Trik: Menghapuskan Iuran Tahunan Kartu Kredit BNI

Banyak orang awam takut memiliki kartu kredit karena terbebani oleh biaya iuran tahunan (annual fee). Padahal, dengan ilmu yang tepat, hampir tidak ada kartu kredit di Indonesia dengan iuran tahunan yang tidak bisa dihapuskan.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai penghapusan iuran tahunan kartu kredit BNI.

Sekilas Informasi

BNI memiliki beberapa kartu kredit yang bisa Anda gunakan untuk mengumpulkan airline miles dengan cepat antara lain:

  • BNI Garuda Indonesia Visa Signature (baca ulasannya di sini)
  • BNI Garuda Indonesia Visa Platinum (baca ulasannya di sini)

BNI juga memiliki beberapa kartu kredit yang tidak bisa digunakan untuk mengumpulkan miles namun masih menarik untuk dimiliki seperti:

  • BNI Visa Signature (baca ulasannya di sini)
  • BNI Batik Air World (baca ulasannya di sini)
  • BNI JCB Precious
  • BNI MasterCard World
  • BNI JD.ID (baca ulasannya di sini)
  • Dan berbagai kartu kredit lainnya
BNI menerbitkan banyak jenis kartu kredit

Berdasarkan informasi yang saya kumpulkan, seluruh kartu kredit BNI iuran tahunan-nya bisa digratiskan meskipun beberapa kartu kredit mensyaratkan transaksi dalam jumlah tertentu sebagai salah satu syarat untuk menghapuskan iuran tahunan tersebut.

Setiap dari kartu kredit BNI memiliki syarat untuk penghapusan iuran tahunan tersendiri, namun untuk artikel pembahasan kali ini, saya hanya akan membahas cara menghapuskan iuran tahunan di kartu kredit BNI Garuda Indonesia Visa Signature sebesar Rp800.000 setiap tahunnya.


Baca juga: Review Kartu Kredit BNI Garuda Indonesia Visa Signature

Baca juga: Review Kartu Kredit BNI Garuda Indonesia Visa Platinum


Cara Menghapuskan Iuran Tahunan

Berdasarkan pengalaman terakhir saya, terdapat 2 opsi untuk menghapuskan iuran tahunan kartu kredit BNI Garuda Indonesia Visa Signature. Untuk bisa mengajukan penghapusan iuran tahunan kartu kredit BNI, pertama-tama Anda harus menghubungi call center kartu kredit BNI di 1500046

Jika Anda meminta penghapusan annual fee, maka BNI seringkali akan memberikan penawaran sebagai berikut:

  • Opsi 1: Penghapusan iuran tahunan sebesar 100% dengan metode reimbursement dengan cara bertransaksi sebesar Rp20.000.000 dalam periode 90 hari sejak pengajuan penghapusan.
  • Opsi 2: Penghapusan iuran tahunan tanpa syarat apapun.

Opsi 2 adalah opsi terbaik namun opsi 2 hanya akan ditawarkan jika Anda aktif menggunakan kartu kredit BNI Garuda Indonesia Anda. Jika opsi ke-2 tidak ditawarkan, maka Anda bisa melakukan negosiasi untuk opsi pertama namun kembali lagi sifatnya adalah pengajuan dan BNI sendiri terkenal cukup lambat perihal ini.

Flight Review: Garuda A330-900neo Business Class Jakarta - Denpasar | PinterPoin
Ajukan kartu kredit BNI Garuda Indonesia untuk bisa mengumpulkan GarudaMiles & terbang di business class Garuda Indonesia

Berdasarkan pengalaman saya, pengajuan iuran tahunan akan disetujui/tidak disetujui akan diketahui dalam 2-3 hari kerja. Jika pengajuan Anda disetujui, maka Anda akan melihat saldo CR (kredit) sebesar Rp800.000 pada billing statement Anda di bulan tersebut.

Baca juga: Review Kartu Kredit BNI Batik Air


Penutup

Kartu kredit terbitan BNI terutama BNI Garuda Indonesia Visa Signature seringkali menawarkan welcome bonus yang menarik sehingga sangat layak untuk diajukan. Selain itu, melihat portofolio kartu kredit BNI yang terus bertumbuh, maka tidak ada salahnya Anda mulai membangun ‘karir’ di kartu kredit BNI agar kedepannya pengajuan kartu kredit Anda di bank BUMN ini akan lebih mudah.


Apakah Anda sukses menghapuskan iuran tahunan kartu kredit BNI?


Asesmen

Nama Kartu Kredit: BNI Garuda Indonesia Visa Signature

Nominal Iuran Tahunan: Rp800.000

Cara menghapuskan Iuran Tahunan: Dengan/Tanpa Syarat

Sistem penghapusan: Reimbursement

Kemampuan Negosiasi yang diperlukan: 6 dari 10 (perlu keahlian)

Share
8 comments
  1. pengalaman saya hapus iuran tahunan (AF) dari BNI Garuda Platinum, selalu ditawari opsi 1 , harus belanja dg nominal tertentu, terakhir kali ajukan hapus iuran tahunan, CS BNI menyuruh belanja 3 juta dalam 30 hari.

  2. Beberapa kali telp dibilang tdk ada program penghapusan utk cobrand Garuda. Sudah coba tanya apa mgkn ada syarat belanja/transaksi jga dibilang tdk ada. Karena kebetulan ada trx cicilan jadi tdk bisa ancam tutup.

  3. Yth. Pinterpoin
    Terima Kasih untuk ulasan yang sudah diberikan.
    Kebetulan selain saya punya kartu BNI Titanium, juga punya kartu BNI Affinity Platinum. Untuk kartu BNI Affinity Platinum apakah juga mudah untuk dihapuskan iuran tahunannya? Terima Kasih

  4. gan, untuk kartu kredit bni, berapa jumlah kartu maksimal yg dapat dimiliki dengan limit terpisah ? dan apakah ada bank selain bni yg menawarkan beberapa kartu kredit dengan limit terpisah? terimakasih

    1. Tommu,

      Saya punya 2 sih dan sepengetahuan saya tidak ada maksimal kartu kredit BNI yang bisa dimiliki (dengan limit terpisah). Bank lain rata-rata limitnya gabungan kecuali kartu dengan base ‘AMEX’ seperti BCA ataupun Danamon itu limit cc amex dengan limit cc reguler terpisah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea