Terdapat rumor bahwa CIMB Niaga menghentikan pengajuan baru kartu kredit CIMB Niaga Visa Infinite. Tidak diketahui apakah penghentian pengajuan baru kartu ini bersifat sementara atau permanen.

Menariknya, di saat yang bersamaan, Citi Indonesia juga berhenti menerbitkan kartu kredit berbasis VISA. Berdasarkan pembicaraan saya dengan pihak Citi Indonesia, kedepannya semua kartu kredit dari Citi hanya akan berbasis MasterCard.

Padahal di bulan Oktober lalu saya masih mengajukan Citi Premier Miles dengan penerbit VISA dan Citi Prestige dengan penerbit VISA pula pada Februari lalu. Apakah ini pertanda bahwa pamor VISA di Indonesia terus menurun?

CIMB Niaga Visa Infinite adalah salah satu kartu kredit terbaik untuk mengumpulkan KrisFlyer Miles.

Era MasterCard?

Dikarenakan Anda sudah tidak bisa mengajukan lagi kartu kredit ‘Visa Infinite’ di CIMB Niaga, maka Anda sekarang memiliki opsi JCB Ultimate atau World MasterCard untuk mengumpulkan KrisFlyer Miles dengan cepat.

Dengan devaluasi terbaru, maka pilihan terbaik adalah kartu JCB Ultimate.

Namun, jika Anda sering bertransaksi di luar negeri (terutama USD), maka saya lebih menyarankan Anda memiliki kartu kredit CIMB Niaga World MasterCard.

Kartu kredit terbitan MasterCard sendiri terkenal akan kurs-nya yang lebih baik dibandingkan dengan VISA ataupun JCB. Beberapa teman saya mengatakan bahwa average selisih kurs CIMB Niaga World MasterCard dengan kurs tengah BI hanya 0,7%.

CIMB World MasterCard memiliki kurs transaksi yang cukup baik

Sebagai perbandingan, kartu kredit terbitan VISA atau JCB dari bank yang sama berdasarkan pengalaman saya memiliki average selisih kurs lebih dari 1% dari kurs tengah BI.


Baca juga: Analisa – Kurs JCB Ultimate Untuk Transaksi di Jepang

Baca juga: Review Kartu Kredit CIMB Niaga World MasterCard


Penutup

Saya tidak tahu apakah keputusan CIMB Niaga menghentikan pengajuan kartu Visa Infinite dan Citi Indonesia berhenti menerbitkan kartu kredit berbasis VISA adalah kebetulan atau disengaja.

Hanya saja, saya merasa bahwa timing-nya terlalu tepat. Namun hal ini tidak sepenuhnya bad news karena berdasarkan pengalaman saya pribadi, MasterCard memiliki kurs transaksi yang lebih baik dibandingkan VISA.

.

Apakah pengajuan kartu CIMB Niaga Visa Infinite Anda ditolak beberapa saat terakhir?