Saya berkesempatan untuk menginap di Shangri-La Jakarta dalam rangka MasterClass PinterPoin Jakarta beberapa saat yang lalu.

Lantas, bagaimana pengalaman menginap saya di salah satu hotel bintang lima terbesar dan terlengkap di Jakarta tersebut? Dalam satu kata: Spektakuler.

Untuk periode menginap kali ini, saya memanfaatkan voucher yang saya beli saat promo Black Friday pada November 2020 lalu yang mana memberikan saya kredit hotel sebesar 5 juta Rupiah untuk pembelian voucher di harga 2,5 juta Rupiah saja alias bonus value sebesar 100%. Saya menggunakan kredit hotel tersebut untuk memesan kamar Executive Suite dan makan Teppanyaki di Nishimura.

Saya, Vincent, dan Erika bersantap di Nishimura


Sekilas Informasi

Shangri-la Jakarta adalah hotel bintang 5 yang terletak di jalan Jenderal Sudirman yang berada di kawasan Tanah Abang di pusat kota Jakarta. Hotel ini sudah berdiri sejak tahun 1994 lalu dan merupakan salah satu hotel bintang lima dengan jumlah kamar yang sangat banyak di Jakarta.

Berikut adalah deskripsi singkat hotel tersebut yang saya kutip dari website Shangrila jakarta:

“Comprising 662 well-appointed guest rooms and suites, Shangri-La Jakarta offers a reimagined level of luxury and comfort for the discerning traveller. Each room provides spacious accommodation with exclusive amenities, beautiful lush garden and inspiring city skyline views.

Sounds of the city on a busy noon fade as you’re chauffeured into the driveway of Shangri-La Hotel, Jakarta. The warm reception is soothing to the senses as you make your way to your luxurious suite. The eclectic mix of contemporary Indonesian interiors and traditional Javanese batik gives the room an inviting glow. Your window reveals the sweeping spectacle of Jakarta’s skyline and a winding river.

Strategically located in the centre of Jakarta’s Sudirman business district, hotel subtly combines business and leisure. But today, business is far from your thoughts. You’re on holiday.

As you take some time to explore the hotel, you pass by a grand pillarless ballroom beautifully decorated for a wedding. Special moments turn into unforgettable memories here, and you are glad to have a few to call your own. You decide upon a refreshing dip in the butterfly-shaped pool, then a traditional massage at the hotel’s spa. The result is simply invigorating.

Sensing a growing desire for savoury treats, you make SATOO your choice for tonight’s dinner. The extensive array of international dishes and traditional delicacies excite your appetite.

Before turning in, you stop for a nightcap at B.A.T.S. (Bar at the Shangri-La). With exposed bricks and rustic wood paneling, the bar’s ambiance magically transports you to a scene right out of a New York underground bar.

You make a mental note to squeeze in more sightseeing in the days ahead. You decide on the National History Museum, which traces Indonesian history back to its ancient kingdoms. And of course, you can’t wait to experience Jalan Surabaya’s open-air antique market.

With so much to discover tomorrow, you want to enjoy this serene feeling while it lasts. And you can, at Shangri-La Hotel, Jakarta – your own haven.”


Hotel Review

 

Dikarenakan saya harus menghabiskan kredit sebesar Rp5.000.000,- Rupiah dalam rangka stay kali ini, saya memesan kamar Executive Suite dari Shangri-La Jakarta yang mana merupakan kamar suite paling standar dari hotel ini.

Dan di kamar suite paling standar sekalipun, saya cukup tertegun dengan kualitas hotel Shangri-La yang masih cukup baik meskipun tergolong dalam hotel yang cukup ‘tua’ dari segi bangunan dan kamar. Saya hampir tidak merasakan kesan tua tersebut sama sekali di kamar suite ini.

Tampak kamar executive suite, terdapat vas berisi bunga

Terdapat bunga asli yang segar dan semerbak di kamar

Begitu masuk kamar, satu hal yang saya langsung sadari adalah aroma bunga yang sangat semerbak. Ini adalah kali pertama saya menemukan hotel yang menaruh bunga asli dan segar di kamarnya dan langsung meninggalkan kesan pertama yang positif 🙂

Kamar suite memiliki beberapa dekorasi khas Indonesia

Kamar executive suite dari Shangri-La Jakarta sendiri mungkin tidak bisa dikatakan sepenuhnya suite jika Anda mendefinisikan suite sebagai kamar dengan pembatas antara ruang tamu/ruang makan dengan ruang tidur.

Bedroom kamar executive suite

Tampak depan bedroom kamar executive suite

Sofa kamar executive suite, terletak beberapa langkah dari ranjang

Work desk dan pantry kamar executive suite

Satu hal yang membedakan kamar executive suite dari hotel ini dibandingkan dengan executive suite dari hotel lain mungkin adalah adanya balkoni yang terletak di sisi kamar.

Balkoni kamar executive suite

view dari balkoni kamar

Di seberang pintu akses balkoni, terdapat storage room yang juga berfungsi sebagai rak baju. Terdapat juga safe deposit box di ruangan ini.

Storage room yang dilengkapi dengan banyak drawer

Mungkin satu hal yang saya rasa cukup spesial dari kamar executive suite Shangri-La Jakarta ini adalah kamar mandinya.

Bathroom kamar executive suite dilengkapi dengan double sink

Terdapat sekat pemisah antara shower room dengan toilet

Bersih mengkilat dan hampir tidak ada sama sekali tanda wear and tear dari kamar maupun bathroom ini kembali membuat saya takjub dengan kualitas Shangri-La Jakarta.

Bath tub yang dilengkapi dengan TV

Di bathroom, terdapat bath tub yang dilengkapi dengan TV yang mana mungkin membuat sebagian orang betah untuk berlama-lama berendam di kamar ini 😉 Meski begitu, saya menyayangkan kualitas gambar TV di kamar mandi yang buruk. Mungkin mereka tidak pernah mengganti TV tersebut sejak dahulu.

Shower room

Toilet

Kualitas shower sendiri cukup baik dengan tekanan air maupun suhu temperatur yang bisa di setting hingga sangat panas sehingga saya betah berlama-lama di bath tub maupun shower room. Untuk bath amenity di kamar suites, mereka menggunakan L’Occitane.

bath amenity kamar suites menggunakan L’Occitane

Berbagai kelengkapan bath amenity untuk kamar suites

In-room Amenity

Walaupun pada saat menginap lalu saya belum mencapai status tertinggi yaitu Diamond di Shangri-La Golden Circle, saya cukup beruntung karena memperoleh wine sebagai bentuk apresiasi dan one-time occasion menginap di Shangri-La Jakarta (sekarang saya sudah mencapai status Diamond yang mana memberikan saya sebotol wine setiap kali stay di hotel jaringan Shangri-La).

Saya memperoleh wine sebagai in-room amenity yang disajikan pada ice bucket

In-room amenity:  Wolf Blass Bilyara Chardonnay 2018

Di luar itu, terdapat juga in-room amenity standar yaitu buah-buahan dan coklat khas Shangri-La yang kata Erika sangat enak sehingga dia membawanya pulang.

In-room amenity: Buah-buahan & coklat

Coklat yang kata Erika sangat enak 🙂

Sejak pandemi, mereka juga menyediakan self-care kit untuk seluruh tamu yang cukup berkualitas. Self-care kit ini akan tersedia sedari awal Anda memasuki kamar.

Paket self-care kit dari Shangri-La Jakarta

Isi paket self-care kit dari Shangri-La Jakarta

Berbicara mengenai kebersihan dan kenyamanan, saya merasa bahwa pada stay kali ini pihak hotel benar-benar memerhatikan aspek kebersihan secara mendetail di mana saya tidak menemukan satupun serpihan atau ketidakbersihan kamar. High-touch area seperti tombol saklar lampu, telepon, dan sebagainya juga terlihat sangat bersih dan terawat.

High-touch area terlihat bersih. Terdapat juga tombol untuk membuka korden secara otomatis di kamar tipe suites 🙂

Fasilitas Hotel & Nishimura

Saya harus menghabiskan voucher black friday Shangri-La Jakarta saya yang masih tersisa sekitar Rp2.000.000,- bahkan setelah memesan kamar executive suite. Oleh karena itu, saya mereservasi meja teppan untuk 3 orang di malam hari; Namun sebelum itu saya menyempatkan untuk mengambil foto berbagai fasilitas hotel seperti club lounge dan grand lobby.

Koridor hotel terkesan classy

Grand lobby Shangri-La Jakarta terkesan mewah dengan langit-langit yang tinggi

Grand lobby Shangri-La Jakarta

Resepsionis

Concierge

Terdapat banyak tempat untuk bersantai di area lobby ini

Shangri-La Jakarta sangat besar dan megah sampai dengan titik mereka memiliki ‘mall’ tersendiri! Sebelum pandemi Covid-19 varian Delta melanda, seluruh toko di tempat ini buka dan siapapun yang melihat mall mini di hotel ini hampir bisa dipastikan akan tertegun (termasuk saya) 🙂

‘Mall’ di dalam hotel Shangri-La Jakarta

‘Mall’ di dalam hotel Shangri-La Jakarta (2)

Terdapat gerai fashion, jewelry, hingga personal care di ‘mall’ ini

Saya juga menyempatkan diri untuk mengambil beberapa foto di Horizon Club dari Shangri-La Jakarta meskipun akhirnya saya tidak sempat bersantap ataupun minum di sana. Sekilas, tempat tersebut terkesan cukup mewah meski pilihan makanan terutama hot food cukup terbatas.

Berikut sedikit tips dari kunjungan singkat saya di Horizon Club Shangri-La Jakarta:

  • Sofa di Horizon Lounge, terutama yang berada di dekat jendela biasanya cepat terisi, oleh karena itu tidak ada salahnya Anda datang lebih awal untuk mengamankan tempat
  • Saya merekomendasikan soft roll dan buah-buahan mereka bagi Anda yang tidak ingin makan berat
  • Bagi Anda yang menikmati alkohol, cobalah menu ‘Horizon Cocktail’ yang mana adalah speciality cocktail dari hotel ini. Ya, cocktail ini gratis.

Setelah puas mengunjungi Horizon Club, saya akhirnya menuju Nishimura untuk makan malam Teppanyaki besama dengan Vincent & Erika.

Kualitas hidangan Nishimura di Shangri-La Jakarta sendiri sangat baik. Walaupun tidak bisa dikatakan murah (Jika tidak salah, satu set menu di sini rata-rata harganya sekitar 700++), saya benar-benar menikmati Teppanyaki di sini terutama untuk seafood-nya yang fresh dan berukuran besar.

Setelah puas bersantap, saya mengantar Vincent dan Erika ke parkiran hotel Shangri-La Jakarta. Sekilas, tidak akan sulit mencari parkir di hotel ini dan mereka juga menyediakan valet service.

Area parkir Shangri-La Jakarta

Breakfast & Area Hotel

Bagi Anda yang memiliki status Diamond di Shangri-La Golden Circle ataupun memesan kamar tipe club/suites, Anda bisa memilih untuk breakfast di restoran SATOO atau breakfast di Horizon Lounge.

Setiap dari opsi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri namun sebagai general rule of thumb, jika Anda ingin jenis hidangan yang beragam, Anda akan mau breakfast di SATOO sedangkan apabila Anda lebih ingin bersantai (sekaligus menghindari kerumunan) dan menikmati breakfast yang berkualitas, maka Anda akan mau memilih breakfast di Horizon Lounge.

Pada kesempatan kali ini, saya memutuskan untuk breakfast di Horizon Club dikarenakan saya masih cukup kenyang akibat pesta teppanyaki semalam dan lebih mementingkan kualitas hidangan dibanding dengan kuantitas (ya, disini saya masih dalam diet mode on).

 

 

Jika Anda memutuskan untuk breakfast di Horizon Lounge, saya menyarankan untuk memilih tempat duduk di dekat jendela agar Anda bisa melihat pemandangan kota Jakarta yang menawan.

View kota Jakarta dari Horizon Lounge

Selain daripada menu buffet, terdapat juga opsi untuk menu a la carte khusus untuk hidangan yang terbuat dari telur. Sayangnya saya tidak sempat mencobanya karena tidak terlalu terbiasa makan banyak di pagi hari.

Saya hanya mencoba hidangan dim sum dan smoked salmon yang tersedia di area buffet beserta dengan yogurt. Kualitas hidangan breakfast di Horizon Lounge ini boleh dikata cukup baik karena hampir tidak ada hidangan yang tidak enak. Semua bahan baku yang digunakan memiliki kualitas yang baik bahkan untuk buah-nya sekalipun.

Singkat kata, saya cukup puas dengan kualitas hidangan breakfast dari Shangri-La Jakarta ini, setidaknya untuk yang disajikan di Horizon Lounge.

Pusat Kebugaran & Kolam Renang

Sebagai salah satu hotel terbesar di Jakarta, Shangri-La Jakarta memiliki pusat kebugaran (gym) yang juga sama besarnya. Bagi saya pribadi, gym dari Shangri-La Jakarta ini adalah gym hotel terbesar dan terlengkap yang pernah saya lihat di Jakarta.

Sayangnya dikarenakan pandemi, pada bulan April lalu mereka tidak membuka Chi Spa dan juga kolam Jacuzzi dan sebagainya melainkan hanya fasilitas gym.

Gym (1)

Gym (2)

Gym (3)

Gym (4)

Alat kebugaran yang digunakan di gym berada dalam kondisi cukup baik dan cukup canggih

Saya juga menyempatkan waktu untuk mengambil berbagai foto di kolam renang Shangri-La Jakarta yang cukup iconic dan besar. Beberapa teman saya mengatakan bahwa untuk anak kecil, kids swimming pool & wet zone yang dimiliki oleh Shangri-La Jakarta adalah yang terbaik di kelasnya.

Swimming pool (1)

Swimming pool (2)

Swimming pool (3)

Kids wet zone dari Shangri-La Jakarta yang sangat iconic

Saya juga menyempatkan diri untuk berkeliling di kompleks hotel yang sekali lagi…. sangat besar. Meski saat itu hujan, saya cukup menikmati area hijau Shangri-La Jakarta yang bahkan memiliki area Zen Garden.

Zen Garden Shangri-La Jakarta

Zen garden hotel ini bahkan memiliki koleksi ikan koi

Area hijau Shangri-La Jakarta tertata dengan baik

Aneka dekorasi dalam rangka menyambut hari raya Lebaran


Baca juga: Hotel Review – The Westin Jakarta

Baca juga; Hotel Review – The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place


Penutup

Shangri-La Jakarta memenuhi definisi ‘Old but Gold‘ dengan sempurna di mana walaupun hotel ini adalah hotel yang tua dari segi usia bangunan; Hotel ini masih sangat bisa memuaskan Anda dari segi kualitas kamar, F&B, service quality, dan sebagainya sehingga saya bisa merekomendasikan hotel ini untuk Anda yang mencari akomodasi di hotel bintang lima yang berkelas.

Hanya saja, harga kamar di hotel ini yang tergolong cukup mahal bahkan untuk kamar paling standar sekalipun (sekitar 1,5 juta Rupiah nett) mungkin menjadi pertimbangan tersendiri bagi Anda yang mencari value for price dari sebuah hotel bintang lima.

Dalam kondisi normal, saya akan berpikir dua kali  (atau bahkan tiga kali) untuk menebus kamar di hotel ini mengingat terdapat banyak hotel serupa yang menawarkan rate setara atau lebih murah namun memberikan value yang lebih baik.

Old but gold mendefinisikan Shangri-La Jakarta dengan sempurna

Untungnya Shangri-La Jakarta cukup sering menjalankan promosi yang menarik seperti room rate Rp990.000++ dalam rangka 9 September (9/9) ataupun 100% bonus hotel credit dalam rangka Black Friday yang seharusnya akan ada lagi pada November 2021 mendatang. Di situ, Anda akan bisa mendapatkan penawaran yang good deal atau bahkan great deal.

Apakah saya merekomendasikan hotel ini? Jawabannya adalah YA mengingat saya memiliki pengalaman stay yang sangat baik di hotel ini dan hampir tidak menemukan kekurangan apapun kecuali dari segi harga.

 

(+) Kualitas Food & Beverage, kualitas kamar & service secara keseluruhan, kolam renang dan fasilitas-fasilitas lainnya

(-) Harga, beberapa fasilitas dalam kamar mungkin terkesan outdated

 

Apakah Anda tertarik untuk menginap di Shangri-La Jakarta?