Mungkin Anda sudah mengetahui tentang adanya trik membeli tiket pesawat business class Japan Airlines pulang pergi ke Jepang dengan harga Rp 7 – 9 jutaan (menghitung pajak & biaya dan tergantung besarnya promo bonus miles).

Trik tersebut biasanya disebut dengan istilah “Sweet Spot”, yang memiliki artian sebagai kesempatan penukaran miles/poin yang menguntungkan dan kemungkinan besar akan dihilangkan setelah menjadi terlalu populer.

Setelah menerima banyak sekali pertanyaan dari pembaca, saya merasa jika mungkin artikel sebelumnya agak sulit untuk dipahami. Oleh karena itu, kali ini saya akan menjelaskan dengan rinci cara dan langkah untuk menggunakan trik Alaska MileagePlan ini berdasarkan pertanyaan-pertanyaan dari pembaca.


Punya pertanyaan? Anda bisa klik disini untuk menuju ke laman Frequently Asked Questions (FAQ) yang berisikan pertanyaan-pertanyaan yang pernah ditanyakan oleh pembaca lain.


Poin-poin yang akan saya bahas:
  • Perkenalan: Alaska MileagePlan
  • Mendaftarkan Diri Menjadi Anggota Alaska MileagePlan
  • Membeli Miles Alaska & Kapan Harus Membeli?
  • Cara Mencari Penerbangan

Business class Japan Airlines di pesawat Boeing 767. Foto oleh Erika.


Perkenalan: Alaska MileagePlan

Alaska MileagePlan adalah program membership dari maskapai asal Amerika Serikat yaitu Alaska Airlines. Jika Garuda Indonesia memiliki program membership bernama GarudaMiles yang mungkin Anda pernah dengar, maka Alaska Airlines memilki Alaska MileagePlan.

Sama halnya seperti program membership maskapai pada umumnya, Anda bisa mengumpulkan & menukarkan miles Alaska untuk berbagai hal, salah satunya adalah terbang dengan maskapai rekanan dari Alaska Airlines seperti Japan Airlines & Cathay Pacific.ย Klik disini untuk melihat daftar lengkap maskapai rekanan Alaska Airlines.


Cara Mendaftarkan Diri Menjadi Anggota Alaska MileagePlan

Sebelum bisa membeli miles Alaska, Anda harus sudah terdaftar menjadi anggota. Siapa saja bisa mendaftar menjadi anggota Alaska MileagePlan secara gratis, termasuk warga negara Indonesia.

Klik disini untuk mendaftar menjadi anggota Alaska MileagePlan.

Satu hal yang sering ditanyakan perihal pendaftaran anggota baru adalah kolom “Primary departure city“. Meskipun Anda sudah memilih Indonesia sebagai negara tempat tinggal, pilihan kota yang tersedia hanya terdapat di Amerika Serikat.

Anda tidak perlu khawatir dengan pertanyaan ini karena Anda bisa memilih kota apa saja secara acak, Alaska hanya akan menggunakan informasi tersebut untuk mempercepat pencarian penerbangan Anda kelak.


Membeli Miles Alaska & Kapan Harus Membeli?

Setelah menjadi anggota, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membeli miles Alaska untuk kemudian ditukarkan dengan penerbangan Japan Airlines atau maskapai lain.

Anda bisa membeli miles Alaska kapan pun Anda mau, namun saya sarankan Anda untuk membeli pada saat sedang diadakan promo bonus miles. Anda bisa klik disini untuk menuju ke laman pembelian miles Alaska.

Secara historis, Alaska umumnya akan rutin mengadakan promo bonus pembelian miles beberapa kali dalam setahun. Biasanya bonus yang ditawarkan bervariasi dari 40% hingga 50% yang merupakan promo terbaik yang bisa Anda temui.

Kebetulan, saat ini Alaska sedang mengadakan promo pembelian miles terbaiknya: Hingga 19 Mei 2019: Promo Terbaik Bonus 50% Miles Alaska!

75.000 miles yang dihargai Rp 21 juta, cukup ditukarkan untuk 3 tiket PP ke Jepang di business class Japan Airlines!

Mengasumsikan Anda tidak memiliki status elite dengan Alaska Mileage Plan (MVP, MVP Gold, dan MVP Gold 75k), maka pembelian miles akan dibatasi hinggaย 150.000 miles (termasuk bonus) per akun per tahun.

Perlu diketahui jika membeli miles Alaska adalah 100% legal/resmi. Anda tidak perlu khawatir akun Anda diblokir karena miles ini dijual secara resmi oleh Alaska bekerjasama dengan points.com selaku penyedia layanan.

Tips: Nama di kartu kredit yang digunakan untuk membeli miles harus sama dengan nama pemilik akun Alaska MileagePlan.


Cara Mencari Penerbangan

Pencarian penerbangan yang akan dibahas pada artikel ini adalah penerbangan Japan Airlines pulang pergi ke Jepang. Cara mencari penerbangan maskapai lain seperti Cathay Pacific akan dibahas secara terpisah pada artikel lain.

Beberapa pembaca mengalami kendala dalam mencari penerbangan Japan Airlines karena melewatkan beberapa detil kecil. Anda hanya perlu mengikuti secara persis langkah-langkah pencarian yang saya lakukan berikut ini:

  • Buka website alaskaair.com
  • Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih “All search options”

  • Selanjutnya Anda harus mencentang pilihan berikut:
    • “Multi-city”
    • “Use miles”

  • Cari rute penerbangan yang Anda inginkan

Rute penerbangan yang Anda cari harus dilayani secara langsung oleh Japan Airlines. Sayangnya, satu-satunya penerbangan Japan Airlines ke Indonesia adalah melalui Jakarta. Jika Anda berdomisili di kota lain seperti Surabaya, Medan, Bali, dsb, Anda harus melakukan positioning flight ke Jakarta.

Berikut adalah contoh rute yang bisa Anda lakukan:

  • Jakarta (CGK) – Tokyo (TYO) – Kuala Lumpur (KUL)
  • Jakarta (CGK) – Tokyo (TYO) – Singapore (SIN)
  • Jakarta (CGK) – Tokyo (TYO) – Bangkok (BKK)
  • Bangkok (BKK) – Osaka (KIX) – Tokyo (TYO) – Jakarta (CGK)

Contoh rute penerbangan tersebut bisa Anda balik, contoh: Anda bisa terbang Kuala Lumpur (KUL) – Tokyo (TYO) – Jakarta (CGK).

PENTING: Anda tidak bisa terbang kembali ke kota/negara asal karena akan terhitung sebagai “Round-trip”.

“Sweet Spot” dari trik ini adalah menjadikan Jepang sebagai tempat untuk “transit” atau lebih tepatnya stopover. Sistem di Alaska akan menganggap bahwa tujuan akhir Anda adalah Kuala Lumpur atau kota lain pilihan Anda.

Alaska Airlines memiliki kebijakan stopover (pemberhentian sementara di tempat transit lebih dari 24 jam) yang menurut saya sangat generous. Anda bisa melakukan stopover secara gratis hingga 364 hari.

Berikut adalah contoh pencarian yang saya lakukan untuk Jakarta (CGK) – Tokyo (TYO) – Kuala Lumpur (KUL) untuk tanggal keberangkatan 1 Desember 2019 dan tanggal kembali 7 Desember 2019:

  • Pilih jadwal penerbangan yang Anda inginkan

Anda bisa terbang di economy class atau business class. Namun saya sarankan untuk memesan business class karena harga tiket economy class tidak berbeda jauh jika dibayar langsung dengan uang.

Alaska menganggap jika tujuan akhir Anda adalah Kuala Lumpur. Anda hanya memerlukan 25.000 miles (aslinya 50.000 miles) dan biaya/pajak sebesar US $61.10 per orang untuk penerbangan “hampir” pulang pergi ini.

Total biaya yang Anda keluarkan untuk membeli tiket tersebut kurang lebih adalah Rp 7,8 jutaan per orang!

Harga tiket aslinya? Rp 70 juta!

Tips: Anda diberikan waktu selama 24 jam sejak pembelian tiket ini untuk membatalkan tiket Anda.


Jika Anda mengikuti langkah-langkah diatas, maka Anda seharusnya akan berhasil untuk mendapatkan tiket business class Japan Airlines ke Jepang dengan harga di kisaran Rp 7 – 9 jutaan. Tentunya harga akan bervariasi tergantung pada:

  • Besarnya promo bonus miles yang Anda dapatkan. Tentu saja total biaya yang Anda keluarkan akan semakin murah jika Anda membeli miles dengan promo 50% v.s. 40%.
  • Rute yang Anda pilih, beberapa airport menerapkan biaya/pajak yang lebih besar

Semoga panduan ini bisa Anda manfaatkan untuk terbang dengan mewah dan nyaman ke Jepang! ๐Ÿ™‚