Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit BNI Visa Signature menggunakan metode penilaian kartu kredit PinterPoin.

Kartu kredit BNI Visa Signature adalah salah satu kartu kredit top-tier dari bank BNI yang relatif baru. Kartu ini sendiri baru di-launching pada tahun 2019 lalu dan memiliki fitur contactless sebagai salah satu metode transaksi.

Kelebihan utama dari kartu ini terletak pada program cashback yang cukup menarik dan fitur double point reward untuk transaksi pada kategori tertentu.

Setiap transaksi menggunakan kartu kredit ini, Anda akan memperoleh BNI Rewards Point yang bisa dikonversikan menjadi airline miles. Rasio penukaran efektif fiestapoin menjadi airline miles adalah sebagai berikut:

  • 10 BNI Rewards Point = 1 GarudaMiles 
  • 10 BNI Rewards Point = 1 AirAsia BIG

Perlu Anda ketahui bahwa kartu kredit ini memiliki rasio perolehan poin yang sama untuk pengeluaran dalam mata uang Rupiah ataupun mata uang asing.

  • Pengeluaran pada kategori fashion tertentu Rp 1.250 = 1 BNI Rewards Point
  • Pengeluaran di luar kategori fashion tertentu: Rp 2.500 = 1 BNI Rewards Point

Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda akan mendapatkan 1 GarudaMiles setiap melakukan transaksi pada merchant kategori fashion tertentu, department store, dan luxury goods seperti jam tangan, tas, sepatu, dan perhiasan sebesar Rp 12.500. Nilai yang didapat adalah 1.5

Anda akan mendapatkan 1 GarudaMiles setiap melakukan transaksi di luar kategori yang sudah disebutkan diatas sebesar Rp 25.000. Nilai yang didapat adalah 0.5

Nilai: 1

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Kartu kredit ini tidak memiliki welcome bonus.

Nilai: 0

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini memiliki 2 transfer partner yakni Garuda Indonesia dan AirAsia

Nilai: 0.5

Bonus Unik & Kerja Sama Travel Fair (Skor Maksimal: 1)

Kartu kredit ini memiliki bonus unik berupa cashback 2,5% (maksimal 400 ribu Rupiah) untuk transaksi di luar negeri pada merchant kategori fashion tertentu, department store, dan luxury goods seperti jam tangan, tas, sepatu, dan perhiasan.

Hanya saja, terdapat syarat transaksi minimal 15 juta Rupiah dalam mata uang asing untuk bisa memperoleh bonus cashback tersebut.

Kartu kredit BNI juga sering bekerja sama dengan Travel Fair seperti BNI JAL Travel Fair ataupun Kompas Travel Fair di mana pemegang kartu kredit BNI berkesempatan untuk memperoleh cashback untuk pembelian tiket penerbangan.

Nilai: 1

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memiliki airport perks berupa akses ke berbagai airport lounge domestik di Indonesia. Klik disini untuk mengetahui daftar airport lounge yang bisa diakses menggunakan kartu kredit ini.

Nilai: 0.5

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Iuran tahunan kartu ini adalah sebesar Rp 800.000 per tahun dan kemungkinan besar bisa di-waive (dihapuskan).

Nilai: 0.8

Total Nilai: 3.8 / 10

“Kartu kredit top-tier dari Bank BNI yang hanya bagus jika Anda sering bertransaksi pada merchant kategori tertentu di luar negeri.”

 

Penutup

Kartu kredit BNI Visa Signature adalah kartu kredit yang sangat niche. Kecuali apabila Anda sering bertransaksi pada merchant kategori fashion ataupun luxury goods di luar negeri, maka saya tidak merekomendasikan Anda untuk memiliki kartu kredit ini.

Jika tujuan Anda adalah mengumpulkan GarudaMiles dengan cepat di kartu kredit BNI, maka salebih merekomendasikan Anda untuk memiliki kartu kredit BNI Garuda Indonesia Visa Signature.

Selain itu, jika ada nilai jual lainnya dari kartu kredit ini, maka saya berpendapat bahwa hal tersebut adalah fitur contactless dan desain kartu kredit yang cukup bagus 🙂

.

Apa pendapat Anda mengenai kartu kredit BNI Visa Signature ini?