Beberapa hari ini, saya mendapat banyak sekali informasi dari pembaca PinterPoin bahwa penerbangan Singapore Airlines (SQ) mereka di-reschedule secara sepihak oleh pihak maskapai dan terdapat informasi bahwa untuk saat ini pemerintah Indonesia hanya mengizinkan satu penerbangan Singapore Airlines tujuan Jakarta dari Singapura setiap harinya.

Sayangnya, informasi ini masih simpang siur dan tidak bisa dipastikan kebenarannya. Masih belum ada juga statement resmi dari pihak Singapore Airlines ataupun pemerintah Indonesia melalui menteri perhubungan mengenai hal ini.

Hanya saja, melihat jadwal kedatangan pesawat Singapore Airlines rute Singapura (SIN) – Jakarta (CGK) pada tanggal 16 Oktober 2021 lalu di google, mungkin informasi ini benar apa adanya:

Sedangkan berikut adalah jadwal Singapore Airlines untuk tanggal 18 Oktober 2021 mendatang:

Sekali lagi, selama masih belum ada informasi resmi dari pihak terkait, maka isu reschedule massal akibat ‘kebijakan baru’ ini hanya sebatas rumor atau konjektur saja.

Yang saya sayangkan, banyak dari teman saya maupun Pembaca PinterPoin yang berencana terbang ke Jakarta Singapore Airlines antara tanggal 15-20 Oktober 2021 sudah merasakan rescheduling massal ini. Untungnya, pihak Singapore Airlines juga cukup sigap dalam menghubungi satu per satu calon penumpang mereka dan menawarkan alternatif perubahan tanggal penerbangan dan bahkan menawarkan menggunakan maskapai lain untuk bisa tiba di Jakarta.

Disinlah kemampuan negosiasi sangat penting. Negosiasikan dengan baik maka Anda (mungkin) akan bisa mempertahankan jadwal ataupun maskapai Anda (masih terbang menggunakan Singapore Airlines); Namun selalu terdapat opsi Singapore Airlines akan menerbangkan Anda menggunakan maskapai lain.

Sejauh ini, sudah ada beberapa teman, pembaca dan klien PinterPoin yang menerima nasib reschedule ini dan secara terpaksa menggunakan maskapai lain untuk bisa tiba di Jakarta. Seorang teman saya yang berencana pulang dari USA terpaksa ‘pindah’ ke ANA sedangkan kenalan saya yang lain lagi terpaksa ‘pindah’ ke Garuda Indonesia untuk bisa terbang rute Jakarta – Singapura.

Reschedule menjadi ANA Business Class ‘the room’ bukanlah ide buruk.


Baca juga: Singapore Airlines Akan Kembali Mengoperasikan Airbus A380


Penutup

Penerbangan Singapore Airlines rute Singapura – Jakarta dikabarkan mengalami reschedule massal akibat perubahan ‘kebijakan’ yang sampai saat ini belum bisa saya verifikasi.

Jika Anda merupakan salah satu penumpang yang cukup sial terkena reschedule ini, maka saran saya adalah tenangkan pikiran Anda terlebih dahulu lalu kemudian rencanakan dengan baik langkah selanjutnya. Tidak ada hal baik yang akan datang jika Anda panik dan tidak bisa berpikir jernih.

Apabila Anda memang perlu saran ataupun masukan terkait hal ini, tidak ada salahnya kontak PinterPoin (siapa tahu kami bisa memberikan solusi) atau Anda bisa menghubungi langsung pihak Singapore Airlines namun mendengar kisah lain bahwa contact center mereka saat ini juga sedang mengalami traffic yang luar biasa, maka saya tidak akan berharap banyak…

.

Apakah Anda merupakan salah satu korban reschedule massal untuk penerbangan Singapore Airlines tujuan Jakarta tersebut?