UPDATE: Qatar Airways telah mengonfirmasi kepada Executive Traveller jika tiket business class hasil penukaran miles tetap akan mendapat akses lounge dan pemilihan kursi gratis.

Beberapa waktu lalu, Qatar Airways sempat memperkenalkan unbundled – “Classic” business class (kode tarif R) dengan harga yang lebih rendah karena fitur pemilihan kursi dan lounge yang dihilangkan.

Kini, Qatar Airways membuat perubahan negatif dengan menghilangkan akses lounge dan fitur pemilihan kursi untuk tiket business class hasil penukaran miles. Kedepannya, seluruh tiket business class Qatar Airways hasil penukaran miles akan masuk dalam kode tarif R. Kebijakan ini berlaku untuk penukaran miles dengan program lainnya.

Misalnya Anda menukarkan Asia Miles (Cathay Pacific) untuk penerbangan business class Qatar Airways, maka Anda tidak akan mendapatkan akses lounge gratis dan tidak bisa memilih kursi. Pengecualian jika Anda memiliki status elit oneworld atau Qatar Airways.

Pembatasan akses lounge ini juga berlaku untuk lounge partner maskapai oneworld dan lounge kontrak yang digunakan oleh Qatar Airways.

Untuk sementara waktu, penumpang dengan tiket business class Qatar Airways kode tarif R masih bisa mengakses lounge partner, namun tidak akan bertahan lama karena Qatar Airways dan maskapai rekanannya secara bertahap akan mengimplementasikan kebijakan baru ini.

Qatar Airways Hilangkan Akses Lounge dan Pemilihan Kursi gratis untuk tiket hasil penukaran miles | PinterPoin

Foto: Qatar Qsuite

Perlu Akses Lounge?

Penumpang yang membeli atau menukar miles untuk unbundled business class ini tetap bisa membeli akses lounge di rentang harga QAR 250 hingga QAR 600 (sekitar Rp960.000 – Rp2.320.000).

Penumpang yang memiliki status elite Gold/Platinum dengan Qatar Airways atau status oneworld Sapphire/Emerald tetap bisa mengakses lounge. Alternatifnya, penumpang bisa mengakses lounge dengan fasilitas dari kartu kredit atau keanggotaan Priority Pass.


Baca juga: Duo Korea Bersatu, Korean Air Akan Beli Asiana Airlines


Penutup

Tiket business class Qatar Airways hasil penukaran miles tidak akan mendapatkan akses lounge dan pemilihan kursi. Bagi mayoritas penumpang, akses lounge merupakan salah satu pembeda antara tiket business class dengan economy class, oleh karena itu, peraturan baru ini pastinya akan dilihat negatif.

Tren unbundled business class ini saya rasa akan terus berlanjut melihat sejumlah maskapai besar lainnya seperti Emirates juga sudah menerapkan konsep ini.

Diatas kertas, tipe tarif unbundled business class ini terdengar fair bagi penumpang yang tidak membutuhkan fasilitas lounge atau memilih kursi. Sayangnya, harga yang ditawarkan aslinya juga tidak murah jika dibandingkan dengan tarif tiket business class maskapai lain.

Jika Anda berencana untuk menukarkan miles untuk terbang di business class Qatar Airways, maka jadikan perubahan baru ini sebagai salah satu pertimbangan.

H/T: MainlyMiles & Executive Traveller