Pengalaman Saya Meminta Penghapusan Iuran Tahunan Kartu Kredit

Bulan April ini, lebih dari separuh dari kartu kredit saya ‘berulang tahun’ sehingga tidak mengejutkan apabila muncul berbagai tagihan iuran tahunan (annual fee) di kartu kredit saya. Tidak tega berpisah dengan jutaan Rupiah yang seharusnya bisa gratis, saya menghubungi pihak phone customer service setiap kartu kredit untuk meminta penghapusan iuran tahunan, berikut hasilnya:

CIMB Niaga JCB Ultimate

Annual fee dari kartu kredit #1 saya ini baru saja ditagihkan beberapa hari yang lalu dan dapat dengan mudah dihapuskan setelah bertransaksi 150 juta dalam 1 tahun terakhir.

Bergantung pada promosi-nya, maka syarat pembebasan annual fee tahun pertama kartu kredit CIMB Niaga JCB Ultimate ini bisa berbeda-beda.

Saya memperoleh pembebasan annual fee setelah dengan syarat bertransaksi 150 juta dalam periode waktu 3 bulan di tahun pertama; Sedangkan beberapa teman saya bisa memperoleh pembebasan annual fee tahun pertama ‘hanya’ dengan bertransaksi 50 juta di 3 bulan pertama.


Baca juga: Review Kartu Kredit CIMB Niaga JCB Ultimate


CIMB Niaga Visa Infinite

Sama seperti kartu JCB Ultimate saya, annual fee dari kartu kredit ini juga dapat dengan mudah dihapuskan setelah bertransaksi 75 juta dalam 1 tahun terakhir. Bergantung pada promosi-nya, maka syarat pembebasan annual fee tahun pertama kartu kredit CIMB Niaga Visa Infinite bisa berbeda-beda.

Saya memperoleh pembebasan annual fee setelah dengan syarat bertransaksi 75 juta dalam periode waktu 3 bulan di tahun pertama; Sedangkan beberapa teman saya bisa memperoleh pembebasan annual fee tahun pertama ‘hanya’ dengan bertransaksi 15 juta di 3 bulan pertama.


Baca juga: Review Kartu Kredit CIMB Niaga Visa Infinite


BCA Singapore Airlines Visa Signature

Tagihan annual fee kartu kredit BCA Singapore Airlines Visa Signature saya tiba beberapa bulan lalu dan dapat dengan mudah dihapuskan tanpa syarat apapun.

Di tahun pertama, kartu kredit ini juga menggratiskan annual fee-nya selama Anda aktif menggunakan kartu ini.


Baca juga: Review Kartu Kredit BCA Singapore Airlines Visa Signature


BCA Singapore Airlines Visa Infinite

Satu dari dua kartu kredit yang annual fee-nya ‘terpaksa’ saya bayar karena pengajuan penghapusan iuran tahunan saya ditolak.

Untungnya, annual fee dari kartu ini tidak terlalu mahal yakni hanya 750 ribu Rupiah dan manfaat yang didapat masih sebanding.

Pengajuan penghapusan iuran tahunan saya ditolak

Beberapa pembaca PinterPoin menginformasikan bahwa satu-satunya cara untuk bisa menghapuskan annual fee dari kartu ini adalah menjadi nasabah Prioritas atau Solitaire dari BCA.

Berdasarkan informasi yang ada, jika Anda meng-upgrade kartu ini dari BCA Singapore Airlines Visa Signature, maka annual fee akan langsung ditagihkan di bulan pertama (seperti kasus saya). Sedangkan apabila Anda mengajukan kartu ini sebagai kartu baru, maka annual fee baru akan ditagihkan pada tahun kedua.


Baca juga: Review Kartu Kredit BCA Singapore Airlines Visa Infinite


DBS Travel Visa Signature

Annual fee kartu kredit DBS Travel Visa Signature merupakan salah satu yang cukup sulit dihapuskan menurut saya. Selama 2 tahun memiliki kartu kredit ini, saya harus selalu menyambung ke bagian penutupan kartu untuk bisa meminta penghapusan annual fee.

Apakah berhasil? Ya, selalu dengan syarat saya bertransaksi 20 juta dalam periode waktu 3 bulan.

Kunci dari penghapusan iuran tahunan di bagian penutupan adalah Anda harus pintar negosiasi dan aktif dalam menggunakan kartu kredit ini. Jika Anda memenuhi kedua syarat tersebut, saya cukup yakin annual fee Anda akan bisa dihapuskan setiap tahunnya 😉


Baca juga: Review Kartu Kredit DBS Travel Visa Signature


UOB PRIVI Miles

Sama seperti DBS namun Anda tidak perlu menyambung ke bagian penutupan kartu untuk bisa meminta penghapusan annual fee.

Dari pengalaman saya 3 tahun memiliki kartu ini, mereka tidak meminta syarat apapun untuk penghapusan iuran tahunan.


Baca juga: Review Kartu Kredit UOB PRIVI Miles


Citi Premier Miles

Citi Premier Miles adalah kartu kredit saya yang relatif baru sehingga saya kurang mengerti kebijakan penghapusan annual fee-nya.

Namun, berdasarkan informasi phone customer service dan pembaca PinterPoin lain yang sudah terlebih dahulu memiliki kartu kredit ini, annual fee dari kartu ini bisa dihapuskan dengan/tanpa syarat. 

Jika Anda nasabah CitiGold, saya sangat yakin bahwa annual fee kartu kredit ini bisa digratiskan tanpa syarat apapun 😉

Citi juga tidak akan menagihkan annual fee tahun pertama jika Anda sebelumnya belum pernah memiliki kartu kredit Citi sama sekali.


Baca juga: Review Kartu Kredit Citi Premier Miles


Citi Prestige

Satu dari dua kartu kredit yang tidak bisa saya hapuskan annual fee-nya.

Hanya saja, ketika saya menghubungi pihak Citi Indonesia beberapa saat yang lalu, mereka menginformasikan bahwa saya  berhak memperoleh 150.000 Citi Rewards ATAU cashback annual fee senilai 1,5 juta Rupiah karena saya adalah nasabah baru kartu Citi Prestige.

Jika memang memperoleh salah satu, saya akan memilih 150.000 Citi Rewards (setara dengan 30.000 airline miles) yang mana cukup meng-offset biaya memiliki kartu kredit ini.

Di tahun-tahun selanjutnya, saya rasa tidak akan ada opsi penghapusan annual fee kecuali Anda mau menukarkan Citi Rewards Anda untuk penghapusan annual fee.


Baca juga: Review Kartu Kredit Citi Prestige


HSBC Visa Signature

Pengalaman saya dalam meminta penghapusan iuran tahunan kartu kredit HSBC Visa Signature cukup unik. Pertama-tama, mereka mensyaratkan transaksi 30 juta Rupiah dalam periode waktu 3 bulan sebagai syarat penghapusan annual fee. Saya mengiyakan namun tidak melakukannya.

2 bulan kemudian, saya kembali menghubungi pihak HSBC dan meminta dihubungkan ke bagian penutupan kartu kredit dengan alasan tidak mampu menyanggupi transaksi sebagai syarat penghapusan annual fee dan memohon penutupan kartu.

Usut punya usut, tiba-tiba mereka mengatakan bahwa iuran tahunan saya digratiskan tanpa syarat apapun selama kartu kredit tersebut masih aktif dan seterusnya akan seperti itu. Oleh karena itulah kartu kredit HSBC saya sampai saat ini masih intact dan tidak saya tutup 🙂


Baca juga: Review Kartu Kredit HSBC Visa Signature


Penutup

Berbeda dengan kartu kredit di Amerika Serikat, hampir seluruh kartu kredit di Indonesia memiliki kebijakan penghapusan iuran tahunan dengan/tanpa syarat. 

Hanya saja, setiap bank memiliki kebijakan sendiri-sendiri dan oleh karena itu ada baiknya Anda bertanya kepada pihak terkait untuk program penghapusan annual fee yang ada.

Jika tidak ada atau tidak diberikan, maka Anda bisa melanjutkan ancaman ke pihak penutupan kartu kredit dengan embel-embel ‘keberatan dengan iuran tahunan’ sebagai alasan penutupan kartu kredit.

Lebih banyak dibanding tidak, mereka akan memberikan Anda program penghapusan annual fee dengan/tanpa syarat apapun. Anda bisa membaca tips lengkapnya disini.

Jika bisa gratis, kenapa tidak? 

.

Apa pengalaman Anda dalam meminta penghapusan annual fee kartu kredit? 
Share

8 comments
  1. Terima kasih informasinya, sangat berguna bagi pemilik kartu kredit pemula seperti saya. Saya ingin bertanya, kalau kita bilang tidak menyanggupi annual fee dan akhirnya terpaksa harus berakhir dengan penutupan kartu, agar kartu tersebut ditutup, apakah kita harus membayar annual fee atau penutupan kartu otomatis menghilangkan kewajiban annual fee tersebut?

  2. Rata2 90% kartu kredit, Annual Fee (AF) Itu di tagih bt 1 tahun kedepan.

    Berarti waktu AF muncul di tagihan anda, dan anda telpon untuk tutup kartu, berarti anda tidak perlu melunasi AF nya untuk tutup kartu.

  3. hi pak,

    ingin tambahkan pengalaman saya, kartu BCA Singapore Airlines Visa Infinite saya dapat di hapus AF nya, dengan disambungkan ke bag penutupan kartu.

    mengenai kartu DBS Travel Visa Signature, saya dapat dihapuskan tanpa challenge. sepertinya berbeda2 ya challengenya kepada tiap nasabah.

    1. Halo Alv

      Apakah Anda merupakan nasabah prioritas sehingga BCA Infinite nya bisa dihapuskan AF nya? Karena yang saya dapat informasinya bahwa iuran untuk kartu Infjnite ini tidak bisa dihapuskan, kecuali menjadi nasabah proritas? Dan yang saya tahu dari rekan saya yang menjadi nasabah prioritas pun, katanya hanya disampaikan free untuk 1 tahun pertama saja.

      Terima kasih informasinya

  4. Numpang tanya, saya pemegang kartu kartu kredit baru, jadi masih awam banget mengenai hal2 seperti ini. Sudah lama saya dikirimkan kartu kredit cimb niaga jcb precious, tapi tidak pernah saya gunakan. Tiba2 dapet email mengenai af sebesar 350.000 ditagihan yg dikirimkan melalui email.

    Jika ingin saya tutup kartu kreditnya, kira2 ttp harus saya bayarkan af 350.000 itu?? Berpengaruh ga sama status bi checking saya nantinya??

    1. Bayu Putra,

      Anda lebih baik menghubungi CS terlebih dahulu untuk meminta penghapusan annual fee (kartu tsb bisa dihapuskan iuran tahunan-nya dengan/tanpa syarat) baru kemudian menutup kartu tersebut.

      Jika Anda menutup kartu sebelum melunasi tunggakan yang bisa dihapuskan tsb, maka nanti bisa berpengaruh ke status kualitas pembayaran (dianggap menunggak/tidak bisa membayar tunggakan) sehingga nantinya akan berpengaruh ke BI checking di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea