Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.

Hotel Review: PARKROYAL Serviced Suites Jakarta

PARKROYAL Serviced Suites Jakarta yang telah saya tunggu-tunggu akhirnya dibuka juga pada Januari 2024 silam, menjadikan hotel ini sebagai flagship brand PARKROYAL di Indonesia. Akhirnya footprint GHA DISCOVERY di Jakarta bertambah juga dan sekarang Hotel Indonesia Kempinski Jakarta tidak lagi kesepian! 🙂

awan, bangunan, Blok menara, Bangunan komersial, Area metropolitan, langit, Metropolis, siang hari, outdoor, kota, daerah perkotaan, Kondominium, Kantor pusat perusahaan, menara, pusat kota, pencakar langit
Hotel PARKROYAL yang merupakan hotel tertinggi di Jakarta

Menariknya lagi, berada di kawasan yang sama juga akan hadir hotel PARKROYAL (tanpa embel-embel) dan juga yang lebih menarik lagi adalah kehadiran hotel Pan Pacific.

Mengutip pada banner yang dipasang di dekat pintu masuk hotel, Pan Pacific akan dibuka di tahun 2024 dan ParkRoyal sendiri katanya akan buka di pertengahan tahun ini.

Jelas saya sangat tertarik untuk dapat segera mencoba menginap di hotel tersebut, semoga bisa menjadi hotel yang sama menariknya seperti hotel Pan Pacific Orchard Singapore yang sempat saya coba dan ulas di bulan September 2023 lalu.

teks, Font, poster, Grafis, desain grafis, deasin, tipografi
Asyik! Pan Pacific Jakarta akan segera buka di tahun 2024 ini!
PARKROYAL Serviced Suites Jakarta: Pemesanan

Saya sempat membuat artikel mengenai promo menginap di hotel ini dan senang juga bisa ikut mempergunakan promo yang sama.

Saya sendiri sebenarnya tidak ada rencana untuk bepergian ke Jakarta, namun rupa-rupanya awal bulan Februari 2024 ‘memaksa’ saya mengunjungi kota ini sehingga jelas hotel yang saya pilih jatuh ke PARKROYAL Serviced Suites Jakarta ini!

Penasaran juga rasanya kala mengetahui bahwa hotel ini adalah hotel tertinggi di kota Jakarta, walaupun nanti di tengah tahun posisinya akan dikalahkan oleh sister hotelnya, Pan Pacific Jakarta 😉


Baca Juga: Promo Menarik: PARKROYAL Serviced Suites Jakarta


Pemesanan saya lakukan melalui GHA DISCOVERY apps dengan harapan untuk mendapatkan promo combo dengan tambahan D$15 sesuai promo yang tengah berjalan.

PARKROYAL Serviced Suites Jakarta: Check-In

Beberapa hari sebelum periode menginap, saya mendapat pre-arrival email yang menanyakan perkiraan jam kedatangan dan lain-lain, namun dikarenakan saya merasa tidak memerlukan early check-in maka saya tidak merespon email tersebut.

Rupa-rupanya di hari H menginap, terdapat perubahan rencana secara mendadak yang membuat saya harus segera check-in sebelum jam biasanya.

Maka, sekitar pukul 10:00 pagi, saya menghubungi hotel untuk meminta early check-in dengan harapan bisa memasuki kamar di tengah hari.

Dengan menggunakan taksi online, saya segera menuju ke hotel dan cukup dibuat bingung saat memasuki kawasan Thamrin Nine. Signage hotel yang dipasang lumayan simpang-siur hingga kami ‘dipaksa’ keluar gedung dan memasuki kembali kawasan ini.

bangunan, awan, Blok menara, outdoor, langit, Bangunan komersial, siang hari, menara, Metropolis, Area metropolitan, kota, daerah perkotaan, pencakar langit, Kantor pusat perusahaan, Kondominium, Arsitektur, pusat kota, jendela
Gedung PARKROYAL Serviced Suites Jakarta

Pada akhirnya, saya tiba di hotel pukul 12:20 dan disambut oleh seorang door man yang dengan sigap dan ramah membantu menurunkan koper saya dan memasukkannya ke mesin scanner sebelum memasuki lobi.

Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Drop off
bangunan, plafon, lobi, teduh, tanah, lantai, dalam ruangan, aula, outdoor, daerah
Drop off

Suasana lobi terasa nyaman, hangat, dan moderen. Saya melihat semua karyawan yang saya temui kala itu murah senyum dan ramah, saya harap semua karyawan dapat selalu begitu dan bukan dikarenakan hotel sedang baru-barunya saja.

Mungkin dikarenakan jam kedatangan saya yang bukan di jam reguler check-in, maka tidak terasa ada hiruk-pikuk saat itu.

plafon, mebel, dalam ruangan, desain interior, meja, lantai, dinding, lobi, vas, meja kopi, Memasang lantai, Perlengkapan plafon, aula, restoran, Meja dapur & ruang makan, kamar, jendela, kursi, hotel
Suasana di lobi

Berada di area yang sama adalah sebuah coffee shop sederhana yang menyajikan beberapa pilihan kopi dan juga cemilan ringan.

dalam ruangan, dinding, desain interior, lantai, tanaman rumah, vas, plafon, tanaman
Coffee shop counter

Saya dibantu oleh salah satu petugas resepsionis dan ia mengkonfirmasi reservasi saya lalu memberitahukan bahwa saya mendapat upgrade 2 level dari tipe kamar terbawah Studio Suite ke kamar One Bedroom Deluxe Suite.

Saya mengiyakan dan berterimakasih atas upgrade tersebut. Untuk diingat, saya memiliki status Titanium yang mana sebagai pemegang status tersebut akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti: upgrade 2 level, early check-in, late check-out, dan juga pemberian welcome amenity.

Saya iseng mengecek ketersediaan kamar tanggal itu dan saya mendapati bahwa kamar upgrade yang diberikan kepada saya rupanya bukan upgrade 2 level.

Saya lalu mencoba mengkonfirmasi ke pihak resepsionis. Beliau mengecek kembali dan meminta maaf karena rupanya benar tipe kamar One Bedroom Deluxe Suite adalah upgrade 1 level saja dan mencoba mencarikan kamar yang betul yaitu tipe One Bedroom Premier Suite.

Setelah beberapa saat dan juga setelah berkonsultasi dengan koleganya, ia menginformasikan kepada saya bahwa tipe One Bedroom Premier Suite sedang tidak tersedia.

Walaupun jelas-jelas menurut apps GHA DISCOVERY tipe kamar tersebut bisa dibeli saat itu juga, saya bukan orang yang suka berkonfrontasi urusan sepele semacam ini sehingga saya membiarkan saja. Cukup disayangkan menurut saya.

Sebagai ‘hadiah hiburan’ untuk stay ini, saya diberikan late check-out 1 jam lebih lama ke pukul 17:00. Saya sih merasa sangsi ya, karena ada kemungkinan besar bahwa saya sudah harus pulang kembali ke Denpasar di sore hari. Saya memang belum membeli tiket pesawat saat itu dan nyatanya di keesokan hari saya check-out di pukul 13:00.

dalam ruangan, pakaian, dinding, plafon, lantai, mebel, orang, alas kaki, desain interior, tanaman rumah, pria, orang-orang, berdiri, meja
Front desk
PARKROYAL Serviced Suites Jakarta: One Bedroom Deluxe Suite

Petugas resepsionis menjelaskan berbagai macam fasilitas hotel dan memberi saya kunci kamar. Ia mengantar saya ke arah lift dan menjelaskan bahwa hanya terdapat 1 lift sementara waktu karena lift kedua sedang dalam masa perbaikan.

Saya bergegas memasuki lift dan segera menuju ke lantai 76. Hotel ini sangat mengingatkan saya dengan hotel Pan Pacific Serviced Suites Kuala Lumpur. Benang merah sangatlah terasa dari segi disain, pemilihan tema warna dan lain sebagainya.

Jika Anda tertarik untuk melihat kemiripan-kemiripannya dan pengalaman saya saat menginap di sana, silahkan baca ulasan lengkap saya di tautan ini.

Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Hall way menuju kamar

Saya mendapat kamar nomor 7606 yang setidaknya merupakan tipe corner room dan memiliki 2 pemandangan (view) kota.

Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Pintu masuk ke kamar 7606 dan 7607
teks, cuplikan layar, deasin
Site plan lantai 76

Kamar yang berukuran sekitar 46 – 51m2 terasa sangat bersih dan cerah.

Dengan dominasi warna netral seperti putih, coklat muda, abu-abu kecoklatan, pencahayaan lampu kuning dan cahaya alami yang berlimpah membuat ruangan ini terasa inviting.

Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
One Bedroom Deluxe Suite
Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
One Bedroom Deluxe Suite

Tidaklah salah jika hotel ini adalah sebuah serviced suites yang mana sangat terasa bahwa pengaturan layout kamar dan pemilihan material terasa seperti sebuah apartemen.

Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
One Bedroom Deluxe Suite

Amenity ruangan ini juga sangat komplit, ia memiliki sebuah living room dengan sofa dan televisi berukuran besar, meja makan untuk 2 orang, meja kerja, sebuah working pantry dengan kompor elektrik, wastafel, kulkas 2-pintu, microwave, mesin cuci lengkap dengan deterjennya, mesin kopi kapsul, dan juga piranti memasak komplit.

Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Welcome amenity dan welcome letter telah menunggu di kamar

Menunggu saya di meja pendek di living room adalah sebuah welcome letter dan juga sepiring buah-buahan segar sebagai welcome amenity.

Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Area pantry
Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Microwave
Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Mesin cuci dan juga mesin pengering

Kamar tidur ini berada di sudut ruangan sehingga memiliki pemandangan 2 sisi, salah satu fitur ruangan yang menurut saya cukup menarik adalah adanya televisi stand alone yang berdiri dengan 3 kaki.

Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Kamar di One Bedroom Deluxe Suite
Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Kamar di One Bedroom Deluxe Suite
Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Kamar di One Bedroom Deluxe Suite

Saya kemarin menginap di hari Sabtu dan mumpung keesokannya adalah hari Minggu maka saya mempergunakan waktu tersebut untuk ikut Car Free Day (CFD) yang berlangsung tepat di depan gedung hotel.

Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Pemandangan kamar
Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Pemandangan kamar ke arah pusat perbelanjaan Grand Indonesia, Bundaran HI, dan hotel Kempinski

Kamar mandi dilengkapi dengan sebuah vanity, ruang shower, bath tub, dan kloset. Toiletries yang digunakan adalah toiletries standar dari hotel PARKROYAL yaitu dari brand Appelles dari Australia.

Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Kamar mandi
Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Bath tub
Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Toiletries individual dari Appelles
Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Shower room
Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Toiletries berukuran besar dari Appelles
Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Kloset
PARKROYAL Serviced Suites Jakarta: Residents Lounge
Makan Siang & Social Evening

Room rate yang saya ambil adalah rate dengan makan pagi dan rupanya saya juga diberi akses untuk memasuki Residents Lounge di luar jam makan pagi.

Residents Lounge adalah satu-satunya venue untuk makan pagi dan terletak di lantai 2 (Mezzanine). Para tamu yang mengakses Residents Lounge di siang hari dapat menikmati makan siang namun hanya tersedia makanan-makanan ringan dan juga tersedia Social Evening di pukul 18:00-20:00.

Sementara waktu ini tidak tersedia minuman beralkohol dikarenakan alasan lisensi yang belum dimiliki. Saya menyempatkan diri untuk mengunjungi Residents Lounge di siang hari dan mendokumentasikan lounge ini.

Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Residents Lounge
Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Residents Lounge
Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Residents Lounge
Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Residents Lounge
Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Residents Lounge

Lounge ini dilengkapi dengan sebuah meja bilyar, sebuah meeting room, dan juga area outdoor yang merupakan smoking area.

Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Meja bilyar
Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Ruang rapat

Saat itu seharusnya adalah jam makan siang, namun area makanan sedang ditutup untuk umum karena sedang ada private function.

Akhirnya, kami memilih duduk di area yang berjauhan dari area makanan dan karyawan yang bertugas berinisiatif untuk menawarkan kami minuman dan juga membawakan kami sepiring berisikan cemilan manis.

Karena tidak terbuka untuk umum maka saya tidak memperoleh gambaran utuh small bites yang disajikan saat makan siang semacam apa.

Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Cemilan saat jam makan siang

Saya juga tidak sempat menikmati Social Evening karena saya berada di luar hotel seharian penuh dan sepertinya saya tidak miss out that much dengan faktanya belum tersedia minuman beralkohol.

Makan Pagi

Pada saat check-in, petugas menginformasikan bahwa makanan yang disajikan adalah continental breakfast dengan beberapa pilihan makanan panas sederhana.

Beliau juga menambahkan bahwa seiring dengan waktu, jumlah variasi makanan akan ditambah terus di kemudian hari. Sarapan sendiri dimulai dari pukul 06:00 hingga pukul 10:30 di tiap harinya.

Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Suasana makan pagi
Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Suasana makan pagi
Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Suasana makan pagi

Di pagi hari setelah mengikuti CFD, kami menyempatkan untuk menikmati makan pagi.

Lagi-lagi, semua karyawan yang bertugas saat itu juga sangat ramah dan terasa eager to help. Kami memilih untuk duduk di sebelah jendela dan memesan kopi. Ia menjelaskan bahwa para tamu juga dapat memilih makanan dari menu a la carte.

Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Meja utama buffet

Di meja utama buffet, terdapat 3 jenis makanan panas: nasi goreng, bihun goreng, dan hidangan sosis dengan jamur, 2 macam kerupuk, salad, buah potong, dan 3 macam sereal.

Menyambung dengan meja utama, terdapat sebuah kulkas chiller yang berisikan beberapa macam jus buah dan kopi cold brew, susu sapi, natto, muesli, yogurt, cold cuts, telur rebus, dan juga beberapa pilihan keju.

Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Sajian-sajian dingin

Sebuah meja island besar berjajar berbagai macam roti seperti roti tawar, danish, croissant polos dan juga coklat. Jujur, meja ini terasa terlalu besar dan makanan yang disajikan terlalu sedikit.

Mungkin space sebesar ini memang dipersiapkan untuk tambahan jumlah makanan di masa depan.

Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Meja roti
Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Menu a la carte

Berikut adalah makanan-makanan yang kami pesan kala itu.

PARKROYAL Serviced Suites Jakarta: Pusat Kebugaran

Pusat Kebugaran berada di lantai 71, berukuran relatif besar dan dapat diakses dengan menggunakan kunci kamar. Alat-alat yang disediakan saya lihat sangat mumpuni bagi para tamu hotel yang serius dengan weight training. Hotel ini menggunakan alat-alat kesehatan dari pabrikan Life Fitness.

Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Pintu masuk ke pusat kebugaran
Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Pusat kebugaran
Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Pusat kebugaran

Fasilitas kamar mandi belum selesai sempurna di mana terlihat dari steam room masih belum selesai.

PARKROYAL Serviced Suites Jakarta: Kolam Renang

Fasilitas kolam renang baru saja dibuka di bulan Februari 2024 jadi saya beruntung dapat melihat fasilitas ini di hari-hari awal pembukaannya. Kolam renang ini juga berada di lantai 71 dan belum sepenuhnya selesai, terlihat dari meja bar yang masih sedang dalam tahap finishing.

Sayangnya, saya tidak sempat menikmati fasilitas selama menginap di sini.

Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Kolam renang yang baru dibuka di bulan Februari 2024
Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Kolam renang
Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Kolam renang
Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Kolam renang
Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
Area bilas

Penutup

PARKROYAL Serviced Suites Jakarta dibuka pertama kalinya di bulan Januari 2024 yang merupakan flagship hotel PARKROYAL di Indonesia.

Kehadirannya tentu disambut hangat oleh para anggota program loyalti GHA DISCOVERY (saya pun tak terkecuali!) mengingat jejak kaki program loyalti ini masih sangat kecil di Indonesia dan bisa dibilang lebih terpusat di pulau Bali.

Kehadirannya hotel ini di Jakarta menandakan Hotel Indonesia Kempinski bukan lagi satu-satunya hotel di bawah naungan GHA DISCOVERY dan menariknya lagi akan ada 2 tambahan hotel lainnya yang siap meramaikan scene program loyalti ini yaitu: Pan Pacific dan PARKROYAL.

Sementara ini, PARKROYAL Serviced Suites Jakarta menyandang predikat hotel tertinggi di Jakarta yang juga merupakan sebuah fakta yang menarik perhatian saya.

Terjadi kesalahan permintaan tidak valid.
One Bedroom Deluxe Suite

Saya menikmati kunjungan 1 malam di hotel ini walaupun pengalaman menginap ini tidaklah sempurna namun saya tidak akan ragu untuk kembali menginap di hotel ini.

Menurut saya, berikut adalah kelebihan dan kekurangan hotel ini:

(+) Lokasi strategis di area Thamrin yang dekat dengan pusat perbelanjaan Grand Indonesia dan Plaza Indonesia. Hotel ini juga relatif dekat dengan stasiun Sudirman Baru yang tentunya sangat convenient bagi mereka yang ingin naik kereta dari bandara CGK menuju hotel
(+) Hotel yang baru saja dibuka sehingga semuanya masih brand new!
(+) Saat ini sedang mengadakan promo pembukaan hotel yang sangat menarik
(+) Amenities kamar yang sangat lengkap (mesin cuci, dapur lengkap, meja kerja, bathtub, dan meja makan)
(+) Diperbolehkan untuk mengakses Residents Lounge


(-) Sayangnya saya tidak mendapatkan upgrade 2 langkah sebagai anggota Titanium
(-) Hotel masih belum sempurna sehingga beberapa fasilitas masih on progress
(-) Lift kala itu hanya ada 1 yang beroperasi karena tengah under maintenance
(-) Signage untuk menuju ke hotel cukup membingungkan saat pertama kali memasuki hotel

Apa pendapat Anda mengenai PARKROYAL Serviced Suites Jakarta ini?

Share

4 comments
    1. aman koq, akhirnya tanya dengan security dulu, cukup membingungkan karena saat masuk di kawasan ada petunjuk ke hotel ke arah kiri DAN kanan. Yg termudah menurut saya adalah ambil yang ke arah kanan

  1. Bener, susah banget karena ini hotel baru banget jadi kalo di taxi online gak ada pinpoint nya juga..jadi harus dikasi tau masuknya dari Thamrin 9 .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.