Panduan Lengkap GHA DISCOVERY

GHA DISCOVERY adalah program loyalti dari jaringan hotel Global Hotel Alliance (GHA) yang merupakan aliansi hotel independen terbesar di dunia. Terdapat 37 brand hotel yang tergabung ke dalam GHA yang secara total terdiri lebih dari 800 hotel yang tersebar di 100+ negara.

Bagi warga negara Indonesia, Anda mungkin sudah tidak asing dengan brand hotel dari GHA seperti Kempinski, Anantara, dan Capella. Untuk diingat, sebelum ini brand Alila juga berada di bawah naungan GHA namun sekarang telah bermigrasi ke jaringan hotel World of Hyatt.

Hotel Apurva Kempinski, Bali.

Sekitar awal Desember 2021 lalu, GHA DISCOVERY merombak total program loyaltinya dengan menambah 1 tier status, fitur, keuntungan-keuntungan lain, dan rabat berbentuk DISCOVERY Dollars (D$).

Jika diperhatikan, program loyalti ini semakin populer semenjak hadirnya hotel Apurva Kempinski di Bali. Hotel ini menjadi magnet tersendiri bagi sebagian besar wisatawan domestik apabila bepergian ke Bali. Tentunya tidak lupa untuk menyebut hotel Capella Ubud yang juga memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang menginginkan pengalaman one-of-a-kind dan berkantong tebal 😎

Hotel Capella Ubud, Bali

Bergabung Menjadi Anggota GHA DISCOVERY

Anda dapat menjadi anggota GHA DISCOVERY secara gratis menggunakan link ini.

Hotel-hotel Anggota Jaringan GHA DISCOVERY

Hotel-hotel yang tergabung dengan GHA DISCOVERY

Terdapat 37 brand hotel yang tergabung dengan GHA DISCOVERY, yaitu:

1Anantara21Nhow
2Araiya22Niccolo
3Avani23Nikki Beach
4Campbell Gray24Nuo
5Capella25Oaks
6Corinthia26Outrigger
7Discovery27Pan Pacific
8Divani Collection28Parkroyal Collection
9The Doyle Collection29Parkroyal
10Elewana Collection30Patina
11Fauchon Hospitality31Shaza
12Glo32Sun International
13JA33The Residence by Cenizaro
14Kempinski34The Sukhothai
15The Leela35Tivoli
16Lungarno Collection36Utratravel Collection
17Marco Polo37Viceroy
18Mysk
19NH
20NH Collection

Tingkatan Keanggotaan GHA DISCOVERY

Tier status GHA DISCOVERY

Tingkatan keanggotaan GHA DISCOVERY terbagi menjadi 4 tier, yaitu: Silver, Gold, Platinum, dan Titanium. Berikut adalah cara untuk memperoleh status-status tersebut:

  • Silver: Status terendah yang didapatkan saat anda bergabung menjadi anggota GHA DISCOVERY
  • Gold: Melakukan stay sebanyak 2 kali ATAU telah menghabiskan USD1,000
  • Platinum: Menginap 10 malam ATAU telah menghabiskan USD5,000 ATAU melakukan stay di 2 brand
  • Titanium: Menginap 30 malam ATAU telah menghabiskan USD15,000 ATAU melakukan stay di 3 brand

Keuntungan Menjadi Anggota GHA DISCOVERY

Berikut adalah keuntungan-keuntungan yang Anda dapatkan apabila menjadi anggota GHA DISCOVERY:

NoKeuntunganSilverGoldPlatinumTitanium
1Menggunakan D$✔️✔️✔️✔️
2Penawaran-penawaran khusus✔️✔️✔️✔️
3Experiences✔️✔️✔️✔️
4Internet Wi-Fi gratis✔️✔️✔️✔️
5Harga khusus anggota (Potongan 5-10%)✔️✔️✔️✔️
6Memperoleh D$ 4%5%6%7%
7Penawaran-penawaran lokal✔️✔️✔️✔️
8Upgrade kamar✔️2 Tingkat
9Hadiah saat kedatangan✔️✔️
10Late check outpk15:00pk16:00
11Berbagi status*✔️
12Keuntungan tambahan dari brand✔️
13Garansi 48 jam ketersediaan kamar✔️
14Early check inpk11:00
*) Silahkan membaca ke bagian: ‘Membagikan Status Titanium Ke 1 Anggota Lainnya’ di bagian bawah untuk keterangan lebih lanjut.

Discovery $ (D$)

Konsep D$

D$ adalah mata uang dari grup GHA yang mana 1 D$ ekuivalen dengan 1 USD sehingga nilai D$ bersifat fleksibel dan fluktuatif. Jika keanggotaan jaringan hotel lain memberikan poin bagi anggota-anggotanya, maka GHA memberikan D$ untuk rabat dari pengeluaran Anda saat menginap.

Corinthia London, Inggris: Salah 1 hotel legendaris di London yang merupakan anggota GHA Discovery
Memperoleh D$

Besaran D$ yang dapat Anda peroleh tergantung dari tier keanggotaan Anda, yaitu:

  • Silver: 4%
  • Gold: 5%
  • Platinum: 6%
  • Titanium: 7%

Harap diingat pendapatan rabat yang Anda dapatkan dihitung dari nilai bersih dari rate yang Anda bayarkan, sehingga pajak, tips, dan service charge tidak akan diperhitungkan.

Pengecualian untuk jaringan loyalti ini adalah apabila Anda memesan beberapa kamar untuk 1 periode menginap yang sama, maka Anda hanya akan mendapatkan D$ untuk maksimal 2 kamar saja.

Menggunakan D$

Anda dapat menggunakan D$ yang Anda miliki untuk membayar biaya menginap, makan, spa, golf, upgrade kamar atau hal lain yang ditawarkan hotel tempat Anda menginap.

Anda hanya perlu memberitahukan ke pihak hotel pada saat check out apabila Anda hendak menggunakan D$-nya.

Masa Kadaluwarsa D$

Sayangnya D$ bisa kadaluwarsa sehingga sangat susah untuk mengumpulkan D$ dalam jumlah yang banyak untuk dipakai di beberapa tahun mendatang. Masa kadaluwarsa menilik pada tingkatan status keanggotaan Anda, yaitu:

  • Silver: 6 bulan
  • Gold: 18 bulan
  • Platinum: 24 bulan
  • Titanium: 24 bulan

GHA DISCOVERY Experiences

Experiences adalah berbagai macam aktivitas yang dibuat dan dikurasi khusus untuk anggota GHA DISCOVERY.

Experiences ini akan menghubungkan Anda dengan destinasi tujuan Anda lewat aktivitas otentik yang relevan dengan destinasi tersebut. Experiences sendiri dibagi menjadi 5 kategori, yaitu: Petualangan, Kebudayaan, Events, Alam, dan Tur & Kelas.

Beberapa contoh GHA DISCOVERY Experiences.

Anda dapat mengeksplor aktivitas-aktivitas lainnya di sini.

GHA DISCOVERY Local Offers

Apabila Experiences lebih ke aktivitas ‘besar’ maka Local Offers lebih mengarah ke aktivitas yang lebih ‘kecil’ semacam fine dining, spa, golf, dan lain-lain.

Anda tidak harus menginap apabila tertarik untuk membeli Local Offers. Local Offers dibagi menjadi 5 kategori, yaitu: Bersantap, Spa, Golf & Olahraga, Bekerja dari Hotel, dan Akses Pelengkap.

Beberapa contoh GHA DISCOVERY Local Offers.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai aktivitas-aktivitas yang ditawarkan oleh Local Offers, silahkan lihat di sini.

GHA DISCOVERY Stay Offers

Dari waktu ke waktu, GHA DISCOVERY menawarkan berbagai macam penawaran menginap seperti: diskon, promo menginap jangka panjang, dan lain sebagainya, semuanya dapat Anda lihat di halaman khusus ini.

Beberapa contoh GHA DISCOVERY Stay Offers.

Fitur-fitur Menarik dari GHA DISCOVERY

Sharer Status

GHA DISCOVERY memiliki 1 fitur menarik yang tidak saya temukan di program loyalti hotel lainnya yang dinamakan Sharer Status, di mana dalam keadaan tertentu, apabila terdapat 2 anggota yang menginap di 1 kamar yang sama untuk periode menginap yang sama dan sama-sama membayar tagihan maka masing-masing anggota akan mendapatkan jumlah malam dan mendapatkan spend sesuai nilai yang dibayarkan. (NB: Tidak semua hotel memperbolehkan penggunaan fitur ini jadi harap mengecek langsung ke hotel tempat Anda menginap)

Berikut adalah syarat dan ketentuan yang saya kutip langsung dari website GHA Discovery:

3.12 Tier credit for the GHA DISCOVERY Programme is for individual travel only. Only one GHA DISCOVERY Programme Member will receive credit for an Eligible Night, Net Eligible Spend, and Eligible Brand Stay, regardless of the number of Members staying in the room, unless those members are sharing the reservation (Sharer status at time of check-in) and paying separately, an option which varies by hotel and may not be accommodated. Where applicable, if members elect to earn on a shared basis under “Sharer status”, each member will earn Net Eligible Spend and D$ based on the portion of the bill each member pays. Each member will receive the same number of eligible nights and eligible brand stays.

Contoh:

Dua anggota GHA DISCOVERY menginap selama 2 malam di sebuah brand hotel, membelanjakan USD300, dan check-in dengan menginformasikan ke staf front desk bahwa ingin menggunakan fitur Sharer Status.

Untuk kemudahan perhitungan, seluruh USD300 dianggap sebagai pembelanjaan yang memenuhi syarat dan setiap anggota membayar setengah dari tagihan. Masing-masing anggota akan menerima 2 Elite Qualifying Night (EQN), 1 brand, dan masing-masing akan mendapatkan USD150 dalam total spend tier keanggotaan mereka. Mereka masing-masing juga akan mendapatkan D$ berdasarkan status tier keanggotaan mereka.

Membagikan Status Titanium Ke 1 Anggota Lainnya

Bagi Anda yang merupakan anggota Titanium akan berkesempatan untuk memberikan status Titanium ke anggota GHA DISCOVERY lainnya sekali waktu dalam 1 tahun kalender. Berikut adalah syarat dan ketentuannya:

  • Anda memperoleh status Titanium lewat persyaratan ‘normal’, jika saya lihat dari persyaratan untuk meraih Titanium, maka Anda harus menginap 30 malam ATAU telah menghabiskan USD15,000 ATAU melakukan stay di 3 brand.
  • Masa berlaku tier status yang Anda bagikan adalah sisa untuk tahun kalender berjalan DAN 1 tahun kalender di tahun berikutnya.
  • Anggota Titanium tidak dapat membagikan status kepada dirinya sendiri.

Baca Juga: Menarik: 4 Hotel Indonesia Masuk ‘100 Best Hotels in the World’


Syarat dan Ketentuan Program Loyalti GHA DISCOVERY

Bagi Anda yang ingin membaca secara detil untuk keseluruhan syarat dan ketentuan program loyalti GHA DISCOVERY, silahkan mengacu ke halaman ini.

Hotel Taschenbergpalais Kempinski Dresden, Jerman.

Penutup

Saya telah menjadi anggota elite dari jaringan GHA selama beberapa tahun belakangan ini, bahkan dari sebelum program dirombak menjadi GHA DISCOVERY.

Menurut pengalaman saya, program loyalti ini merupakan salah 1 program yang saya favoritkan. Saya mengapresiasi pemberian rabat untuk tiap-tiap kali menginap walaupun ada beberapa devaluasi di sisi fitur, seperti Local Experience dihilangkan, early check in yang dulunya dari pukul 09:00 menjadi pukul 11:00, dan late check out hingga pukul 18:00 menjadi pukul 16:00.


Satu hal tambahan yang membuat program ini menarik adalah kemudahan untuk menjadi anggota tier tertinggi. Hal ini bagaikan pedang bermata 2 yang berpotensi menjadi bumerang oleh karena membanjirnya jumlah pemegang status Titanium. Bersiap-siaplah untuk berebut upgrade kamar apabila hendak menginap di high dan peak season.

Belum lama ini footprint semakin bertambah dengan bergabungnya jaringan NH Hotels yang berbasis di Spanyol yang tentu saja merupakan berita baik bagi Anda yang akan berlibur ke Eropa. Pilihan menginap di Eropa menjadi makin bervariasi dan berhasil mengisi void program-program loyalti lain yang juga saya miliki.

Apakah anda sudah menjadi anggota dari GHA DISCOVERY? Apa loyalty program hotel favorit anda?

Share

8 comments
  1. WOW Mantap Bro Paulo tulisannya lengkap dan detail banget. Sayang telat nih tentang NH Hotel. Kami sekeluarga sudah pulang dari Spain naik Etihad yg promo COVID.

    1. Terimakasih apresiasinya 🙂

      Iya, NH hotels masuk di GHA DISCOVERY mnt sy berita besar sih krn bantu banget ngisi footprint hotel di Eropa nya! sayang sekali nggak sempet kepake statusnya yaa, mungkin next Euro tripnya yah! 🙂

  2. Halo Paulo,

    Apakah Anda pernah menginap di Hoshinoya Ubud Bali? Jika pernah, apakah ada tips & trik untuk menginap di hotel ini karena harganya cukup tinggi jika harus dibayar menggunakan cash.

    Terimakasih

    1. Hi Abraham,

      Saya kebetulan belum pernah juga nih, masih belum bisa menjustify harga segitu untuk sebuah staycation 🙁

      1. Saya jg ingin bertanya, menurut opini pribadi Anda, jika harus memilih 3 hotel bintang 5 terbaik di Bali yg sudah pernah Anda kunjungi, hotel apa yg menawarkan pengalaman staycation terbaik dengan mempertimbangkan harga dan kualitas pelayanan yg diberikan?

        Terimakasih.

        1. Sepertinya musti lihat dari kisaran harga dulu yah, karena hotel bintang 5 di Bali sangatlah banyak dengan price range yang lebar juga jadi akan susah untuk memilihnya. Saya ada banyak pertimbangan juga sih, dari lokasi, apa yang mau dicari, dst

  3. Hi Paulo

    thanks untuk artikel ini, tetapi untuk GHA tidak ada free breakfast sama skali ya walaupun status paling tinggi?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea