Citi PremierMiles Menambahkan Kategori Baru untuk Transaksi dengan Bonus Poin

Kartu kredit Citi PremierMiles menambahkan kategori transaksi baru yang berhak mendapatkan bonus Citi Miles.

Menariknya, kategori ini cukup luas sehingga apabila Anda bisa memanfaatkannya dengan maksimal, maka earning rate dari kartu kredit ini bisa naik dengan sangat drastis.

Berdasarkan informasi dari website Citi Indonesia, Anda bisa mendapatkan bonus 500 Citi Miles dengan minimum akumulasi transaksi sebesar Rp5.000.000,- setiap bulannya (tidak berlaku kelipatan) untuk transaksi pada kategori dibawah ini:

  • Supermarket
  • Asuransi
  • Transportasi
  • Utilitas (1Bill)
  • Entertainment
  • Pembayaran membership fitness/gym
  • Travel
  • Hotel
  • Maskapai penerbangan
Dapatkan bonus Citi Miles untuk transaksi pada kategori yang sudah ditentukan

Program ini berlaku hingga 31 Agustus 2021 mendatang.


Cara Memanfaatkan

Dikarenakan program ini tidak menawarkan bonus Citi Miles untuk kelipatan transaksi, maka idealnya Anda hanya akan mau bertransaksi tepat sebesar 5 juta Rupiah pada kategori yang sudah ditentukan untuk bisa memperoleh bonus 500 Citi Miles.

Berikut perhitungannya:

  • Transaksi 5.000.000 Rupiah pada kategori non-bonus = 571 Citi Miles 
  • Transaksi 5.000.000 Rupiah pada kategori bonus = 571 Citi Miles + 500 (bonus) Citi Miles

Oleh karena itu, earning rate dari kartu kredit ini akan menjadi sebagai berikut:

  • Transaksi pada kategori non-bonus = 1 Citi Miles per transaksi 8.750 Rupiah
  • Transaksi pada kategori bonus = 1 Citi Miles per transaksi 4.668 Rupiah

Baca juga: Review Kartu Kredit Citi Premier Miles

Baca juga: Review Kartu Kredit Citi Prestige


Syarat & Ketentuan

Berdasarkan S&K yang saya kutip dari website Citi Indonesia diatas, terdapat beberapa poin yang mungkin perlu Anda perhatikan Anda seksama:

  1. Dari poin (C), bisa disimpulkan bahwa program ini adalah all in or nothing dalam artian jika Anda sudah bertransaksi pada kategori bonus namun tidak mencapai 5.000.000 Rupiah, maka Anda tetap tidak akan memperoleh bonus 500 Citi Miles
  2. Dari poin (D), dapat diketahui bahwa transaksi pembayaran tagihan (bill payment) yang diperhitungkan hanyalah trasanksi yang didaftarkan pada Citi 1Bill. Pembayaran tagihan melalui marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, BliBli, dan sebagainya tidak akan diperhitungkan sebagai transaksi yang eligible.
  3. Dari poin (E), transaksi yang dilakukan pada kartu tambahan juga akan diperhitungkan sebagai transaksi yang eligible untuk memperoleh bonus Citi Miles
  4. Dari poin (H&J), transaksi yang diubah menjadi cicilan tidak akan memperoleh Citi Miles namun masih eligible memperoleh bonus Citi Miles

Baca juga: Program Free Starbucks Citi PremierMiles


Penutup

Program bonus poin dari Citi PremierMiles yang sangat menarik jika Anda bisa memanfaatkannya dengan bijaksana. Terutama untuk transaksi pada kategori asuransi dan pembayaran tagihan, saya bisa membayangkan segudang implikasi cara memperoleh bonus poin pada kartu kredit ini 🙂

Satu-satunya kekurangan dari program ini hanyalah transaksi yang diperhitungkan tidak berlaku kelipatan.

Setelah bertransaksi tepat 5 juta Rupiah pada kategori yang sudah ditentukan, Anda lebih baik menggunakan kartu kredit lain untuk mengumpulkan poin maupun airline miles.

.

Apa pendapat Anda mengenai kategori transaksi dengan bonus poin pada kartu kredit Citi PremierMiles ini? 

Share
15 comments
    1. Mdrn,

      Seharusnya tidak dihitung karena perhitungan final bergantung pada billing statement kartu kredit tersebut di mana trx kartu kredit utama dan tambahan akan dijadikan satu perhitungan.

  1. @mdrn : asuransi dan supermarket termasuk kategori yg ditentukan jadi ya dapat bonus miles nya. Asal keduanya dalam 1 periode penagihan.
    @ Edwin : buat saya yg kurang telas apa yg termasuk transportasi (apakah taxi/kereta api atau kalau beli BBM / servis kendaraan di bengkel termasuk?) dan juga yg entertainment itu apa saja, munken bisa diperjelas?
    Hari ini saya dapat sms dari Citibank : Kejutan Bonus Citi Mies! Hanya 21Sep-31Okt20, nikmati 4x Citi Miles utk semua tre Anda dg Kartu Kredit Citi PremierMiles. S&K. Info: http://www.citibank.co.id/4xmiles

    1. Tjahjono,

      Setiap transaksi di EDC tertentu biasanya memiliki merchant code tersendiri untuk dianggap apakah transaksi tersebut masuk pada kategori transportasi/entertainment, dan sebagainya. Kebetulan saya harus akui juga bahwa Citi kurang jelas dalam hal ini.

      Tapi transportasi yang dimaksud mungkin adalah transaksi pada merchant kategori seperti pembelian tiket kereta api, tiket pesawat, taksi dan sebagainya. Kalau BBM biasanya ada kategori sendiri namanya ‘gasoline/petrol’. Kalau servis kendaraan….. saya jujur tidak tahu tapi rasanya nggak masuk deh.

      Dan untuk promo 4x citi miles tersebut… memang sangat luar biasa!!

    2. Baru clarify ke citibank. Untuk transportasi taxi, pembelian BBM tidak termasuk. Yang termasuk pembelian tiket, hotel, transaksi di website airlines, travel agent. Untuk hiburan contohnya bioskop dan pembayaran gym membership (seperti Fitness First misalnya).

  2. Kejar promo 4x point multiplier dl sampe 31 oct 2020, baru selebih nya sampe 31 aug 2021 kejar bonus point ini wkwkwkwk by the time bisa bebas travel lagi uda kekumpul mileage nya 😉

  3. Uda ku hitung kalo promo bonus 500 miles ini setara dengan kurang lebih 1.875x, sedangkan promo yang satu lagi 4x wkwkwkwk

  4. Edwin,

    Berarti autodebet asuransi yang masuk tagihan citi premiermiles, akan diperhitungkan ya? Baik dapat miles reguler, maupin extra 500 nya?

  5. Saya dapat sms bahwa program promo ini ada lagi dari 15 September 2021 – 31 Maret 2022. Tetapi sekarang transaksi minimal Rp 10 juta dapat bonusnya 500 miles dibandingkan sebelumnya hanya Rp 5 juta untuk bonus 500 miles.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea