Selamat datang di panduan lengkap Emirates Skywards.

Berbasis di Dubai, Uni Emirat Arab, Emirates merupakan salah satu maskapai terbesar di dunia yang seringkali menjadi pilihan orang Indonesia untuk bepergian ke berbagai penjuru dunia.

Emirates sendiri dikenal dengan produk spektakulernya seperti first class di A380 dan Boeing 777-300ER terbaru yang seringkali menjadi bucket list para traveler. Menariknya, Emirates adalah maskapai dengan armada pesawat berbadan lebar terbanyak di dunia. Saat ini Emirates mengoperasikan 115 unit A380 (8 menyusul) dan 153 unit Boeing 777.

Meski jarang dibahas secara mendetil, frequent flyer program Emirates Skywards nyatanya cukup populer bagi kalangan orang Indonesia. Panduan ini saya buat untuk membantu Anda mengenal lebih dalam tentang frequent flyer program tersebut.

Klik disini untuk link pendaftaran anggota baru Emirates Skywards.

Penting: Skywards Miles akan kadaluwarsa pada tahun ke-3 tahun di akhir bulan ulang tahun Anda.

Contoh: Jika saya mendapatkan miles pada bulan Maret 2021 dan ulang tahun saya di bulan Desember, maka miles tersebut akan kadaluwarsa pada 31 Desember 2024.

Miles yang kadaluwarsa dalam 6 bulan terakhir bisa diperpanjang dengan membayar US$20 per 1.000 miles (maks. 50.000 miles per tahun).

Panduan Lengkap Emirates Skywards

Mandi di pesawat komersial bisa terwujud di first class Emirates. Foto: Emirates

Mendapatkan Miles Emirates Skywards

Pada program Emirates Skywards, terdapat 2 jenis miles yang bisa dikumpulkan, yakni Skywards Miles yang digunakan untuk penukaran award (misalnya tiket pesawat) dan Tier Miles yang digunakan untuk menentukan status elite pada program ini.

Skywards Miles bisa dikumpulkan tidak hanya melalui penerbangan saja, namun juga bisa dari penukaran poin kartu kredit, menginap di hotel, membeli miles, dan mengumpulkan (pooling) miles dari keluarga.

Tier Miles hanya bisa didapatkan melalui penerbangan dengan Emirates, flydubai, dan codeshare flight dengan nomor penerbangan yang dimulai dengan EK atau FZ.

Terbang

Skywards Miles bisa dikumpulkan melalui penerbangan Emirates, flydubai, codeshare flight, dan maskapai rekanannya.

Emirates Skywards tidak memiliki tabel perolehan miles, namun terdapat kalkulator perolehan & penukaran miles yang bisa digunakan untuk menghitung jumlah miles yang akan didapat dari penerbangan.

Kalkulator tersebut menampilkan informasi yang komprehensif. Lihat contoh perhitungan perolehan & penukaran Skywards Miles untuk penerbangan business class Emirates rute Jakarta – Dubai p.p. berikut:

Kalkulator perolehan & penukaran Skywards Miles

Sedangkan pada penerbangan maskapai partner, mengakses hitungan perolehannya melalui link ini.

“My Family” Miles Pooling

Salah satu fitur menarik dari Emirates Skywards adalah fasilitas mengumpulkan miles dari beberapa akun anggota keluarga ke dalam 1 akun “My Family”. Anggota bisa mengatur jumlah miles yang dikontribusikan dari tiap akun anggota keluarga ke akun keluarga tersebut.

Bila Anda sering bepergian dengan keluarga, maka fitur ini bisa membantu mengumpulkan miles pada 1 akun dengan cepat.

Kartu Kredit

Di Indonesia, satu-satunya kartu kredit yang menjadi transfer partner Emirates adalah BCA American Express Platinum dengan tingkat perolehan sebesar Rp7.500 / 1 miles Emirates Skywards.

BCA American Express Platinum adalah satu-satunya kartu kredit transfer partner Emirates di Indonesia.

Perlu diketahui juga jika BCA American Express Platinum terkadang mengadakan promo menarik seperti tambahan 3x Membership Rewards, yang mana membuat perolehan miles menjadi lebih murah.

Setelah Citi Amerika menambahkan Emirates sebagai transfer partner-nya, harapan saya adalah Citi Indonesia akan mengikuti langkah tersebut.

Hotel

Sejumlah loyalty program hotel ternama merupakan rekanan transfer poin dari Emirates Skywards, diantaranya adalah:

  • Accor Live Limitless
    • 4.000 poin Accor = 2.000 Skywards Miles
  • Hilton Honors
    • 10.000 poin Hilton = 1.000 Skywards Miles
  • IHG Rewards Club
    • 10.000 poin IHG = 2.000 Skywards Miles
  • Marriott Bonvoy
    • 3.000 poin Marriott = 1.000 Skywards Miles
    • 60.000 poin Marriott = 20.000 Skywards Miles (+ bonus 5.000 Skywards Miles)
  • World of Hyatt
    • 5.000 poin Hyatt = 2.000 Skywards Miles
    • 50.000 poin Hyatt = 20.000 Skywards Miles (+ bonus 5.000 Skywards Miles)

Anda juga bisa memilih untuk mengumpulkan Skywards Miles ketika menginap di hotel-hotel tersebut. Namun metode tersebut tidak saya sarankan karena rasio perolehan yang kurang baik.

Emirates memiliki kerja sama eksklusif dengan Marriott Bonvoy, dimana anggota Marriott (Gold keatas) bisa mendapatkan poin Marriott ketika terbang dengan Emirates & mendapat priority check-in dan priority boarding.

Emirates mempunyai kerja sama khusus dengan Marriott Bonvoy.

Berlaku juga sebaliknya dimana anggota Emirates Skywards (Silver keatas) bisa mendapat tambahan Skywards Miles ketika menginap di hotel jaringan Marriott & mendapat fasilitas seperti late check out hingga jam 4 sore.

Emirates Business Rewards

Bagi Anda yang mengelola bisnis, Anda bisa mendaftarkan bisnis tersebut pada program Emirates Business Rewards. Ketika karyawan Anda terbang dengan Emirates, Anda akan mendapatkan 1 Skywards Miles per US$1. Maksimal karyawan per akun adalah 80 karyawan.

Membeli Skywards Miles

Emirates menjual milesnya seharga US$30 per kelipatan 1.000 miles. Maksimal jumlah miles yang bisa dibeli mulai dari 100.000 – 200.000 miles per tahun, tergantung pada tingkatan keanggotaan Anda.

Terkadang, Emirates juga mengadakan promo pembelian milesnya seperti diskon hingga 35%, efektif menjadi US$19.50 per 1.000 miles. Saya sarankan untuk membeli miles hanya untuk top-up, ketika Anda kekurangan sedikit miles untuk penukaran.

Cara Lain

Anggota Emirates Skywards juga bisa memperoleh miles dengan metode lain seperti sewa mobil dan berbelanja (retail & lifestyle). Klik disini untuk informasinya.

Panduan Lengkap Emirates Skywards

Pesawat Emirates di bandara Hong Kong. Foto: PinterPoin

 

Menggunakan Miles Emirates Skywards

Terdapat beragam cara untuk menukarkan Skywards Miles yang sudah dikumpulkan. Namun, opsi penukaran paling umum adalah untuk penerbangan dengan Emirates dan maskapai rekanannya karena memberikan valuasi poin yang baik ketimbang opsi lainnya.

Terbang dengan Emirates

Emirates tidak memiliki tabel penukaran miles, melainkan menggunakan kalkulator perolehan & penukaran miles yang sama, akses disini.

Perlu diperhatikan bahwa penukaran miles Emirates akan lebih murah untuk penerbangan pulang-pergi (return) ketimbang one way. Penyebabnya adalah award one way hanya tersedia di kategori award “Flex Plus” yang mana lebih mahal ketimbang “Saver” dan “Flex” award.

Sebagai contoh, berikut contoh jumlah miles yang diperlukan untuk penukaran beberapa penerbangan:

  • Jakarta – Dubai
    • Economy class: 45.000 miles (one way) atau 52.500 miles (return)
    • Business class: 72.500 miles (one way) atau 105.000 miles (return)
  • Denpasar – Auckland
    • Economy class: 52.000 miles (one way) atau 60.000 miles (return)
    • Business class: 82.000 miles (one way) atau 120.000 miles (return)
    • First class: 112.000 miles (one way) atau 180.000 miles (return)
  • Jakarta – Dubai – London
    • Economy class: 65.000 miles (one way) atau 75.000 miles (return)
    • Business class: 103.750 miles (one way) atau 150.000 miles (return)
    • First class: 141.250 miles (one way) atau  225.000 miles (return)
  • Jakarta – Dubai – New York
    • Economy class: 82.500 miles (one way) atau 95.000 miles (return)
    • Business class: 131.250 miles (one way) atau 190.000 miles (return)
    • First class: 178.750 miles (one way) atau  285.000 miles (return)

Sebelumnya, Emirates Skywards jarang digunakan karena menerapkan biaya & pajak yang tinggi untuk penukaran milesnya. Untungnya, Emirates sudah melakukan perubahan dan menurunkan biaya secara drastis sebesar 70% hingga 90% lebih.

Bagi Anda yang hanya memiliki sedikit Skywards Miles & akan kadaluwarsa dalam waktu dekat, maka opsi Cash+Miles juga layak untuk dipertimbangkan. Anda bisa mengurangi biaya tiket pesawat dengan menggunakan miles ‘sisa’.

Upgrade Penerbangan

Anda harus membeli tiket yang eligible untuk di-upgrade. Untungnya, selain menggunakan kalkulator, mesin pencarian Emirates sudah menampilkan dengan detil tiket yang bisa di-upgrade dan jumlah miles yang diperlukan. Lihat contohnya berikut:

Upgrade kelas penerbangan dengan Skywards Miles tergantung pada jenis tiket yang dibeli.

Penukaran untuk Maskapai Lain

Emirates Skywards memiliki beragam maskapai rekanan untuk penukaran Skywards Miles, diantaranya adalah; Air Mauritius, Alaska Airlines, Bangkok Airways, Copa Airlines, easyJet, GOL, Japan Airlines, JetBlue, Jetstar, Korean Air, Malaysia Airlines, Qantas, S7 Airlines, South African Airways dan TAP Portugal.

Silahkan klik masing-masing link untuk melihat tabel penukarannya. Terdapat penukaran menarik yang bisa dianggap sweet spot yang akan saya bahas dibawah.

Penukaran Skywards Miles untuk penerbangan maskapai partner harus dilakukan dengan mengisi formulir online yang bisa diakses melalui link ini.

Panduan Lengkap Emirates Skywards Miles

Terbang di business class Japan Airlines dengan Emirates Skywards Miles. Foto: PinterPoin

 

Tingkatan Keanggotaan

Terdapat beberapa tingkatan keanggotaan pada program Emirates Skywards:

  • Emirates Skywards Blue
  • Emirates Skywards Silver – 25.000 tier miles atau terbang 25x
    • Bonus 25% Skywards Miles
  • Emirates Skywards Gold – 50.000 tier miles atau terbang 50x
    • Bonus 50% Skywards Miles
    • Akses lounge business class untuk anggota + 1 tamu. Akses lounge gratis hanya tersedia untuk penerbangan Emirates & codeshare Qantas
  • Emirates Skywards Platinum – 150.000 tier miles
    • Bonus 75% Skywards Miles
    • Akses lounge first class & business class untuk anggota + 1 tamu dewasa + 2 tamu berusia < 17 tahun. Akses lounge gratis hanya tersedia untuk penerbangan Emirates & codeshare Qantas

Berikut tabel perbandingan manfaat dari tiap tingkatan keanggotaan tersebut:

Panduan Lengkap Emirates Skywards

Panduan Lengkap Emirates Skywards

Anak-anak yang berusia dibawah 17 tahun juga bisa mengumpulkan Skywards Miles & mengejar status elite pada penerbangan Emirates dan flydubai dengan menjadi anggota Skysurfers. Untuk menyiapkan akun, orang tua hanya tinggal login ke akun Skywards dan menambahkan data anaknya.

 

Sweet Spot

Sweet spot adalah kesempatan penukaran miles yang menguntungkan dan kemungkinan besar akan dihilangkan setelah menjadi terlalu populer. Terdapat sweet spot pada program Emirates Skywards untuk penukaran penerbangan Emirates dan maskapai partner-nya.

Emirates mengoperasikan penerbangan sejumlah fifth freedom flight yang menarik, misalnya antara Singapore – Melbourne, Australia. Penerbangan tersebut bisa ditebus dengan miles yang terjangkau:

  • Business class: 90.000 Skywards Miles p.p.
  • First class: 135.000 Skywards Miles p.p.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penukaran Emirates akan jauh lebih menguntungkan untuk penerbangan pulang pergi.

Kemudian, rute fifth freedom antara New York (JFK) – Milan dan New York (EWR) – Athens, juga tergolong sweet spot untuk mencoba first class Emirates selama 7,5 jam dan 9 jam lebih hanya dengan 135.000 miles pulang pergi. Pajak dan biaya di kedua rute tersebut juga kini kurang dari US$100 per sekali jalan.

Sedangkan untuk maskapai partner, terdapat sweet spot untuk penukaran business class Japan Airlines:

  • Australia – Tokyo – Moscow hanya dengan 62.500 Skywards Miles sekali jalan
  • Jakarta – Tokyo – Moscow hanya dengan 62.500 Skywards Miles sekali jalan
  • Hong Kong – Tokyo – Moscow hanya dengan 52.500 Skywards Miles sekali jalan

Penutup

Emirates dan frequent flyer program-nya tentunya tergolong populer bagi orang Indonesia. Menariknya juga, Emirates telah menurunkan pajak & biaya yang diteruskan kepada penumpang sehingga opsi penukaran Skywards Miles kini jauh lebih terjangkau dan menarik.

Sayangnya, hanya ada 1 kartu kredit yang bekerja sama dengan Emirates. Tidak menutup kemungkinan Emirates akan menambahkan rekanan transfer kedepannya (kemungkinan: Citi) ketika program Skywards sudah semakin populer.

Semoga panduan lengkap Emirates Skywards ini bisa membantu Anda memaksimalkannya.

S.

Apakah Anda tertarik untuk menjadi anggota Emirates Skywards?