Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit Citi Prestige menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Citi Prestige adalah salah satu kartu kredit top-tier unik di Indonesia

Kartu kredit Citi Prestige adalah salah satu kartu kredit top-tier dari Citibank Indonesia yang tergolong sangat unik karena memiliki benefit yang tidak dimiliki kartu kredit lain di Indonesia seperti fitur 4th night free dan free airport pick-up.

Dengan welcome bonus yang menarik (poin kartu kredit setara 30.000 airline miles), konvertibilitas yang sangat baik, benefit unik yang tidak ada di kartu lain, dan earning rate yang cukup bagus (terutama apabila Anda adalah nasabah CitiGold), kartu ini adalah salah satu kartu kredit top-tier terbaik di Indonesia.

Hanya saja, perlu Anda ketahui bahwa annual fee dari kartu kredit ini tidak bisa di-waiver (dihapuskan) dengan alasan apapun dan kartu ini memiliki limit awal (starting limit) yang sangat tinggi yaitu 100 juta Rupiah.

Rasio penukaran efektif poin kartu kredit ini menjadi airline miles adalah sebagai berikut:

  • 5 Citi Prestige Point = 1 Airline Miles

kartu kredit ini memiliki rasio perolehan poin/miles yang sama untuk pengeluaran di dalam maupun luar negeri.

  • Pengeluaran di dalam/luar negeri: Rp 1.500 = 1 Citi Prestige Point

Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda bisa mendapatkan 1 airline mile setiap melakukan transaksi di dalam negeri sebesar Rp 7.500. Nilai yang didapat adalah 2

Apabila Anda adalah nasabah CitiGold, Anda akan memperoleh tambahan poin sebesar 15% sehingga tingkat perolehannya adalah Rp 6.520. Nilai yang didapat adalah 2.5

Nilai: 2.25

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Dapatkan total 150.000 Citi Prestige Point atau setara dengan 30.000 airline miles setelah melakukan transaksi pertama dan membayar iuran tahunan kartu kredit ini.

Nilai: 1.5

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini memiliki 11 transfer partner yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Cathay Pacific, British Airways, Malaysia Airlines, Etihad, Eva Air, Flying Blue (Air France & KLM), Qantas, Qatar Airways, dan Thai Airways. Kartu kredit ini memiliki partner maskapai terbanyak di Indonesia. 

Nilai: 1.5


Bonus Unik & Kerja Sama Travel Fair (Skor Maksimal: 1)

Kartu kredit ini memiliki berbagai bonus unik berupa:

  • Fitur 4th night free di mana Anda akan mendapat gratis menginap di malam keempat apabila Anda memesan hotel menggunakan layanan Citi Prestige Concierge.
  • Gratis layanan antar/jemput dari/ke bandara (setiap perjalanan dihitung 1x) dengan kendaraan mewah, 2 (dua) kali setiap tahunnya.
  • Gratis layanan Meet & Assist atau Immigration Fast Track di berbagai bandara, 2 (dua) kali setiap tahunnya.
  • Bonus 15% Citi Prestige Point apabila Anda adalah nasabah CitiGold.
Nilai: 1

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memiliki airport perks berupa akses ke berbagai airport lounge domestik di Indonesia. klik disini untuk mengetahui daftar airport lounge yang bisa diakses menggunakan kartu kredit ini. Kartu ini juga memiliki free unlimited access untuk airport lounge yang bekerja sama dengan Priority Pass.

Nilai: 1

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Iuran tahunan kartu ini adalah sebesar Rp 3.500.000 per tahunnya dan tidak bisa di waive (dihapuskan) dengan alasan apapun. 

Nilai: 0.1

Total Nilai: 7.35 / 10

“Kartu kredit top-tier dari Citibank Indonesia yang memiliki kelebihan utama berupa travel benefit yang sangat menarik dan konvertibilitas yang sangat baik sehingga menjadikannya sebagai salah satu kartu kredit top-tier terbaik di Indonesia.”

 

Penutup

Kartu kredit Citi Premier Miles adalah salah satu kartu kredit top-tier terbaik di indonesia. Terutama setelah ditambahkannya welcome bonus sebesar 150.000 Citi Prestige Point (setara 30.000 airline miles), kartu kredit ini semakin menarik untuk dimiliki.

Sayangnya, kekurangan utama dari kartu kredit ini yaitu limit awal yang sangat tinggi (100 juta) dan annual fee yang tidak bisa digratiskan mungkin membuat sebagian orang (termasuk saya) berpikir dua kali sebelum mengajukan kartu ini.

Singkat kata, apabila Anda sering menginap di luxury hotel dan mengapresiasi berbagai travel benefit yang ditawarkan kartu ini, maka kartu ini mungkin cocok untuk Anda.

Sebaliknya, apabila Anda merupakan seseorang yang picky mengenai kartu kredit (terutama untuk annual fee) dan lebih mencari kartu kredit top-tier dengan earning rate yang bagus dan tanpa syarat; Maka kartu Citi Prestige ini mungkin kurang cocok untuk Anda.

.

Bagaimana Pendapat Anda Mengenai Kartu Kredit Citi Prestige Ini?