Cerita kali ini berasal dari….. saya sendiri. Berasal dari kejadian kesalahan menakan link (atau mungkin memang system error dari pihak HSBC), saya mengalami kejadian kurang menyenangkan ketika mendaftar program point multiplier pada kartu kredit HSBC Premier saya beberapa saat yang lalu.

Untungnya, masalah ini terselesaikan walaupun saya harus dihinggapi rasa khawatir untuk beberapa hari. Berikut adalah kisah lengkapnya:

Bermula dari email blast promo HSBC extra rewards points ataupun extra cash back via email, saya mendaftarkan kartu kredit HSBC Premier saya pada program ini. Mungkin karena tidak terbiasa dikarenakan promo HSBC sebelumnya selalu harus didaftarkan melalui SMS, maka saya mungkin salah menekan tombol ataupun salah registrasi (atau mungkin kesalahan dari sistem HSBC) sehingga entah kenapa beberapa hari kemudian promo yang dikonfirmasi melalui SMS adalah promo extra cash back alih-alih point multiplier

SMS pertama yang menyatakan bahwa saya mendaftar pada program CASHBACK

Disini saya mulai panik karena saya cukup yakin mendaftar pada program MULTI (multiplier) alih-alih cashback. Saya sempat berkonsultasi dengan banyak orang seputar hal ini termasuk pada pembaca PinterPoin yang juga menjadi teman saya dan untungnya terdapat seorang pembaca yang ternyata pernah mengalami masalah serupa di masa lalu. Dari informasi beliau, saya bisa melakukan revisi pendaftaran program HSBC dengan cara menghubungi pihak Phone Customer Service (CS) HSBC di 1500 700 dan meminta mereka mengganti program saya dari cashback menjadi multiplier, sesimpel itu.

Beliau juga memberikan saran bahwa saya sebaiknya berbicara dengan CS yang kompeten dan mengerti betul dalam rangka menghemat waktu dan pulsa. Oleh karena itu, Jika Anda menemui CS yang mengatakan bahwa mereka tidak bisa/tidak tahu caranya mengganti program terdaftar, Anda lebih baik menutup telepon Anda dan menghubungi kembali pihak HSBC dan berharap Anda tidak akan memperoleh CS yang sama 😉 Pembaca lain juga menyarankan saya untuk menelepon pihak HSBC pada pagi/siang hari dikarenakan pada saat itu biasanya CS-nya lebih kompeten.

Saya cukup beruntung karena pada percobaan pertama, saya langsung ditangani oleh CS yang sangat kompeten bernama Pak Rindu. Meskipun memiliki nama yang cukup unik, Pak Rindu dengan cepat memahami masalah saya dan memberikan solusi berupa revisi program terdaftar dan menjanjikan solusi dalam waktu sekitar 5 hari kerja kedepan. Beliau juga mengatakan bahwa tidak perlu dibuatkan nomor laporan karena ini adalah masalah ‘kecil’ menurut beliau.

Jadi menunggulah saya selama 5 hari. Ternyata, di harga ketiga, saya sudah memperoleh SMS sebagai berikut:

Dan di hari itu juga, Pak Rindu menghubungi saya untuk menyampaikan berita baik bahwa program saya sudah efektif diganti dari cashback menjadi multiplier. Saya berterima kasih banyak dan berjanji akan merekomendasikan beliau jika ada teman saya yang mengalami masalah serupa ketika mendaftar program promosi dari HSBC.


Baca juga: Promo HSBC 8x Multiplier Periode Januari & Februari 2021

Baca juga: Review Kartu Kredit HSBC Premier MasterCard


Penutup

Berkaca dari pengalaman pribadi saya, berikut adalah beberapa rekomendasi agar Anda tidak mengalami masalah yang serupa dengan saya dan bagaimana mengatasinya apabila memang sudah terjadi:

  1. Anda lebih baik mendaftar promosi HSBC melalui SMS yang mana kemungkinan terjadi kesalahan pendaftaran jauh lebih kecil dibandingkan dengan mendaftar secara online
  2. Jika Anda memang ingin mendaftar secara online, pastikan bahwa Anda membaca dengan detail deskripsi yang ada dan pastikan link yang anda akses adalah link yang benar termasuk pada kode promosi yang tercantum. Pastikan juga bahwa koneksi internet Anda tidak akan terputus tengah jalan.
  3. Katakan Anda sudah terlanjur salah mendaftar dan mengalami problem yang serupa dengan saya, maka solusinya adalah menghubungi pihak Phone Customer Service HSBC dan mencari CS yang kompeten. Anda bisa menilai apakah dia kompeten dan mengerti dari gaya bicara dan dia meng-handle masalah tersebut dan memberikan solusi.

Promo HSBC Premier 8x point multiplier adalah promo yang menarik

Singkat kata, saya harap Anda tidak melakukan kesalahan seperti saya dan apabila sudah terjadi sekalipun, saya berharap cerita penulis ini bisa memberikan solusi untuk Anda 🙂

.

Apakah Anda sudah terdaftar pada program point multiplier dari HSBC?