DEAD: Trik Stopover Alaska Miles Intra Asia

Rp 8 juta untuk tiket pulang pergi Business Class Japan Airlines ke Jepang mungkin terdengar sangat murah dan tidak mungkin bisa ditemukan. Namun, hal tersebut nyatanya bisa dilakukan dengan trik pembelian miles Alaska.

Belum lagi dengan kabar baik ditambahkannya Singapore Airlines sebagai award partner redemption Alaska beberapa waktu lalu. Mulai dari pertama kali saya kenalkan kepada Anda semua, trik stopover Alaska miles ini tentunya merupakan salah satu topik hangat di PinterPoin.

Sayangnya, trik atau sweet spot tersebut kini telah dihilangkan oleh Alaska selamanya. Hal tersebut bisa dikonfirmasi dengan penambahan peraturan baru untuk award intra Asia.

10. Stopovers are not available on Intra- Asia award redemptions.

Stopover tidak bisa dilakukan untuk penerbangan intra Asia saja. Artinya jika Anda terbang ke atau dari zona lain seperti Amerika, maka stopover masih bisa dilakukan.

Alaska Japan Airlines
25.000 miles Alaska masih bisa Anda tukarkan untuk Business Class Japan Airlines ke Jepang, namun hanya untuk one way. Foto: Edwin S.

Bagi Anda yang Sudah Memiliki Issued Ticket

Saya sendiri sudah memiliki issued ticket Japan Airlines dan tiket tersebut sejauh ini tetap utuh. Saya sudah menghubungi pihak Alaska untuk memastikan, namun belum mendapat balasan sejauh ini.

Saya pribadi 99% yakin jika tiket tersebut akan di-honor oleh Alaska.

Bagi Anda yang Terlanjur Membeli Miles

Anda tetap bisa menukarkan 25.000 miles Alaska untuk penerbangan Business Class Japan Airlines ke Jepang. Hanya saja, jumlah miles tersebut kini hanya bisa ditukarkan untuk 1 penerbangan one way saja.

25.000 miles untuk one way Business Class Japan Airlines tidaklah buruk. Dengan promo bonus 50% seperti biasa, Anda akan membayar sekitar Rp 8 juta untuk 1 tiket one way Business Class ke Jepang. Harga tersebut masih tergolong murah dibandingkan jika Anda harus membeli tiket dengan uang.

Untuk tanggalan low season saja, tiket serupa dihargai Rp 28.476.200 sekali jalan per orang. Tentunya membeli miles Alaska untuk penerbangan ini masih masuk akal bagi sebagian orang.

Tiket one way Business Class Japan Airlines tetap lebih murah jika dibeli dengan Alaska miles.

Untuk Singapore Airlines, Anda masih bisa menggunakan miles Alaska untuk situasi yang lebih menguntungkan ketimbang KrisFlyer seperti:

  • Jakarta – Singapore – Shanghai (Suites) – 35.000 miles Alaska v.s. 53.000 KrisFlyer miles

UPDATE: Sepertinya China sudah dimasukkan ke zona yang sama dengan Jepang dan Korea (60.000 miles Business Class dan 75.000 miles First Class/Suites).

Namun harga 35.000 miles untuk one way First Class/Suites Singapore Airlines sejauh ini masih bisa ditemukan. Segera lakukan booking untuk mengamankan harga award lama tersebut!

China kini masuk ke zona yang sama dengan Jepang dan Korea. Namun, untuk sementara waktu, harga award ke China masih sama dengan South East Asia. Segera tukar miles sebelum harga disesuaikan!

Resiko Sweet Spot

Tentu saja trik seperti ini akan merugikan pihak Alaska yang notabene harus membayar Japan Airlines atau Singapore Airlines untuk 2 penerbangan (atau lebih). Saya sadar betul jika trik ini cepat atau lambat akan dihilangkan ketika menjadi terlalu populer.

Dilema Blogger

Saya sadar juga dengan membagikan trik seperti ini, saya akan kehilangan sebuah sweet spotย yang tadinya hanya diketahui oleh segelintir orang.

Namun, sudah menjadi janji dan misi dari PinterPoin untuk membantu Anda lebih memahami dan bisa mendapat keuntungan dari frequent flyer program dan loyalty program lain. Saya ingin agar pembaca saya bisa belajar dan memahami betapa menariknya dunia poin dan miles.

Tentunya ini merupakan sebuah berita yang menyedihkan bagi saya dan bagi Anda yang belum sempat memanfaatkan trik ini.

Selamat bagi Anda yang sudah pernah memanfaatkan trik ini.

Apakah Anda sudah sempat menukarkan miles Alaska untuk trik stopover?

H/T: Refky & Yosua

Share
48 comments
  1. saya juga memiliki 4 tiket yang sudah di issued dan mudah-mudahan tidak di cancel. sayangnya, di award chart yang baru, China sudah satu kelompok dengan Jepang sehingga tidak seharga 35k lagi meskipun saat saya coba, sejauh ini masih mengikuti award chart yang lama. well, it was fun while it lasted.

    1. Saya sangat setuju dengan Bapak Christopher, Pinterpoin seharusnya tidak terus menerus memposting sweet spot Alaska miles ke Jepang dengan mengekspose harga Rp 8 juta dst.

  2. Saya ada 3 ticket di may 2020. Keep my fingers crossed di honour sama JAL. Apalagi Japanese corporation biasa Lebih menjaga honour Dan muka Mereka.

    Untung Juga tidak stock. Karena biasa Singapore Airlines PP Jakarta – Tokyo Itu hanya 18jt-20jt untuk ticket off peak BUSINESS CLASS biasanya bulan 10-11 Dan bulan 5-6.

    Itu 4 x naik business Dan walaupun saya pribadi gak pernah naik JAL sky suites Tp SIA 777-300ER/787-10 new business class udh Lebih Dr cukup Bagus. Udah Itu Bisa Nikmatin 2x silverkris lounge di Singapur (walaupun sementara lagi renovation)

    Jadi bagi saya alaskan miles truly dead buat penerbangan ke jepang sementara. Kalau buat ke US Dll masih worth it sih ya.

    1. Jon,

      Saya pribadi sih cukup yakin kalau tiket akan tetap di honor. Fingers crossed indeed.

      Untuk ke US memang masih atraktif, terutama di First Class Cathay & JAL.

  3. Sayang ya, krn trik stop over ini sudah menjamur di you tube pun di jelaskan triknya. Saran saya utk kedepan, pinter poin bikin exclusive aja, misal utk murid, member atau kalangan terbatas pinter poin aja. Jd hanya member yang boleh tahu rahasia nya hehe

  4. Hopefully mereka gak cancel existing booking. Booked a family trip with this trick and really looking forward to it!

    Gara-gara fiasco SQ booking kemarin nih kayaknya jadi mereka berbenah

  5. Waduh, dah punya 6 tiket ke Tokyo di April.
    Hotel semua dah dibooked jg. Semoga mereka benar2 honor yang sebelumnya ya. Kalo ga bakal repot bgt.

    Makasi PinterPoin, keep sharing ya..

  6. Kalau kita beli tiket pake miles, dan pembayaran hanya utk tax and surcharge dll pake kartu yg ada fitur travel medical insurance, apakah insurance nya berlaku? Apa harus pembayaran tiket full tanpa menggunakan miles? Thanks

  7. Saya punya 60,000 stock miles yang blm sempat issue ticket. Bisa tolong suggest what is the best deal?
    Honestly sy shock dengan berita ini. Jadi bingung sekarang….

  8. Not surprising. Sebenarnya sudah punya strong feeling kalau Alaska bakal merubah sweet spot ini karena sebelum nya mereka juga sudah noticed member dari Indonesia yang redeem 9 tiket dengan nama berbeda, tujuan berbeda dan di block membershipnya sama Alaska dengan alasan fraud. Ditambah dengan Pinterpoin terus mem-posting soal sweetspot ke jepang ini, terlalu banyak org indonesia yang membeli dan menukar sweetspot ini, ga heran kalau mereka merubah term and condition mrk. Karena terlalu obvious.

    Sebagai masukan, mungkin akan lbh baik kalau Pinterpoin cukup sekali sharing untuk sweetspot dan cukup share berapa miles yang diperlukan tanpa harus menulis brp harga tiket kalau diconvert ke rupiah. Biarkan readers untuk mengolah info yang sudah diberikan dan dengan sendiri mencari info lebih lanjut.

    1. Saya sangat setuju dengan Bapak Christopher, Pinterpoin seharusnya tidak terus menerus memposting sweet spot Alaska miles ke Jepang dengan mengekspose harga Rp 8 juta dst.

      1. Dari onemileatatime dan info nya sdh dari beberapa bulan yang lalu. Yang pasti, soal sweetspot ini dan orang indonesia yang membuka account dan langsung beli miles terus ditukarkan untuk tiket ke jepang ini sudah berapa dalam radar Alaska.

        1. Beberapa bulan lalu?

          Mungkin gak ya loophole Alaska Air ini mendadak viral gara2 kasus Riuz dan Garuda?

          Klu gak salah followers IG nya Riuz mendadak bertambah waktu lagi kasus & trik Alaska ini InstaStory nya ada di PP nya.

          ๐Ÿ™‚ saya nggak bermaksud menyalahkan Riuz, tapi ini termasuk dalam poin saya bahwa bloggers sebaiknya menahan diri untuk tidak berulang-ulang mempopulerkan suatu loophole. Cukup ke pembaca setianya aja.

    2. Saya juga setuju sekali. Kadang berasa seolah blogger mencari traffic tambahan tapi dengan itu malah merusak kesempatan bagi mereka yg mempelajari/menekuni lebih dalam

      1. Saya pikir tidak masalah lah yang namanya berbagi.. PinterPoin berbagi ilmu dan info kan untuk semua.. menurut saya cukup egois bagi pihak yang sudah mengambil keuntungan dari info yang diberikan pinterpoin, tetapi sekarang malah balik menyalahkan PinterPoin..

    3. Menurut blog One Mile at a Time memang Alaska sudah melaporkan terjadinya fraud di penukaran award yang intra asia. Kayaknya selain dari Indonesia, banyak juga orang dari China yang malah memperdagangkan award ini.

      Ditambah lagi waktu SQ mulai bisa di-book lewat Alaska, tambah banyak lagi yang mencari kesempatan.

      Kelewatan nya Alaska melakukan penghapusan stopover dan devaluasi miles untuk SQ sesudah memberikan promo diskon pembelian milesnya.

      So sepertinya bloggers memang harus lebih menahan diri dalam mencari followers tambahan dengan tidak mengulang-ulang posting tentang sweet spot yang sama, karena pada akhirnya akan banyak followers yang rugi.

      1. Ya. Dari pengalaman saya dengan airlines loyalty programs kalau sudah terlalu banyak yg redeem awards mereka dan over exposed, devaluation pasti akan menyusul tidak lama lagi. Contoh, dulu Krisflyer 15% off untuk online redemption tapi dengan semakin banyak yg menukar, akhirnya di devalued dan 15% ditiadakan. Setahun berikutnya, didevalued lagi. Begitu juga dengan Asiamiles tahun lalu.

        Airlines sebenarnya tidak terlalu senang banyak org yg meredeem awards mrk krn tiket2 yg di redeem harus mrk bayar. Karena memang redemption itu sebenarnya ditujukan untuk exclusive. Dan saya setuju dengan terlalu di expose info seperti kasus Alaska di Pinterpoin, ini merugikan members khususnya yang aktif menekuni rewards updates karena info yg dibagikan menjadi sangat umum untuk public. Readers juga harus dibiasakan untuk aktif mencari info lebih lanjut dengan sendirinya tanpa berulang kali diexpose info2 nya

  9. barusan cek status booking-an di websitenya JAL, masih berlaku nih booking-an gua buat Desember besok. semoga pas mau jalan masih ada ya *minta doain Ibunda

  10. Dear Vincent,

    Terima kasih untuk update nya, wkt itu kita ketemu di acara loyalhackers. Saya sebenarnya sudah beli 60rb miles. Sangat kecewa juga nih karena belum sempat booking ticket JAL business class dan rencana emang mau dipakai untuk tahun depan October utk melihat autumn di Jepang. Saya tadinya mau booking, tapi belum bisa untuk Oct 2020. Kalau 1 way 25rb miles ke Jepang sebenarnya jadi tidak menarik, karena ticket promo business ke Jpg itu harganya 15-16 jt round trip. Jadi kalau dibandingkan dgn AlaskaMiles, ya hampir sama. Sebenarnya pengen coba first class CX ke USA, tapi selama ini saya check, first class tidak pernah muncul, business class pun jarang sekali. Mudah2an ada sweetspot yang lebih baik.

      1. buat yang udah tau sweet spot Alaska juga dapetnya dari PinterPoin, pake saranin jangan kasih sweet spot info, ketahuan banget kalau cuman orang2 sirik dan iri hahaha
        tetep maju terus PinterPoin!

        1. Setuju AP. Mereka tau sweet spot ini dari PP, kok minta jangan dishare ke yg lain..

          Bikin membership aja deh biar fair. Asal jangan mahal2 hehe.

          Keep up the good work PP!

        2. Komen yg ga mendasar. Apa nya yang perlu disirikin dan iri? Sepertinya anda berdua terlalu jumped to conclusion yang tidak berdasar. Saya juga bisa bilang bagi yang marah dan sensi dengan masukan yang lain untuk tidak membagi info sweetspot sampai menjamur adalah orang malas yang tidak bisa mempelajari dan mengumpulkan informasi. Istilah pendeknya, harap gampang ๐Ÿ™‚

        3. Mendasar kok. Lagipula spirit PP kan memang utk memberikan informasi utk SEMUA, termasuk bagi mereka2 yg anda bilang malas atau tdk bisa mempelajari informasi?

          Makanya, PP bikin membership saja. Untuk orang2 malas dan kaum “harap gampang”, mereka bayar lebih utk dapat informasi. Dan bagi yg merasa bisa mendapat informasi sendiri, ya tidak perlu langganan. Mungkin fair utk semua.

          Btw, saya juga termasuk yang beli alaskamiles dan sebetulnya “dirugikan” dgn hilangnya stopover ini.

          Again, thank you dan maju terus PinterPoin!

        4. Sebenarnya PP memberikan info untuk semua sih sah2 saja. cuman penyalah gunaan karena sweetspot dipakai untuk bisnis, bukan untuk hematin perjalanan sendiri.
          dari Alaska seharusnya memberikan obstacle yg lebih mengena ke orang yang menjual BIZ class JAL. mungkin dari orang tersebut harus travel.
          untuk orang indonesia yang 9 tiket PP JAL BIZ dan waktu keberangkan yang berbeda terkesan redeem and sell ke orang lain yang tidak ada hubungannya. kalo itu family sendiri, gampang jelasinnya. kalo itu jual ke pihak lain, gawat tuh tanggung jawabnya ke buyer
          too good a deal will not last
          saya salah satu yang nyangkut di mileage plan. hari ini di kreditkan 10.000 + 20%, besok stopovernya di tiadakan

        5. Terima Kasih PinterPoin atas Info yang diberikan selama ini yang mungkin sudah membuat banyak orang merasakan pertama kalinya naik pesawat bisnis class maupun first class.. keep the good work!!!

        6. Thanks PinterPoin yang sudah bersedia berbagi ilmu.. kalau menurut saya this trick is dead karena sudah terlalu banyak orang yang memanfaatkan loophole ini. Awalnya bisa dibilang hanya segelintir orang yang mengetahui trick ini.. segelintir orang yang benar2 paham milleage.. namun setelah trick ini di expose oleh rius yang followernya banyak.. trick ini jadi terbuka.. bahkan orang2 awam yang sebelumnya buta miles jadi ikutan melek juga.. well sadly i think thats part of the reason that this trick is dead now

    1. CX award nggak bisa dicari online lewat web AS. Harus pake web lain seperti BA, jika menemukan pemesanan dilakukan lewat telepon ke tim AS.

    2. Setuju. Promo business class return harga berkisar 18 juta. Rugi sebenarnya dengan membeli miles dan ditukarkan secara dengan beli harga full, kita sebenarnya mendapat at least 100% miles dari airlines nya langsung dan bisa mengumpulkan membership poin untuk status di airlines tsb

      1. Menurut saya bukan kesalahan blogger. Memang tugas mrk untuk bantu menberikan tips and tricks so we Can travel more for less. Hanya saja beberapa PEMBACA bisa saja menyalahgunakan apa yang mereka baca untuk jadi alat dagang.

        Well I just saw an article di web sebelah mengenai fraud pembelian Alaska miles. Orang indo pula, beli 9 tiket dengan nama berbeda2 dalam SATU transaksi (150,000 + 50% bonus = 225,000) menggunakan JAL stopover trick ini. Yah ofcourse langsung di blok sama pihak Alaska. Marah2 pula lg katanya sudah pesan hotel dll, dan parahnya ngaku keluarga sendiri awalnya (tapi kenapa nama belakang beda beda)

        Yang sudah telanjur ya biarkan lah. But i agree with the comments above untuk bikin content berupa subscription fee. Gunanya untuk menyaring pembaca yang benar2 tulus dan yang tidak. Karena biasanya yg ngedagang beginian ini yang kurang duit makanya bisa aja lho kreatif amat.

        A telegram account would be great to begin with. Kaya join grup saham di telegram aja yang berbayar lebih bagus hasil tradingnya dsripada yang grup gratisan . And anyway PinterPoin is my favoruite travel blog website. Konten nya bagus dan critical banget. I dont mind paying extra for something that would save me lots of money. You deserve an extra revenue from our readers .Keep it up! Dont give up on us!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea