pesawat terbang, transportasi, pesawat, langit, Perjalanan udara, outdoor, Perusahaan penerbangan, pesawat terbang sipil, jet, Terbang, kendaraan, sayap, Mesin pesawat terbang, biru, Mesin jet, penerbangan, Twinjet, Rekayasa dirgantara, Pesawat lorong tunggal, Pesawat jet, Layanan, Boeing 737 generasi berikutnya, airbus, udara, Bandara

Garuda Indonesia Akan Mengoperasikan Penerbangan Terjadwal ke Doha

Garuda Indonesia diketahui akan mengoperasikan penerbangan terjadwal rute Jakarta – Doha efektif pada 4 April 2024 mendatang.

Pengoperasian rute ini akan bekerja sama dengan Qatar Airways selaku partner codeshare.

Untuk pesawat yang digunakan, Garuda Indonesia akan mengoperasikan armada B777-300 ER dengan kapasitas 367 kursi kelas ekonomi dan 26 kursi kelas bisnis untuk penerbangan ini. Rute ini dioperasikan setiap harinya.

pakaian, orang, bunga, pria, wanita, dalam ruangan, dinding, senyum, Wajah manusia, jas, teks, meja, grup, berpose, orang-orang

“Terdapat ikatan bisnis, pariwisata, dan budaya yang kuat antara Indonesia dan Qatar, dan kami berharap hadirnya rute penerbangan ini akan semakin meningkatkan hubungan bilateral antara kedua negara sekaligus menawarkan akses yang lebih mudah bagi wisatawan dari Qatar ke Indonesia, yang kini merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia.

Lebih lanjut penerbangan langsung ini juga diharapkan akan dapat menarik minat wisatawan Qatar untuk dapat mengunjungi berbagai destinasi unggulan di Indonesia melalui Jakarta sebagai gerbang utama Indonesia.”

-Irfan Setiaputra, Direktur Utama Garuda Indonesia

Jadwalnya adalah sebagai berikut:

GA900 (CGK – DOH)

teks, cuplikan layar, Font

GA901 (DOH – CGK)

    teks, cuplikan layar, Font
    Berapa Miles & Apakah Layak Ditebus?

    Rute Jakarta – Doha ini cukup unik karena merupakan rute Timur Tengah ketiga dari Garuda Indonesia selain Jeddah (JED) dan Madinah (MAD) yang juga berbeda negara.

    Dikarenakan Garuda Indonesia menerapkan distance-based sebagai basis perhitungan miles yang dibutuhkan untuk suatu penerbangan (award seat) dan juga rute ini terhindar dari devaluasi GarudaMiles untuk rute populer pada tahun 2023 lalu, maka penukaran GarudaMiles untuk rute ini layak dipertimbangkan.

    Untuk rute ini, berikut adalah miles yang dibutuhkan beserta dengan tax-nya:

    GA900 (CGK – DOH)

    • Ekonomi: 40.000 GarudaMiles + tax Rp754.200
    • Bisnis: 72.000 GarudaMiles + tax Rp754.200

    GA901 (DOH – CGK)

    • Ekonomi: 40.000 GarudaMiles + tax Rp1.048.600
    • Bisnis: 72.000 GarudaMiles + tax Rp1.048.600
    kendaraan, dalam ruangan, lantai, kursi
    Garuda Indonesia menggunakan kursi kelas bisnis jenis Stelia Solstys di pesawat 777-300ER

    Menurut saya, penukaran GarudaMiles untuk rute ini cukup menarik karena:

    • Memiliki fuel surcharge (YQ) yang cukup reasonable. Sebagai perbandingan, Qatar Airways akan mengenakan fuel surcharge di kisaran 3-4 juta Rupiah untuk rute yang sama jika Anda menukarnya menggunakan Asia Miles.

    • Merupakan rute dari Garuda Indonesia sendiri dan bukan Skyteam atau partner airline sehingga jika ada diskon penukaran GarudaMiles maka rute ini bisa menjadi solusi sangat murah untuk terbang ke Timur Tengah. (Asumsi: diskon 20% Garudamiles ⭢ terbang 8 jam ke Timur Tengah di kelas bisnis hanya membutuhkan 57.600 GarudaMiles)

    Baca juga: 10 Kartu Kredit Terbaik Untuk Mengumpulkan GarudaMiles

    Baca juga: Review Garuda Indonesia First Class Boeing 777-300ER Denpasar (DPS) – Jakarta (CGK)


    Penutup

    Garuda Indonesia akan mengoperasikan penerbangan dari Jakarta ke Doha (vv) efektif pada 4 April 2024 mendatang menggunakan armada Boeing 777-300ER dengan frekuensi sekali sehari.

    Penerbangan ini cukup menarik karena sebelumnya saya berasumsi bahwa Garuda Indonesia justru akan mengoperasikan penerbangan ke Turki setelah sebelumnya sempat men-spoil rute tersebut di tahun 2019 lalu.

    bangunan, Area metropolitan, Cityscape, Metropolis, kaki langit, kota, menara, Blok menara, daerah perkotaan, pencakar langit, pusat kota, langit, Bangunan komersial, outdoor, malam, Penggunaan campuran, Kondominium, cahaya, lanskap
    Saya berkeinginan untuk mengunjungi Doha suatu hari

    Saya sendiri tidak pernah mengunjungi Doha (hanya sering transit saja) namun tertarik untuk mengunjunginya terutama karena dibukanya rute unik dari Garuda Indonesia ini.

    Mengingat belakangan ini Qatar Airways gencar membuka berbagai rute baru termasuk ke Indonesia yaitu ke Medan, saya merasa bahwa kedepan kita bisa mengekspetasikan kejutan-kejutan serupa.

    Jujur saya tidak menyangka sama sekali Garuda Indonesia akan terbang ke Doha 🙂 but it’s awesome.

    Apa pendapat Anda mengenai langkah Garuda Indonesia mengoperasikan penerbangan ke Doha ini?
        Share

        3 comments
        1. Apakah ada info mengenai earning miles melalui partnership ini (seperti ANA)? Atau hanya sebatas “penggandengan maskapai” seperti perihalnya SQ dan Qantas?

        2. Sebetulnya dulu sudah buka rute doha ini sekitar tahun 200an awal itu ada rute ke doha karena mungkin dulu banyak TKI , tapi ntah apa rute ini bisa sustain kalo ga codeshare dengan qatar airways yg diterapkan malaysia airlines di rute yg sama

        Tinggalkan Balasan

        Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

        Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.