Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka opsi memailitkan flag carrier Garuda Indonesia. Langkah ini dibahas setelah Garuda Indonesia terus merugi dan apabila proses restrukturisasi utang dengan pihak kreditur terus mengalami jalan buntu. Rencananya, Pelita Air akan mengambil peran yang selama ini dijalankan oleh Garuda Indonesia.

Kalau mentok ya kita tutup, tidak mungkin kita berikan penyertaan modal negara karena nilai utangnya terlalu besar

-Kartika Wirjoatmodjo, Wakil Menteri II BUMN

Negosiasi restukturisasi utang dari Garuda Indonesia sendiri sudah dilakukan dengan seluruh lender, lessor pesawat, hingga pemegang sukuk global dan negosiasi moratorium utang dan restrukturisasi kredit juga sudah dilakukan tiga konsultan yang ditunjuk Kementerian BUMN. Meski begitu, negosiasi dengan pihak kreditur dan lessor masih berlangsung sengit dan membutuhkan waktu yang panjang dikarenakan banyak dari pesawat yang digunakan oleh Garuda Indonesia dimiliki oleh puluhan lessor.

AvGeek: Mengenal Armada Pesawat Garuda Indonesia

 

Selain itu, jika memang betul Garuda Indonesia ditutup/dipailitkan, maka kementerian BUMN telah menyiapkan rencana berupa transformasi maskapai Pelita Air dari maskapai air charter menjadi maskapai full service domestik.

Pelita disiapkan menggantikan Garuda karena seluruh sahamnya dimiliki Pertamina

-Kartika Wirjoatmodjo, Wakil Menteri II BUMN

Namun apabila restrukturisasi utang Garuda Indonesia ternyata berhasil, maka Pelita Air akan tetap dioperasikan sebagai maskapai full service domestik.

Pelita air akan difungsikan menjadi maskapai full service domestik


Baca juga: Panduan Lengkap Garuda Indonesia First Class

Baca juga: Rumor – Garuda Indonesia Mengalihkan Seluruh Pesanan Pesawat Airbus Ke Citilink


Penutup

Berdasarkan komentar dari Wakil Menteri II BUMN tersebut, saya bisa mengasumsikan bahwa Garuda Indonesia berada dalam kondisi yang sangat kurang baik untuk saat ini.

Secara praktis, saya akan menyarankan Anda untuk segera menukarkan GarudaMiles Anda dalam rangka memitigasi risiko jika terjadi suatu hal yang tidak diingkan pada flag carrier Republik Indonesia ini.

Meski begitu, saya berharap tidak akan ada hal buruk yang terjadi pada Garuda Indonesia karena bagaimanapun juga saya memiliki lebih banyak kenangan manis di maskapai nasional tersebut terutama untuk First Class mereka yang fantastis.

Garuda Indonesia memiliki First Class yang fantastis

.

Apa pendapat Anda mengenai Opsi dipailitkannya Garuda Indonesia dan digantikan oleh Pelita Air?