Bagi Anda yang melewatkan, PinterPoin telah membuat sebuah metode penilaian kartu kredit yang bisa Anda baca terlebih dulu melalui link berikut: Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit Citi Premier Miles menggunakan metode tersebut.

Desain baru Citi Premier Miles.

Kartu kredit Citi Premier Miles adalah salah satu kartu kredit top-tier dari Citibank Indonesia yang ditujukan untuk para traveler aktif. Kelebihan utama dari kartu ini terletak pada konvertibilitasnya yang mana adalah terbaik di Indonesia karena kartu ini bekerja sama dengan 11 maskapai dan 1 hotel.

Setiap transaksi menggunakan kartu kredit ini, Anda akan memperoleh Premier Miles yang bisa dikonversikan menjadi airline miles. Rasio penukaran efektif Premier Miles menjadi airline miles adalah sebagai berikut:

  • 1 Premier Miles  = 1 airline mile

Wajib diketahui jika kartu kredit ini memiliki rasio perolehan poin/miles yang berbeda untuk pengeluaran di dalam dan luar negeri.

  • Pengeluaran di dalam negeri: Rp 8.750 = 1 Premier Miles
  • Pengeluaran di luar negeri: Rp 5.000 = 1 Premier Miles (khusus untuk transaksi di hotel, restoran, penerbangan, department stores, dan butik)

Kartu ini juga dilengkapi dengan welcome bonus yang cukup substansial yaitu 25.000 Premier Miles (setara dengan 25.000 airline mile) ketika Anda bertransaksi sebesar 50 juta dalam periode 90 hari (3 bulan) sejak kartu disetujui.

Lebih hebatnya lagi, welcome bonus ini bisa Anda tetap dapatkan walaupun sebelumnya Anda sudah pernah memiliki kartu kredit Citibank*.

*) Bonus bisa di-klaim kembali bagi nasabah yang sudah menutup rekening kartu kredit Citibank lebih dari 1 tahun.


Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda bisa mendapatkan 1 airline mile setiap melakukan transaksi di dalam negeri sebesar Rp 8.750. Nilai yang didapat adalah 2.

Sedangkan untuk pengeluaran di luar negeri, Anda akan mendapatkan 1 airline mile setiap melakukan transaksi setara Rp 5.000. Nilai yang didapat adalah 2.5.

Nilai: 2.25


Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Kartu kredit ini memiliki welcome bonus sebesar 25.000 miles. Bonus ini bisa Anda peroleh ketika Anda sudah bertransaksi sebesar 50 juta dalam periode 90 hari (3 bulan) sejak kartu disetujui. Lebih hebatnya lagi, welcome bonus ini bisa Anda tetap dapatkan walaupun sebelumnya Anda sudah pernah memiliki kartu kredit Citibank*.

*) Bonus bisa di-klaim lagi bagi mereka yang sudah menutup rekening kartu kredit Citibank lebih dari 1 tahun.

Nilai: 1.5


Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini memiliki 11 transfer partner yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Cathay Pacific, British Airways, Malaysia Airlines, Etihad, Eva Air, Flying Blue (Air France & KLM), Qantas, Qatar Airways, dan Thai Airways. Kartu kredit ini memiliki kerjasama dengan maskapai terbanyak di Indonesia. 

Nilai: 1.5


Bonus Unik & Kerja Sama Travel Fair (Skor Maksimal: 1)

Tidak ada.

Nilai: 0


Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Free makanan atau minuman pada merchant di airport yang bekerja sama dengan kartu kredit dari Citibank Indonesia (Prestige, PremierMiles, Platinum, dan Garuda Indonesia). Kartu ini juga memiliki free akses 1 kali setahun ke airport lounge yang bekerja sama dengan Priority Pass. Uniknya, Anda bisa membawa pendamping ketika mengakses airport lounge yang bekerja sama dengan Priority Pass tersebut. 

Nilai: 1


Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Iuran tahunan sebesar Rp 1.000.000 yang kemungkinan besar bisa di waive (dihapuskan) ketika Anda mencapai spending dalam jumlah tertentu.

Nilai: 0.7


Total Nilai: 6.95 / 10

“Kartu kredit dengan konvertibilitas terbaik di Indonesia yang juga dilengkapi dengan welcome bonus yang sangat menarik namun sayangnya kurang kompetitif dari sisi earning rate untuk kartu kredit top-tier.”

 

Penutup

Kartu kredit Citi Premier Miles merupakan kartu kredit all-rounder yang sangat bagus terutama dari sisi konvertibilitas. Kartu ini hampir memiliki segalanya dari tingkat perolehan yang cukup atraktif, konvertibilitas yang sangat beragam, welcome bonus yang cukup besar, airport perks, penghapusan iuran tahunan, dan sebagainya. Tidak heran kartu ini termasuk salah satu kartu kredit yang paling direkomendasikan oleh tim PinterPoin.

Sayangnya, kartu ini tidak bekerja sama dengan travel fair manapun dan untuk kategori kartu kredit top-tier, tingkat perolehan (earning rate) dari kartu ini tergolong sangat standar. Apapun itu, kartu kredit ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengumpulkan airline miles yang tergolong susah diakumulasikan di Indonesia seperti Etihad Guest (Etihad Airways) dan Flying Blue (Air France & KLM).

Bagaimana pendapat Anda tentang kartu kredit Citi PremierMiles Ini?