Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit BCA UnionPay, menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit BCA UnionPay adalah kartu kredit terbaru yang diluncurkan oleh BCA dan salah satu dari 2 kartu kredit BCA Card yang bekerjasama dengan jaringan pembayaran internasional selain BCA JCB Black.

Berbeda dengan kartu non-cobrand BCA lainnya, kartu ini tidak memperoleh poin Reward BCA. Sebagai penggantinya, kartu ini memperoleh BCA UnionPay Point dengan perhitungan sebagai berikut:

  • Transaksi Rp10.000 = 1 BCA UnionPay Point (semua transaksi lain)
  • Transaksi Rp10.000 = 2 BCA UnionPay Point (di Singapura, Hong Kong, Cina, Taiwan)

Anda dapat menukarkan poin tersebut menjadi airline miles dengan rasio penukaran sebagai berikut:

  • 2 BCA UnionPay Point = 1 mile KrisFlyer,
  • 1,5 BCA UnionPay Point = 1 mile GarudaMiles,
  • 1 BCA UnionPay Point = 1 poin AirAsia BIG
BCA UnionPay

Ajukan Sekarang

Pemasukan
Bulanan
Minimal
Rp3.000.000 Masa Berlaku
Poin
Belum ada informasi
Kartu Kredit
Referensi
Tidak perlu Min.
Transfer
Belum ada informasi
Biaya Tahunan
Rp125.000 Rekanan
Penukaran
Welcome Bonus
Hingga 3.333 miles Biaya
Penukaran
Rp0
Perolehan Poin
Dalam Negeri
Rp15.000 – 20.000/mile Penggabungan
Poin?
Tidak
Perolehan Poin
Luar Negeri
Rp7.500 – 20.000/mile Manfaat di
Bandara
Tidak ada

Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Untuk transaksi di dalam negeri maupun di luar negeri (selain di Singapura, Hong Kong, Cina, dan Taiwan) Anda secara efektif akan memperoleh 1 airline mile tiap Rp15.000 (GarudaMiles) atau Rp20.000 (KrisFlyer). Nilai yang didapat adalah 1.

Untuk transaksi di Singapura, Hong Kong, Cina, atau Taiwan Anda secara efektif akan memperoleh 1 airline mile tiap Rp7.500 (GarudaMiles) atau Rp10.000 (KrisFlyer). Nilai yang didapat adalah 2.

Rata-rata nilai yang didapat adalah 1,5.

Nilai: 1.5

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Welcome bonus untuk kartu ini ditawarkan dalam bentuk 5.000 BCA UnionPay Point yang dapat ditukarkan menjadi 2.500 miles KrisFlyer atau 3.333 GarudaMiles setelah berbelanja minimal Rp5.000.000 dalam 3 bulan pertama. Nilai yang didapat adalah 0,5.

Nilai: 0.5

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

BCA UnionPay Point dapat ditukarkan dengan poin/miles dari AirAsia, Singapore Airlines, dan Garuda Indonesia. Nilai yang didapat adalah 1.

Nilai: 1

Bonus Unik & Kerja Sama (Skor Maksimal: 1)

Walaupun BCA menawarkan promo khusus untuk pemegang kartu ini seperti beli 2 gratis 2 prasmanan di Kitamura, kartu ini sendiri tidak memiliki bonus permanen yang melekat pada kartu itu sendiri, sehingga kartu ini dianggap tidak memiliki bonus unik.

Sebagai kartu kredit BCA non-Singapore Airlines Anda juga dapat memanfaatkan promo saat ada BCA-Singapore Airlines Travel Fair, walaupun mungkin tidak semenarik penawaran untuk kartu cobrand BCA-Singapore Airlines. Nilai yang didapat adalah 0,5.

Nilai: 0.5

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini tidak memberikan manfaat apapun di bandara. Nilai yang didapat adalah 0.

Nilai: 0

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memiliki biaya tahunan Rp125.000 dan mungkin dapat digratiskan di tahun berikutnya dengan syarat tertentu. Nilai yang didapat adalah 1.

Nilai: 1

Total Nilai: 4.5 / 10

“Kartu kredit entry-level dengan tingkat perolehan dan konvertibilitas yang baik serta biaya tahunan yang rendah.”

Penutup

Saya sendiri berani mengatakan bahwa BCA UnionPay adalah kartu kredit entry-level terbaik di Indonesia. Walaupun kartu ini cukup mudah didapatkan, bukan berarti kartu ini kalah bersaing dengan kartu-kartu lainnya dari seluruh aspek, bahkan dibandingkan dengan beberapa kartu kredit mid-end. Apabila Anda baru saja memasuki dunia poin dan miles, maka kartu ini sangat pantas menjadi kartu kredit pertama Anda.

 

Apakah Anda tertarik untuk memiliki kartu kredit BCA UnionPay?