Keanggotaan berbayar ibis Business Card saya anggap layak dipertimbangkan (terutama dengan adanya trik ini) bagi Anda yang ingin menjadi loyalis Accor Live Limitless. Salah satu manfaatnya adalah akses instan mendapatkan status Gold Accor Live Limitless yang aslinya didapat dengan spend €2,800 atau menginap 30 malam dalam setahun.

Selain itu, ibis Business Card bisa dimanfaatkan untuk diskon tambahan 5-10% saat menginap di hotel-hotel ibis. Harga keanggotaan ibis Business Card sendiri di kawasan Indonesia & mayoritas negara-negara lainnya adalah:

  • 1 tahun: €99
  • 2 tahun: €159

Harga tersebut sebenarnya sudah tergolong terjangkau dan masuk akal bagi loyalis ibis atau Accor yang sering menginap namun tidak mempunyai status. Menariknya, ternyata terdapat trik untuk mendapatkan keanggotaan ibis Business Card lebih terjangkau, yakni €99 untuk 2 tahun.

Status Gold Accor Live Limitless bisa digunakan di hotel seperti swissôtel Jakarta PIK Avenue. Foto: PinterPoin.


Baca juga: Accor Perpanjang Masa Berlaku ibis BUSINESS Card (+Accor Gold) Selama 6 Bulan

Baca juga: CIMB Niaga Mengubah Nama & Desain Kartu Co-Branding Accor


Manfaat ibis Business Card & Status Gold Accor Live Limitless

Sebelum membeli, mari ketahui apa manfaat yang hadir dengan keanggotaan ibis Business Card dan status Gold ALL yang hadir bersamanya:

Manfaat ibis Business Card:

  • Diskon 10% menginap di ibis (+untuk kamar kedua di reservasi yang sama)
  • Status Gold Accor Live Limitless
  • Jaminan mendapatkan kamar 48 jam sebelum tiba
  • Diskon 10% di restoran dan bar di hotel ibis

Manfaat Status Gold Accor Live Limitless:

  • Penyambutan prioritas
  • Late check out
  • Welcome drink saat check in
  • Turndown service, bisa meminta kamar dirapikan kapan saja
  • Garansi mendapatkan kamar hingga 3 hari sebelum tanggal kedatangan
  • Early check in atau late check out (pilih salah satu)
  • Welcome amenity
  • Upgrade kamar 1 tingkat keatas
  • Diskon hingga 10% harga kamar di hotel yang berpartisipasi
  • Akses ke Private Sales di accorhotels.com , 48 jam sebelum non-anggota
  • Check in online dan fasilitas express check out
  • Gratis internet di seluruh properti AccorHotels
  • Gratis surat kabar dan telpon lokal di hotel Fairmont dan Swissotel

Cara Membeli Keanggotaan ibis Business Card 2 Tahun Seharga €99

You Have Been Upgraded menemukan workaround atau cara mengakali pembelian ibis Business Card yang saya anggap cukup menarik untuk dibagikan.

Caranya? Dengan menggunakan billing address negara Latvia yang ternyata akan memunculkan harga keanggotaan lebih murah. Berikut perbandingannya (Indonesia v.s. Latvia):

Harga keanggotaan ibis Business Card di Indonesia.

Harga keanggotaan ibis Business Card di Latvia.

Sebenarnya tidak hanya Latvia, dari pengamatan saya, memilih negara-negara Eropa Timur (contoh: Albania, Belarus, Croatia, Czech Republic, Estonia, Hungary, Romania, Slovakia, dan Slovenia) secara otomatis memunculkan harga keanggotaan ibis Business Card  €159 €99 atau Rp1.700.000~ untuk 2 tahun.

Alternatifnya, Anda juga bisa membeli keanggotaan selama 1 tahun seharga €90 €60 atau Rp1.030.000~.

Pengisian Billing Address

Untuk bisa menggunakan billing address Latvia atau negara-negara yang disebutkan diatas, maka Anda membutuhkan alamat di negara berkaitan.

Anda bisa menggunakan alamat hotel apapun dinegara tersebut, kemudian setelah berhasil membeli keanggotaan 2 tahun seharga €99, ganti alamat di profil Anda ke alamat asli di Indonesia. Nantinya kartu keanggotaan fisik akan tetap dikirimkan ke alamat asli di Indonesia.

Sejauh ini, trik ini sudah berhasil dimanfaatkan oleh beberapa orang yang saya kenal. Namun perlu diperhatikan jika ada kemungkinan Accor akan menerapkan kebijakan baru perihal trik ini (misalnya: pembatalan keanggotaan, dsb). Saya sarankan untuk aware akan resiko sebelum membelinya agar tidak kecewa jika terjadi apa-apa.

Haruskah Anda membeli?

Pertama-tama, menurut ulasan dan opini yang saya temukan tentang status Gold ALL, saya masih merasa jika status Gold tidak terlalu menguntungkan. Benefit yang menarik saya anggap baru akan terasa di level Platinum.

Dengan status Gold, Anda tidak pasti mendapatkan free breakfast, akses lounge, upgrade suite, dll. Namun tetap saja, mempunyai status tentu saja lebih baik ketimbang tidak sama sekali.

Nyatanya, banyak juga orang dengan status Gold yang mendapat benefit-benefit dari hotel yang seharusnya tidak diberikan, terutama di Asia. Oleh karena itu, jika Anda sesekali menginap di hotel Accor dan tidak mempunyai status elite, maka keanggotaan ini bisa berguna.

Lain hal jika Anda merupakan loyalis Accor dan tidak masalah untuk mendapatkan status elite setiap tahunnya, maka saya tidak menyarankan untuk membeli. Pengecualian jika Anda sedang dalam tahap mendapatkan status elite namun belum mempunyai status sama sekali (mulai dari 0).

Dengan trik ini, Anda bisa mendapatkan keanggotaan selama 2 tahun hanya dengan membayar harga setahun.

Namun, sepertinya workaround ini tidak akan bertahan lama karena sejumlah negara di Eropa Timur tersebut ada yang tergabung dalam Uni Eropa. Perbedaan harga ini sebenarnya melanggar peraturan Uni Eropa yang mengharuskan kesetaraan harga di tiap negara anggotanya.

.

Apakah Anda tertarik untuk membeli keanggotaan ibis Business Card dengan metode ini?