Masih ingat dengan kampanye yang dibuat oleh NASA pada pertengahan tahun 2019 lalu? Well, kemarin saya mendapatkan email yang cukup mengejutkan dan exciting dari NASA: nama saya akan segera mendarat di planet Mars menumpang Rover Perseverance pada pukul 02.15 WIB tanggal 19 Februari 2021 mendatang!!

Nama saya telah “dicap” pada sebuah chip berukuran lebih kecil dari koin Rp100 bersamaan dengan 10.932.294 orang lainnya yang ikut mendaftar. Meskipun nama saya hanya sebesar 1/1000 dari sehelai rambut, namun setidaknya nama saya telah mewakili saya dalam perjalanan bersejarah ke Mars ini 😉 .

Boarding pass saya ke planet Mars

Rover Perseverance milik NASA akan mendarat di Jezero Crater, Mars, dan kemudian menjalani misi selama 1 tahun waktu Mars (687 hari waktu bumi). Misi Rover Perseverance selama di ‘planet merah’ sendiri meliputi:

  • Mencari tanda-tanda kehidupan di Mars
  • Mengambil batu dan tanah dari Mars untuk kemudian dibawa kembali ke bumi jika memungkinkan

Menariknya, Perseverance juga akan membawa penumpang pertama ke Mars: helikopter yang dirancang agar bisa terbang di udara tipis Mars!

Helikopter Mars yang menggunakan tenaga surya. Kredit: NASA

Metode Pendaratan Rover Perseverance di Mars

Bagi Anda yang penasaran, berikut proyeksi pendaratan Rover Perseverance di Mars nanti yang dibuat oleh NASA:

Anda bisa menonton prosesi pendaratan Perseverance secara langsung melalui link resmi NASA ini pada dini hari tanggal 19 Februari 2021 mendatang.

Anda Bisa Ikut Perjalanan Selanjutnya!

Kampanye yang dibuat oleh NASA ini saya rasa sangat brilian dan membuat kita semua ikut mengantisipasi momen bersejarah ini.

Bagi Anda yang melewatkan perjalanan ini, NASA masih mempunyai misi lain ke Mars pada tahun 2026 nanti. Saya sudah mendaftarkan nama saya bersama dengan Erika untuk berpartisipasi dalam perjalanan bersejarah bagi umat manusia tersebut.

Daftarkan nama Anda untuk perjalanan ke Mars selanjutnya disini.

Perjalanan yang akan datang ini akan menempuh jarak 1,7 milyar kilometer! Sebagai perbandingan perjalanan yang ditempuh oleh Perseverance Rover saat ini ‘hanyalah’ 504.668.791km.

Semoga dalam masa hidup saya ini, saya bisa menjadi saksi bersejarah manusia menginjakkan kaki ke planet Mars atau planet lainnya. Bahkan, salah satu bucket list saya di kehidupan ini adalah melakukan perjalanan ke luar angkasa dengan perusahaan seperti Virgin Galactic atau SpaceX.

Penutup

Kurang dari sebulan lagi, Rover Perseverance milik NASA akan segera mendarat di planet Mars dan ditargetkan agar bisa kembali ke bumi setelah selesai bertugas. Menariknya, nama saya akan mendarat di Mars bersama dengan jutaan nama orang lain yang tercetak pada Rover tersebut.

“That’s one small step for man, one giant leap for mankind.”

Neil Armstrong

Mungkin Anda akan merasa hal ini tidak penting, namun coba bayangkan betapa menakjubkannya perkembangan yang dibuat oleh para ilmuwan untuk bisa mencapai titik sejauh ini. Setiap pencapaian sangatlah berarti bagi para ilmuwan yang berpartisipasi dalam program ini, seperti yang tercermin pada video Rover Curiosity berdurasi ±25 menit berikut (saya sarankan untuk menonton apabila Anda memiliki waktu luang):

.

Tertarik untuk mengirim nama Anda ke planet Mars?