qatar status match

Qatar Airways Privilege Club Akan Mulai Menggunakan Avios

Di akhir Maret 2022 Qatar Airways Privilege akan menggunakan Avios sebagai “mata uang” miles-nya. Berikut detailnya:

Apa itu Avios?

Avios adalah “mata uang” miles yang digunakan oleh program frequent flyer maskapai anggota International Airlines Group (IAG), yaitu:

Dengan satu “mata uang” tersebut, miles dari ketiga program tersebut dapat saling dipindahkan ke program lain, namun ketentuan untuk penukaran miles masih mengikuti aturan program masing-masing.

Avios merupakan “mata uang” reward grup IAG.

Bukannya Qatar Airways tidak termasuk dalam IAG?

Betul, namun Qatar Airways merupakan salah satu pemegang saham terbesar di IAG di 25,1%, dan juga semua maskapai didalamnya yang bergabung dalam aliansi penerbangan bergabung di Oneworld.

Apa manfaatnya Qatar Airways Privilege Club menggunakan Avios?

Dengan Qatar Airways Privilege Club menggunakan Avios Anda kedepannya dapat memindahkan miles Anda ke program lain seperti Iberia Plus, atau dari program lain ke Qatar Airways Privilege Club. Saat ini Avios dari 3 program di atas sudah dapat dipindahkan secara gratis di situs Avios, sehingga Anda dapat memanfaatkan peluang dari masing-masing program.

Mendapatkan miles lebih banyak

Walaupun pada umumnya jumlah miles yang Anda dapatkan saat terbang relatif sama antara beberapa program, namun ada beberapa kasus dimana program tertentu memberikan lebih banyak miles untuk penerbangan yang sama. Selain itu, beberapa program memiliki maskapai rekanan di luar aliansi yang mungkin tidak dimiliki oleh program lainnya. Sebagai contoh:

  • American Airlines kelas bisnis subkelas terendah (I):
    • Qatar Airways Privilege Club: 100% miles,
    • British Airways Executive Club/Iberia Plus: 150% miles (minimum 750 miles),
  • JetBlue kelas bisnis subkelas apapun (J/C/D/I):
    • Qatar Airways Privilege Club: 125% miles,
    • British Airways Executive Club/Iberia Plus: 0% miles (bukan rekanan).
Dapatkan Avios saat terbang dengan kelas bisnis JetBlue (Mint) melalui Qatar Airways Privilege Club. Foto: JetBlue.

Anda dapat menggunakan situs Where to Credit untuk membandingkan jumlah miles yang dapat diperoleh untuk berbagai program frequent flyer.

Menghemat miles atau tuslah bahan bakar untuk penukaran

Dengan memindahkan poin ke program yang tepat Anda dapat menghemat banyak miles atau tuslah bahan bakar (fuel surcharge). Sebagai contoh:

Semua contoh mengasumsikan perjalanan sekali jalan. Harga dalam miles untuk kelas ekonomi/kelas bisnis.

  • Kuala Lumpur KUL ke Bangkok BKK dengan Malaysia Airlines:
    • Qatar Airways Privilege Club: 15.000/30.000 miles,
    • British Airways Executive Club/Iberia Plus: 9.000/16.500 miles (hemat hingga 13.500 miles sekali jalan),
  • Tokyo NRT ke Los Angeles LAX dengan Japan Airlines:
    • Qatar Airways Privilege Club: 60.000/120.000 miles,
    • British Airways Executive Club/Iberia Plus: 25.750/77.250 miles (hemat hingga 42.750 miles sekali jalan).

Di sisi lain, dengan asumsi Qatar Airways tetap tidak membebankan tuslah bahan bakar untuk penerbangannya sendiri seperti saat ini maka Anda dapat juga memanfaatkan kesempatan untuk menghemat banyak saat terbang dengan Qatar Airways, terutama mengingat tuslah bahan bakar Qatar Airways merupakan salah satu yang cukup tinggi saat ini. Sebagai contoh, untuk penerbangan sekali jalan dari Doha DOH ke Frankfurt FRA dengan Qatar Airways di kelas bisnis Anda akan dikenakan:

  • Qatar Airways Privilege Club: 43.000 miles + QAR140 (~Rp550.000),
  • British Airways Executive Club/Iberia Plus: 38.750 miles + Rp2.234.700.
Qatar Airways Privilege Club tidak mengenakan tuslah bahan bakar untuk penerbangannya sendiri.
Walaupun British Airways Executive Club menawarkan jumlah miles yang lebih murah, Anda akan selalu dikenakan tuslah bahan bakar.

Dengan contoh tersebut, misalkan Anda memilih untuk menggunakan Qatar Airways Privilege Club maka Anda akan menghabiskan 4.250 miles namun menghemat ~Rp1.700.000 – dalam kasus ini, valuasi per mile yang Anda dapatkan dari penghematan ini mencapai Rp400/mile, angka yang cukup bagus.

Bagaimana proses transisi ini akan berlangsung?

Di akhir Maret 2022 semua miles Anda di program Qatar Airways Privilege Club (Qmiles) akan diubah menjadi Avios dengan rasio 1:1. Proses ini bersifat otomatis, dan tidak ada perubahan mengenai cara mendapatkan atau menukarkan miles.

Mengingat miles di program Qatar Airways Privilege Club sudah berlaku selamanya dengan aktivitas dalam 36 bulan terakhir yang sudah seragam dengan kebijakan program lain yang menggunakan Avios, tidak ada perubahan masa belaku miles dengan proses transisi ini.

Apakah ada perubahan manfaat atau cara memperoleh status dengan perubahan ini?

Tidak. Syarat untuk memperoleh status maupun manfaat yang didapatkan akan tetap sama seperti sebelumnya. Semua program frequent flyer lain yang menggunakan Avios memiliki syarat yang berbeda-beda untuk mendapatkan status elit, bahkan untuk status elit “setara” (misalnya Iberia Plus Oro atau British Airways Executive Club Silver yang sama-sama Oneworld Sapphire), sehingga kemungkinan besar ini akan tetap bertahan untuk kedepannya.

Akses lounge kelas bisnis atau utama dengan status elit Oneworld Sapphire atau Emerald. Foto: PinterPoin.

Penutup

Perubahan miles dari program Qatar Airways Privilege Club menjadi menggunakan Avios merupakan langkah yang cukup positif. Dengan perubahan ini, kedepannya hanya dengan satu “mata uang” miles Anda dapat memanfaatkan manfaat terbaik dari 5 program sekaligus, sehingga apabila Anda memiliki miles di beberapa program sekalipun semua poin tersebut dapat saling dipindahkan dan dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin.

 

Bagaimana pendapat Anda tentang Qatar Airways Privilege Club yang akan mulai menggunakan Avios?

Share
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea