Pada bulan Juli 2020 lalu, Garuda Indonesia mengeluarkan promo bonus 50% pembelian GarudaMiles yang aslinya dijadwalkan berakhir pada 31 Juli 2020. Promo tersebut kini kembali diperpanjang hingga 31 Agustus 2020.

Menariknya, Garuda kini meningkatkan limit pembelian miles dari 50.000 menjadi 100.000 GarudaMiles per akun/tahun. Mungkin Garuda melihat promo ini sebagai kesempatan yang baik untuk memperoleh cash di situasi sulit ini.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, membeli miles merupakan salah satu cara untuk mendapatkan miles secara cepat dalam jumlah signifikan. Jika dimanfaatkan dengan benar (contoh: pembelian miles Alaska), maka seringkali kita bisa memanfaatkan arbitrary opportunity atau bisa membeli tiket dengan harga murah.

Namun apakah promo dari Garuda Indonesia ini layak untuk dipertimbangkan? Mari kita bahas lebih lanjut.

GarudaMiles Bonus 50%

Dapatkan bonus 50% untuk pembelian GarudaMiles.

PENAWARAN SPESIAL BONUS 50% UNTUK PEMBELIAN GARUDAMILES

Dapatkan bonus miles sebesar 50% untuk setiap pembelian GarudaMiles di seluruh kantor penjualan Garuda Indonesia atau melalui Contact Center. Penawaran spesial ini berlaku untuk periode pembelian miles  terhitung 1 Juli 2020 sampai 31 Agustus 2020,  dan periode perolehan bonus miles akan diberikan tanggal 1 Agustus 2020 hingga 30 September 2020.

Beli miles Anda sekarang juga melalui kantor penjualan Garuda Indonesia terdekat atau melalui Contact Center.

Informasi lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan pembelian miles dapat klik disini, atau dengan menghubungi Contact Center (+6221) 2351 9999 dan kantor penjualan Garuda Indonesia.

Semoga pengalaman Anda semakin menyenangkan bersama Garuda Indonesia.

Berapa Biaya Pembelian GarudaMiles?

Pada hari-hari biasa, setiap anggota bisa membeli GarudaMiles dalam kelipatan Rp275.000 / 1.000 miles atau Rp275 / 1 GarudaMiles. Dikarenakan ada bonus 50%, artinya Anda bisa membeli GarudaMiles seharga Rp183,3 per 1 mile.

Meski terdengar menguntungkan, sebenarnya harga tersebut masih lebih mahal ketimbang valuasi atau harga maksimal yang akan saya bayar yakni sebesar Rp170 / 1 GarudaMiles.

Namun mungkin harga tersebut akan masuk akal bagi sebagian orang, terutama bagi yang sedang mengalami kekurangan sedikit miles untuk penukaran award.

Saya tidak menganjurkan Anda untuk membeli GarudaMiles di hari-hari biasa karena selisih harga yang tinggi. Jangan lupa juga, terdapat batasan pembelian 50.000 100.000 GarudaMiles sebelum bonus per tahun per akun.

Penukaran GarudaMiles yang Menguntungkan?

Saya menyarankan untuk ‘membakar’ miles ketika ada diskon penukaran GarudaMiles yang umumnya berada di kisaran 50%.

Sebagai contoh, Anda bisa menukarkan 108.000 54.000 GarudaMiles untuk tiket First Class Garuda Indonesia sekali jalan ke Jepang.


Baca juga: Panduan Lengkap Garuda Indonesia First Class

Baca juga: Panduan Lengkap GarudaMiles, Frequent Flyer Program Garuda Indonesia


Selain itu, penerbangan berjarak dibawah 250 miles seperti Bali – Surabaya dan Jakarta – Lampung juga menguntungkan karena hanya membutuhkan 4.800 miles sekali jalan di Economy Class dan 7.700 miles sekali jalan di Business Class (harga normal tanpa diskon).

Silahkan liat tabel penukaran GarudaMiles disini.

Penukaran Untuk SkyTeam?

Idealnya, GarudaMiles seharusnya bisa ditukarkan untuk berbagai penerbangan dengan maskapai SkyTeam. Namun, hal tersebut entah mengapa masih sulit untuk direalisasikan hingga saat ini dan sepertinya akan tetap demikian hingga waktu yang lama.

Garuda Indonesia adalah anggota dari aliansi maskapai SkyTeam.

Berdasarkan pengalaman dan informasi yang didapat dari pembaca, sejauh ini hanya ada segelintir penerbangan SkyTeam yang bisa ditukarkan dan harus melalui kantor pusat Garuda Indonesia di Jakarta:

  • China Airlines (rute ke Taipei)
  • Korean Air & Delta (rute ke Amerika)

Saya pernah mencoba memesan award Air France dan KLM untuk rute Amerika Selatan & Amerika Serikat ke Eropa, namun tidak bisa dilakukan. Somehow, GarudaMiles tidak memiliki akses ke inventory award SkyTeam secara general.

Saya rasa hal ini harus dibenahi oleh pihak Garuda Indonesia mengingat penukaran award partner adalah hal yang seharusnya bisa dilakukan dengan mudah, apalagi mengingat sudah tergabung dengan aliansi maskapai.

Penutup

Saya melihat perpanjangan promo ini sebagai salah satu cara bagi Garuda Indonesia untuk mendapat cash. Promo GarudaMiles ini juga sebenarnya tergolong langka namun sepertinya akan sering dijumpai kedepannya. Kesempatan pembelian miles ini berpotensi menguntungkan bagi sebagian orang yang membutuhkan GarudaMiles dadakan.

Jika Anda tidak mempunyai rencana penukaran yang pasti, saya tidak menyarankan untuk menimbun miles, terutama di saat seperti ini. Perlu diingat jika miles bisa mengalami devaluasi kapan saja.

.

Tertarik untuk membeli GarudaMiles dengan bonus 50%?