BCA Menawarkan Program Penghapusan Iuran Tahunan Bersyarat Untuk Kartu Co-branded Singapore Airlines

Secara tidak terduga, BCA menawarkan program penghapusan iuran tahunan bersyarat untuk seluruh kartu kredit co-branded Singapore Airlines.

Kemarin, salah satu pembaca PinterPoin menyampaikan informasi sebagai berikut:

Saya langsung mengkonfirmasi kembali dengan pihak BCA dan memang informasi tersebut benar apa adanya.

Tentunya hal ini sangat mengejutkan mengingat BCA sendiri terkenal sebagai bank yang cukup pelit dalam memberikan pembebasan iuran tahunan terutama untuk kartu kredit BCA Singapore Airlines Visa Infinite.

Satu pembaca PinterPoin bahkan menceritakan sulitnya menghapus iuran tahunan kartu kredit ini yang mana beliau harus berjuang hingga lebih dari setengah tahun untuk bisa memperoleh penghapusan iuran tahunan kartu kredit ini.

BCA Singapore Airlines Visa Infinite adalah kartu kredit yang (dulunya) memiliki iuran tahunan yang sulit dihapuskan

Berdasarkan pembicaraan dengan pihak BCA, berikut adalah syarat penghapusan iuran tahunan yang ada:

  • Iuran tahunan yang bisa dihapuskan maksimal adalah iuran tahunan yang tertagih 6 bulan sejak billing statement di mana tagihan iuran tahunan tersebut muncul

Secara praktis – jika Anda ditagihkan iuran tahunan pada billing statement di bulan Maret lalu, maka Anda masih bisa mengajukan penghapusan iuran tahunan.  Jika Anda ditagihkan iuran tahunan sebelum Maret lalu, maka Anda tidak bisa mengajukan pembebasan iuran tahunan.

  • Penghapusan iuran tahunan akan dilakukan dalam bentuk reimbursement

Jika Anda sudah memenuhi syarat transaksi yang ditentukan, maka Anda hanya perlu menghubungi HaloBCA untuk mengajukan.penghapusan iuran tahunan dengan me-mention program ini. Iuran tahunan akan dikembalikan dalam bentuk reimbursement pada billing statement bulan berikutnya.


Baca juga: Review Kartu Kredit BCA Singapore Airlines Visa Infinite

Baca juga: Kisah Pembaca – Pengalaman Menghapuskan Iuran Tahunan BCA SQ Visa Infinite (non-prioritas)


Penutup

Transaksi 30 juta Rupiah dalam periode waktu 3 bulan untuk bisa memperoleh penghapusan iuran tahunan (waiver annual fee) tidaklah sulit sehingga promo dari BCA ini boleh dikata cukup menarik 😉

PinterPoin sendiri merekomendasikan kartu kredit BCA Singapore Airlines Visa Infinite untuk welcome bonus yang cukup.besar, earning rate yang bagus, dan fitur gratis 1 minuman di Starbucks bandara.

.

Apa pendapat Anda mengenai program penghapusan iuran tahunan bersyarat kartu kredit BCA co-branded Singapore Airlines ini?

 

H/T: Chandra Ins

Share
48 comments
    1. Aan,

      Menurut saya bakal ada, karena dengan promo ini BCA baru saja memecah mitos ‘tidak bisa gratis annual fee untuk kartu kredit BCA SQ Visa Infinite’ haha.

      1. Hi bro Edwin,

        Bulan ini Saya dan istri memiliki masing masing SQ VISA SIGANTURE (Bukan anakan)

        punya saya sdh dihapuskan annual fee nya. Mnrut bro lebih baik saya fokus di CC saya atau dialihkan smntara ke CC istri saya utk menghapuskan annual feenya?

        Thanks before

        1. Marco,

          BCA sebelumnya tidak pernah memberikan promo penghapusan annual fee seperti ini, oleh karena itu Anda harus memanfaatkannya sebaik-baiknya. Saya menyarakan agar transaksi juga difokuskan pada istri Anda agar memperoleh free annual fee juga.

  1. Untuk fitur gratis minum di Starbucks apakah bisa combine dengan kartu BCA lainnya? Mungkin ada yang pernah coba? Misal 1 tiket yang sama menggunakan Visa Infinite dapat 1 minuman, lalu menggunakan Amex BCA dapat 2 minuman, jadi total 1 tiket mendapatkan 3 minuman?

    1. Terakhir saya travelling nov 2019 lalu tidak bisa double kartu krn saya punya signature dan batik, jd harus pilih salah satu kalau sama banknya, namun saya ada DBS jg jadi bisa dapet double. Tp tidak ada salahnya ditanyakan krn aturan ini sepertinya berubah2 terus, ketika juni 2019 saya pergi masih bisa double

    2. Sepertinya tdk bisa. Krn akan ditandai di boarding pass, kl sdh mendapatkan free minuman.

      Sama spt waktu saya ingin menggunakan fasiltas executive lounge, dan ingin mengajak teman, tdk bisa menggunakan kartu kredit dari bank yg sama dan atas nama yg sama.
      Sehingga saya menggunakan cc dari bank lain yg eligile.

      Dan akhir2 ini, sepertinya tidak akan bisa mengajak teman lagi, krn nama pemegang kartu, harus sama dg nama yg tertera di boarding pass

  2. lumayan nih ada program ini, jadi ga perlu bayar iuran.
    barusan uda diajuin ke halo BCA, dan benar bisa jika ada transaksi min 30 juta 3 bulan terakhir,

  3. lumayan ada program ini jadi hemat iuran tahunan.
    barusan uda coba ajuin ke halo BCA dan benar bisa jika ada transaksi min 30 juta.

  4. Sorry, kalau saya baru pegang kartunya November 2019, berarti saya akan ditagihkan tagihannya November 2020 ini ya? Jadi harus ada transaksi 750k di Sept, Okt, dan Nov?

    1. Nana,

      Belum tentu, bisa saja annual fee baru ditagihkan nanti di Desember 2020 (1 bulan setelah ulang tahun kartu) namun bisa juga di November 2020.

      Aman-nya, Anda akan mau transaksi dalam nominal tertentu mendekati tanggal ulang tahun kartu kredit Anda.

  5. Saya sudah coba hubungi HaloBCA minta penghapusan, tapi info HaloBCA penghapusan hanya untuk Visa Signature. Sekarang lagi email ke BCA, pake modal artikel ini, semoga saja berhasil dihapus.

    1. Hadi,

      Saran saya coba telepon HaloBCA kembali dan mencari CS yang lebih paham akan hal ini karena terkadang Anda bisa saja dapat CS yang tidak mengetahui program ini.
      Kebetulan kemarin saya telepon 2x dan kedua-nya mengetahui dan mengkonfirmasi program ini 🙂

      Namun tidak ada salahnya juga mengirimkan surel ke HaloBCA menggunakan modal artikel PinterPoin, hahaha, thank you atas publikasi-nya dan good luck untuk penghapusan iuran tahunan-nya

  6. Hmm, saya agak heran bagaimana ada beberapa orang yg mampu berbelanja sebesar 10-15jt per bulan, secara logika pendapatannya mungkin sekitar 50jt per bulan, kerja apa bisa dapat segitu?

    1. Ini sangat menarik untuk kondisi yang sekarang ada pandemi, jadi tertarik punya kartu kredit bank bca. Kira kira untuk kartu kredit bank mandiri ada info penghapusan biaya tahunan juga gak ?

        1. Biasanya untuk pengajuan penghapusan annual fee kan baru bisa dilakukan setelah tagihan annual fee nya keluar. Untuk poin no 3 apakah ada yang sudah pernah pengalaman ditutup beneran? Waktu ditutup kan kita tetap melunasi annual fee untuk tahun berikutnya, apakah berarti 11 bulan sisa nya akan hangus waktu ditutup walaupun sudah bayar annual fee? Ataukah annual fee otomatis dikembalikan karena kita tidak jadi perpanjang untuk tahun berikutnya?

        2. Andreas,

          Poin nomor 3 untungnya belum pernah terjadi pada diri saya namun case-by-case setiap orang tentunya beda.
          Untuk annual fee yang sudah ditagihkan bisa di waiver jika kartu kredit tersebut ditutup – saya pernah mengalami-nya di BNI dan HSBC dan begitu kartu sungguh tertutup, maka annual fee tidak perlu dibayar.

    2. Theresia,

      Di dunia ini, ada yang namanya manufactured spending…. semisal teman Anda tagihan listriknya 5 juta, lalu Anda bayar menggunakan kartu kredit Anda dan dia mengganti Anda dengan cash, kan tidak ada yang rugi. Anda dapat spending kartu kredit yang berujung poin kartu kredit dan teman Anda memperoleh kepraktisan, win-win solution.

      Itu hanya salah satu contohnya 😉

      1. Kalau untuk manufactured spending apabila digunakan dalam spending reward JCB Ultimate yang baru sepertinya akan dianggap sebagai transaksi bukan genuine atau tidak wajar dan tidak masukkan dalam perhitungan ya?

        1. Andreas,

          Kebetulan belum pernah coba. Tapi sebenarnya ini kan pintar2an antara pihak bank dengan pihak pengguna kartu kredit. Sebagai contoh – saya transaksi di To******a sebesar 200 juta yang saya pecah beberapa belas (atau puluh) transaksi. Bagaimana pihak bank membedakan apakah ini transaksi genuine atau transaksi tidak wajar karena mereka sendiri dapat dipastikan tidak tahu barang apa yang kita beli di marketplace tersebut.

          Jadi sekali lagi, faktornya banyak. Tapi seharusnya kita lebih diuntungkan karena nothing to lose. Kenapa? Semisal tidak bisa digunakan untuk spending reward JCB Ultimate sekalipun toh kita masih bisa menukarkan secara reguler poin yang terkumpul tersebut menjadi Krisflyer Miles bukan 😉

        2. Kalau manufactured spending yang digunakan di toko sendiri apakah sudah pernah coba? Misalnya kita punya EDC dari bank lain yang terima JCB lalu gesek kartu sendiri dengan transaksi fake yang dipecah-pecah. Jadi bisa dapat business class dengan bayar fee EDC sebesar 2-3%. Apakah ada yang pernah mencoba metode ini dan berhasil? Mungkin ini metode mirip seperti gestun ya.

        3. Andreas,

          Tidak bisa. Kalau ada EDC lalu Anda gesek dengan kartu atas nama sendiri maka secara otomatis kartu/EDC tersebut akan di blacklist oleh sistem bank.
          Kebetulan ada teman yang pernah mengalami hal tersebut jadi saya bisa sedikit mengkomentari. Jika memang mau gesek, usahakan jangan di EDC atas nama perusahaan atau nama Anda sendiri.

        4. Terima kasih informasinya. Baru tau kalau hal tersebut bisa diblokir oleh pihak bank. Mungkin kalau ada teman yang punya EDC baru bisa menjadi manufactured spending ya, karena pihak bank juga tidak akan tau kalau ada relasi teman. Atau langkah terakhir kalau tidak ada kenalan bisa melalui jasa gestun tapi dengan biaya lebih tinggi dari merchant rate.

  7. wah udah terlanjur ditutup gara2 gak bisa hapus iuran. Kalo minta dicetak lagi bisa gak ya? Dari eform sudah gak nongol pilihan kartu SQnya

    1. Agus,

      Mungkin bisa 🙂 aman-nya sih lebih baik Anda langsung tanyakan ke pihak HaloBCA dan tanya apakah Anda masih eligible untuk memperoleh free annual fee tersebut semisal cetak kartu baru.

      1. Saya sudah call halobca, besoknya langsung nongol di bcamobile, cuman annualfeenya blm tau langsung kena apa nggak karena waktu itu masih harus ditanyakan dulu ke pihak terkait. Nanti saya update lagi ya kalo kartu sudah datang dan diaktivasi.

        1. Sepertinya ini free annual fee tahun pertama saja, utk pemegang kartu baru. Thn depan akan ditagihkan.

        2. Udah terima statement pertama, blm ada annual fee. Btw, saya nasabah prio. Mungkin dapat free 1 tahun pertama lagi ya?

        3. Iya, tp kan case saya sudah pernah dpt free 1 tahun waktu pertama launching, dan saya tutup karena gak bisa hapus annual.

          Kemudian saya minta dicetak ulang tahun ini dan dpt 1 tahun free lagi

  8. Saya nelpon halo BCA Prioritas buat pengajuan penghapusan kartu tambahan Visa INFINITE NON PPS minimal transaksi 60jt dalam 3 bulan terakhir, bukan 30jt. Mana ada 3 kartu tambahan lumayan juga @450RB tiap kartu. Kalau kartu utama sudah sukses waive af 750rb.

    Coba pihak pinterpoin konfirmasi kembali halo bca prioritas 60jt atau 30jt. thanks

    1. Joni,

      30 juta Rupiah untuk kartu kredit BCA SQ Visa Infinite, saya sendiri sudah mendapatkannya.
      Mungkin Anda disyaratkan 60 juta Rupiah karena ada 3 kartu tambahan…. saya sarankan silahkan hubungi HaloBca kembali.

    1. Desi,

      30 juta Rupiah adalah akumulasi transaksi dalam 3 bulan terakhir. Jadi bisa saja Anda pakai 10 juta di bulan pertama, bayar full, lalu pakai 20 juta di bulan kedua, lalu kemudian mengajukan free annual fee.

  9. Edwin,

    Kalau saya pribadi, lebih baik merelakan membayar annual fee 750rb, drpd menciptakan prilaku konsumtif, membelanjakan uang senila 30 jt dlm 3 bln. Apalagi di tengah2 pandemi, dmn setiap orang mengalami kesulitan.

    1. Desi,

      Penggunaan kartu kredit di PinterPoin hanyalah sekedar pengganti alat pembayaran. Tentunya jika Anda tahu cara menggunakan cc (termasuk BCA) ini dengan bijaksana, Anda bisa tetap memperoleh gratis annual fee sekaligus tidak menciptakan perilaku konsumtif sama sekali 🙂

      1. Edwin,

        Tentu. Saya setuju dg statement Anda menggunakan cc dg bijak, dan saya jg suka berburu point dan berupaya utk mendapat free annual fee, setelah saya tahu hal ini bisa dilakukan. Tapi syukur2 bisa yg tanpa syarat.

        Kl dulu sebelum mengetahui annal fee bisa di waiver, saya malah taat membayar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea