Kartu Kredit Terbaru Saya: Danamon American Express Gold

Walaupun saya sudah memiliki lebih dari 20 kartu kredit termasuk berbagai kartu kredit dari Amerika, obsesi saya dengan kartu kredit yang bisa membantu meningkatkan kualitas traveling serasa tidak pernah terpuaskan. Terakhir, saya baru saja mengajukan kartu kredit Danamon American Express Gold dengan pertimbangan opsi penukaran poin ke Marriott Bonvoy ataupun Hilton Honors.

Danamon Amex Gold adalah kartu kredit terbaru saya yang dikhususkan untuk mengumpulkan poin Marriott Bonvoy

Mungkin Anda bertanya, kenapa saya rela untuk mengejar kartu kredit tersebut mengingat saya sudah memiliki kartu kredit Amerika ‘Bonvoy’ yaitu American Express Bonvoy Briliant?

Simpel, alasannya adalah sebagai berikut:

  • Kartu Danamon American Express Gold memiliki earning rate yang lebih baik dibandingkan dengan kartu American Express untuk spending di luar kategori yang ditentukan. Dalam artian, untuk transaksi yang tidak memperoleh bonus tambahan poin di kartu kredit Bonvoy Briliant (seperti transaksi online/transaksi kategori lain-lain), akan lebih menguntungkan bagi saya untuk transaksi menggunakan Danamon Amex Gold ini.
  • Kartu Danamon American Express Gold masih menawarkan welcome bonus yang menarik yang mana Anda bisa ‘untung’ dari welcome bonus tersebut.
  • Walaupun mewajibkan penempatan dana untuk bisa mengajukan kartu kredit ini, sifatnya yang semi-secured memungkinkan Anda untuk menarik penempatan dana Anda setelah waktu yang sudah ditentukan. Penempatan dana-nya pun cukup reasonable yaitu 500 juta Rupiah.

Kebetulan, hampir sebagian besar transaksi saya adalah transaksi menggunakan marketplace online sehingga dalam jangka panjang, akan lebih menguntungkan bagi saya untuk memiliki kartu Danamon Amex Gold ini. Sebagai perbandingan juga dari sisi earning rate:

  • Transaksi setara 5.050 Rupiah di kartu Danamon Amex Gold = 1 Poin Marriott Bonvoy untuk transaksi apapun.
  • Transaksi setara 7.500 Rupiah di kartu Amex Bonvoy Briliant = 1 Poin Marriott Bonvoy di luar kategori yang sudah ditentukan yaitu airline, restoran US, dan transaksi di hotel jaringan Marriott Bonvoy.
Saya hanya menggunakan kartu Bonvoy Briliant Amex untuk transaksi di kategori yang memperoleh bonus poin

Baca juga: Kartu Kredit Terbaru Saya – Bonvoy Briliant & BofA Alaska

Baca juga: Review Kartu Kredit Danamon Amex Gold


Penutup

Danamon Amex Gold adalah kartu kredit terbaru saya yang ditujukan untuk mengumpulkan poin Marriott Bonvoy (dan terkadang poin Hilton Honors). Meskipun saya sudah memiliki kartu kredit Amerika ‘Bonvoy’ yaitu Amex Bonvoy Briliant, saya masih lebih sering menggunakan kartu kredit ini untuk transaksi lain-lain.

Seberapa penting poin Bonvoy? Well, terdapat banyak sekali trik memanfaatkan poin Bonvoy di Indonesia di mana memperoleh diskon 70-80% dari published cash rate bukanlah sesuatu yang mengejutkan jika Anda tahu caranya.

Moxy Bandung
Banyak sekali trik memanfaatkan poin Marriott Bonvoy yang bisa membantu Anda menekan biaya akomodasi. Foto: Moxy Bandung.
Apakah Anda tertarik memiliki kartu kredit Danamon Amex Gold?
Share
12 comments
  1. Halo PinterPoin,

    Apakah kurs mata uang asing untuk Danamon Amex Gold ini cukup baik jika digunakan untuk transaksi dalam mata uang asing?

    1. Abraham,

      Kebetulan belum pernah saya gunakan untuk trx dalam mata uang asing namun seharusnya bagus karena base-nya adalah ‘amex’.

    1. Dwi,

      1. Dana di Lock 3 bulan dalam bentuk deposito
      2. Seharusnya bisa namun karena kartu saya belum di tahun ke-2 maka saya hanya berasumsi saja.

  2. Dapat kartu ini karena ditawari oleh marketingnya langsung, tanpa ada syarat aneh-aneh ataupun penempatan data.

    Nah, apakah untuk penukaran ke Bonvoy perlu daftar dulu seperti penukaran ke airlines miles?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea