AEGEAN merupakan maskapai anggota Star Alliance yang mungkin jarang terdengar. Maskapai yang berbasis di Yunani tersebut sejak lama menjadi pilihan populer bagi miles enthusiast.

Jika Anda benar-benar menekuni dunia poin & miles ini, maka mungkin Anda akan lebih memilih untuk mengkreditkan miles dari penerbangan ke AEGEAN ketimbang frequent flyer program Star Alliance yang populer seperti KrisFlyer.

Sebelumnya, saya sempat membagikan informasi tentang tips/trik miles AEGEAN. Salah satu contoh triknya adalah Anda bisa memanfaatkan sweet spot AEGEAN untuk terbang di Business Class Star Alliance kemanapun di Asia hanya dengan 21.000 miles atau setara dengan Rp 4,1 juta one way.

Sayangnya, trik tersebut kini sudah semakin mahal karena AEGEAN melakukan perubahan pada award chart-nya tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Turkish Airlines A330

Tukarkan miles AEGEAN untuk terbang dengan Turkish Airlines yang sama-sama tergabung dalam aliansi maskapai Star Alliance. Foto: PinterPoin.

Berikut merupakan award chart lama AEGEAN:

Award chart lama AEGEAN.

Berikut merupakan award chart baru AEGEAN:

Harga yang tertera pada award chart tersebut merupakan harga round-trip. Untuk mendapatkan harga one way, Anda hanya perlu membagi 2 jumlah miles yang tertera tersebut. Wilayah Asia (termasuk Indonesia) dikategorikan sebagai ‘Far East’ dalam award chart tersebut.

Bisa dilihat jika pada award intra Asia (Far East), miles yang dibutuhkan kini bertambah secara signifikan:

  • Economy Class: 12.500 miles -> 17.500 miles one way
  • Business Class: 21.000 miles -> 32.500 miles one way
  • First Class: 40.000 miles -> 45.000 miles one way

Meski demikian, saya pribadi merasa jika sebenarnya harga award tersebut masih tergolong atraktif hanya jika bisa dimanfaatkan dengan benar.

Pendapat

Secara historis, AEGEAN akan mengadakan promo pembelian miles pada Black Friday (Hari Kamis pada minggu ke-4 di bulan November). Saya cukup yakin jika AEGEAN sadar betul dengan adanya sweet spot intra Asia tersebut. Devaluasi ini hadir tepat sebelum diadakannya promo tersebut sehingga dipastikan akan mengurangi jumlah pembeli miles yang ingin memanfaatkan trik ini.

Penukaran Lain?

Untungnya, tidak banyak perubahan yang melibatkan region Far East selain rute intra Far East itu sendiri. Saya pribadi masih melihat valuasi yang baik di beberapa rute seperti:

  • Far East ke Hawaii
    • Business Class: 55.000 miles one way
    • First Class: 75.000 miles one way
  • Far East ke Eropa & Afrika Utara
    • Business Class: 65.000 miles one way
    • First Class: 80.000 miles one way
  • Far East ke Amerika Serikat & Amerika Selatan
    • Business Class: 75.000 miles one way
    • First Class: 100.000 miles one way
AEGEAN Star Alliance

Tukarkan miles AEGEAN untuk terbang dengan ANA ke Amerika, Eropa, dan Hawaii. Foto: PinterPoin.

Tetap Mengkreditkan Penerbangan Star Alliance ke AEGEAN?

AEGEAN Miles+Bonus merupakan salah satu program Star Alliance yang tergolong generous, baik dalam perolehan miles dengan maskapai partner atau kemudahan mendapatkan status Star Alliance Gold.

Saya pribadi hampir selalu mengkreditkan penerbangan Star Alliance saya ke AEGEAN atau Alaska untuk perolehan miles yang lebih besar (seringkali diatas 100% meskipun tiket promo).

Satu-satunya perubahan yang berdampak bagi saya & kebanyakan orang Indonesia adalah kenaikan harga award intra Asia saja.

Selain devaluasi tersebut, miles AEGEAN tetap atraktif di kebanyakan rute lain. Sejauh ini, saya masih menganggap AEGEAN sebagai FFP Star Alliance yang jauh lebih menarik ketimbang KrisFlyer. Oleh karena itu, saya akan tetap mengkreditkan penerbangan ke AEGEAN Miles+Bonus, setidaknya untuk beberapa waktu ke depan.

Apakah pendapat Anda tentang devaluasi pada frequent flyer program AEGEAN ini?

H/T: OMAAT / @BobdenHartog