan bisa dengan mudah berada 3x diatas value PinterPoin jika Anda melakukan point redemption untuk hotel ini sebelum 21 Maret dengan memanfaatkan promo Super Off-Peak.
The Westin Surabaya merepresentasikan great value untuk penukaran poin Marriott Bonvoy

Kembali ke pernyataan saya di awal post ini, The Westin Surabaya menurut saya adalah hotel terbaik di Surabaya ditinjau segala aspek. Saya hanya bisa berharap bahwa pihak hotel akan selalu konstan bisa memenuhi ekspetasi saya yang sudah terlanjur sangat tinggi ini 🙂

Saya juga sudah tidak sabar menantikan kehadiran Club Lounge dari The Westin Surabaya yang terletak di lantai 39 yang seharusnya akan dioperasikan tidak lama lagi. Jika sudah buka, maka seperti biasa saya akan mengundang para pembaca setia PinterPoin untuk hadir pada hari pertama mereka beroperasi.

Untuk poin, saya sudah menukarkan hampir seluruh poin Marriott saya untuk staycation terjadwal di hotel ini hingga Agustus mendatang. Oleh karena itu, jangan terkejut apabila Anda menemui saya di Sky Lounge di hari biasa ataupun weekend karena tempat tersebut adalah tempat favorit saya di hotel ini.

Sebagai loyalis Marriott, The Westin Surabaya menurut saya adalah hal terbaik yang pernah ada di Kota Pahlawan ini.

 

(+) Hospitality, kualitas kamar, elite recognition, kualitas breakfast, penerapan protokol kesehatan yang sangat baik, value for points

(-) Gym, work desk yang kurang ergonomis, lahan parkir

 

Apakah Anda tertarik untuk menginap di The Westin Surabaya?

Share

6 comments
    1. Rudi,

      Saya saran untuk booking secepatnya agar Anda masih bisa memanfaatkan rate super off-peak 🙂 dan memang hotel ini sangat bagus sih menurut saya.

  1. Setelah membaca review mas edwin beberapa waktu lalu, saya menginap di The Westin Surabaya sebelum melanjutkan perjalanan dari Bandung menuju Bromo. Apa yang tertulis di review diatas persis benar adanya dan sesuai , hanya saja saya di upgradenya ke Executive suite bukan Westin Grand suite (Oleh Manager on duty di infokan bahwa member platinum keatas maksimal hanya akan dapat Executive suite, kecuali jika pakai SNA bisa mendapatkan Westin Grand Suite, tapi kok mas edwin bisa dapat Grand Suite ya? 🙂 mungkin ada faktor frekuensi menginap disana) tapi tidak masalah bagi saya. Sudah saya sampaikan juga salah kepada Ibu Anna sesuai permintaan diatas.

    saat pulang dari bromo saya transit di four point dimana bertemu juga dengan bapak Udin yang benar-benar membantu sekali. Saya pribadi lebih senang Breakfast di four point karena lebih banyak menyajikan masakan tradisional yang enak-enak (di Westin makanan condong ke western yang juga enak tapi jika disuruh memilih saya memilih yang tradisional di Four Point pakuwon)

    1. Awang,

      Saya mendapat grand suite karena frekuensi menginap di sana dan juga terkadang menggunakan SNA. Jujur kalau tanpa SNA, akan sulit untuk memperoleh executive suite dari The Westin Surabaya.

      Sempat diinformasikan juga oleh pak Udin kalau pak Awang mencari saya, hahaha sayangnya kita terpaut beberapa jam saja ketemu-nya semoga di lain waktu kita bisa bertemu lagi mungkin di MasterClass atau ketika Anda berkunjung ke Surabaya lagi.

  2. andai dibuat peringkat hotel *5 terbaik di surabaya

    apa hotel yg akan menempati rangking selanjutnya setelah the westin surabaya ?

    1. Ermana,

      Dari segi apa? Kualitas atau price for value atau overall? Saya akan menominasikan Shangri-la di posisi kedua dan Sheraton Surabaya di posisi ketiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea