Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit CIMB Niaga Preferred Visa Infinite menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit CIMB Niaga Preferred Visa Infinite adalah kartu kredit spesial dari bank CIMB Niaga yang ditujukan khusus untuk nasabah preferred mereka. Untuk menjadi nasabah preferred di CIMB Niaga sendiri Anda harus memiliki Asset Under Management (AUM) minimal 500 juta Rupiah.

Layaknya kartu kredit ‘spesial’ lainnya, kartu ini memiliki keunikan tersendiri dibanding kartu kredit terbitan CIMB Niaga pada umumnya. Keunikan kartu ini terletak pada fitur cashback 1% untuk transaksi apapun dalam mata uang asing dan spending reward berupa tiket PP kelas ekonomi dari Jakarta ke Bali/Singapura.

Kartu ini memiliki rasio penukaran efektif poin kartu kredit ini menjadi airline miles sebagai berikut:

  • 100 Poin X-Tra (Preferred Visa Infinite) = 5 Asia Miles/GarudaMiles atau 3 KrisFlyer Miles atau 10 AirAsia BIG Points

Perlu Anda ketahui bahwa kartu kredit ini memiliki rasio perolehan poin yang sama untuk pengeluaran dalam mata uang Rupiah ataupun mata uang asing.

  • Pengeluaran di dalam negeri: Rp 5.000 = 1 Poin X-Tra 
  • Pengeluaran di luar negeri: Rp 5.000 = 1 Poin X-Tra 

Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda bisa mendapatkan 1 Asia Miles atau 1 GarudaMiles setiap melakukan transaksi di dalam negeri ataupun luar negeri sebesar Rp 100.000

Nilai: 0

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Kartu kredit ini tidak dilengkapi dengan welcome bonus.

Nilai: 0

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini memiliki 4 transfer partner yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Cathay Pacific, dan AirAsia.

Nilai: 1

Bonus Unik & Kerja Sama Travel Fair (Skor Maksimal: 1)

Kartu kredit ini memiliki bonus unik berupa spending reward dalam bentuk tiket PP kelas ekonomi ke Singapura ataupun Bali dari Jakarta. Syarat spending reward ini adalah Anda harus bertransaksi minimum 50 juta Rupiah dalam 2 billing cycle.

Nantinya, poin yang terkumpul dari transaksi tersebut bisa ditukarkan menjadi tiket PP ke Singapura ataupun Bali. Maskapai yang digunakan adalah Garuda Indonesia dengan fare class H/S/V/T/Q/N/K.

Kartu ini juga bekerjasama dengan Cathay Pacific (CX) travel fair di mana pemegang kartu ini bisa mendapatkan cashback untuk pemesanan tiket pesawat selama periode travel fair.

Nilai: 1

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memiliki airport perks berupa akses ke berbagai airport lounge domestik di Indonesia dengan syarat Anda harus memiliki TRB (Total Relationship Balance) sebesar minimum 500 juta Rupiah. klik disini untuk mengetahui daftar airport lounge yang bisa diakses menggunakan kartu kredit ini.

Nilai: 0.5

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Iuran tahunan dari kartu kredit ini gratis seumur hidup selama Anda masih menjadi nasabah preferred dari CIMB Niaga.

Nilai: 1

Total Nilai: 3.5 / 10

“Kartu kredit spesial dari CIMB Niaga yang sangat buruk untuk mengumpulkan airline miles namun memiliki fitur cashback maupun spending reward yang cukup menarik.”

 

Kesimpulan

Berbeda dengan saudaranya yaitu CIMB Niaga Visa Infinite Reguler, kartu CIMB Niaga Preferred Visa Infinite ini tidak saya rekomendasikan untuk mengumpulkan airline miles.

Selain earning rate yang sangat buruk (100.000 Rupiah = 1 airline miles), biaya penukaran sebesar 2.500 poin X-tra yang dibebankan per 1 Juni 2020 lalu juga membuat kartu kredit ini menjadi salah satu kartu kredit spesial terburuk untuk mengumpulkan airline miles.

Hal ini berarti untuk setiap penukaran poin X-tra menjadi airline miles, Anda harus ‘menghanguskan’ transaksi senilai 7,5 juta Rupiah (setara 375 Asia Miles/GarudaMiles) hanya untuk membayar biaya administrasi penukaran miles.

Oleh karena itu, kartu kredit ini hanya cocok untuk orang yang:

  • Tinggal di Jakarta (spending reward hanya bisa digunakan untuk keberangkatan dari Jakarta)
  • Tidak memiliki preferensi mengumpulkan airline miles
  • Mencari cashback dari transaksi apapun dalam mata uang asing
  • Bertransaksi kurang lebih 50 juta Rupiah setiap 2 bulan

Jika Anda mencari kartu kredit CIMB Niaga yang bagus dalam mengumpulkan airline miles, saya lebih merekomendasikan kartu kredit CIMB Niaga JCB Ultimate yang mana walaupun setelah devaluasi beberapa saat yang lalu masih cukup atraktif untuk dimiliki.

.

Apa Pendapat Anda Mengenai Kartu Kredit CIMB Niaga Preferred Visa Infinite?