Ulasan: InterContinental Da Nang Sun Peninsula Resort, InterContinental Terbaik di Dunia?

Saya baru saja mencoret salah satu daftar di bucket list saya, yaitu menginap di InterContinental Da Nang yang berhasil menyabet gelar “World’s Leading Luxury Resort” selama 4 tahun berturut-turut! Berikut penghargaan lain yang berhasil dimenangkan pada tahun 2018 oleh properti ini:

  • Asia’s Leading Luxury Resort 2018
  • Asia’s Leading Green Resort 2018
  • Asia’s Leading Luxury Wedding Resort 2018
  • Asia’s Leading Luxury Hotel Villa 2018: Bai Bac Bay Villa @InterContinental Danang Sun Peninsula Resort
  • Vietnam’s Leading Luxury Resort 2018

Properti mewah ini telah lama berada dalam incaran saya dan akhirnya saya bisa mewujudkan keinginan saya tersebut.

img_2275
InterContinental Da Nang berhasil memenangkan penghargaan World’s Leading Luxury Resort dari 2014, 2015, 2016, hingga 2017!

Setelah melewati area pengambilan bagasi, terdapat sebuah lounge InterContinental yang bisa diakses oleh tamu hotel yang menginap di kelas kamar tertentu dan tamu hotel dengan status elit. Saya sebetulnya bisa mengakses lounge tersebut dengan status IHG Spire Elite yang saya miliki. Namun, saya memutuskan untuk segera menuju ke properti yang bisa ditempuh dalam 45-50 menit dengan mobil.

img_1942
InterContinental lounge yang terletak dekat dengan pintu keluar setelah area pengambilan bagasi.

Saya menggunakan jasa Grab untuk menuju ke InterContinental. Dikarenakan lokasi yang jauh dari kota untuk menjamin ketenangan, saya harus membayar sebesar 500.000 Vietnamese Dong atau setara dengan Rp 320.000 untuk perjalanan Grab sekali jalan tersebut.

Total perjalanan yang ditempuh memakan waktu selama 50 menit. Saya cukup kagum karena lalu lintas di kota Da Nang sangatlah lancar. Jalanan pun cukup lebar dan terawat.

Saya yakin setiap pengunjung akan menikmati pemandangan yang disuguhkan saat berkendara menuju hotel ini. Anda akan bisa merasakan eksklusifitas dari hotel ini bahkan sebelum anda menyentuhkan kaki di hotel ini.

Keamanan Hotel

Saat anda akan memasuki hotel, petugas keamanan hotel akan menyapa setiap kendaraan dan meminta paspor dari tamu hotel yang menginap untuk memastikan jumlah tamu hotel yang akan menginap. Peraturan tersebut cukup ketat sehingga anda tidak bisa sembarangan membawa orang lain untuk masuk ke hotel ini.

Lobby Hotel

Sesampainya di lobby, saya berkata kepada diri saya sendiri, “Wow, this has to be the nicest hotel lobby I have ever seen!”

img_2166
Lobby InterContinental Da Nang.

Tidak lama berselang, kami disambut oleh petugas hotel dan dipersilahkan untuk duduk di sofa yang terdapat di lobby. Kemudian kami disuguhkan minuman dingin dan handuk basah dingin untuk melepas penat. Sebagai member Spire Elite, saya ditawari pilihan welcome gift berupa 600 amenity points atau voucher yang bisa ditukarkan sebuah soft drink. Tentu saja saya memilih 600 poin ketimbang sebotol minuman.

img_2301
Area menunggu.

Satu hal yang saya sadari adalah banyaknya turis asal Korea Selatan yang menginap di hotel ini. Setelah berbincang dengan petugas hotel, ternyata kota Da Nang dan hotel InterContinental merupakan tempat wisata yang populer di Korea.

img_1954
Koper milik tamu hotel yang akan diantarkan ke kamar.
img_2165
Sofa di area lobby hotel.

Dikarenakan luasnya properti ini, para tamu hotel dapat memanfaatkan fasilitas buggy ride, kereta kabel gratis untuk menelusuri hotel ini.

 

img_2284
Gondola dari level Heaven.
img_2282
Gondola.
img_2285
Pemandangan saat menaiki gondola.
img_2281
Tiba di level terbawah dari hotel, Sea.

Terdapat 4 tingkatan di hotel ini yaitu Heaven, Sky, Earth, dan Sea. Setiap tingkatan memiliki fasilitas unik tersendiri. Pada level Heaven, terdapat lobby hotel, concierge, restoran Citron, dan club lounge. Pada level Earth, terdapat restoran terkenal La Maison 1888 yang didirikan oleh Michelin-starred chef asal Prancis, Pierre Gagnaire. Pada level Sea, anda bisa menemukan kolam renang, private beach, L_O_N_G Bar, dan restoran Barefoot.

Kamar

Untuk penggunaan poin, saya mendapat kamar King Resort Classic Ocean View.

img_2300
Kamar saya terletak di level Sky.
img_2299
Tangga menuju ke kamar.
img_2229
King Bed.
img_2227
Welcome gift untuk anggota IHG Spire Elite.
img_2228
Sebotol Bordeaux sebagai hadiah untuk anggota IHG Spire Elite. Not bad!
img_2252
Teh oleh TWG, kopi Illy, dan krimer.
img_1996
Welcome letter dari manager resor.
img_1995
Xin chao dari penghuni habitat asli Monkey Bay.
img_2248
Di tiap kamar terdapat sebuah Sakkat, topi tradisional Vietnam, sendal jepit dan sebuah tote bag untuk membawa barang ke pantai.
img_2249
Balkon.
img_1951
Heaven on earth dapat anda temui di InterContinental Da Nang!
img_1950
Melihat pemandangan seperti ini, saya tidak sabar untuk segera ke pantai.
img_2250
Kabinet yang terletak di balkon.
img_1973
Alat pemanas air, teko, gelas teh, dan tempat es.
img_1972
Mini bar lengkap dengan gelas sesuai jenis minuman.

Kamar Mandi

Fitur favorit di kamar ini adalah kamar mandi. Anda bisa mandi/berendam sambil menikmati pemandangan dari jendela.

img_2245
Area wastafel.
img_2243
Bath tub.
img_2244
Sabun, sampo, conditioner, dan body souffle dari HARNN. Aromanya menurut saya sangat menenangkan.

Ini merupakan pertama kalinya saya mendapatkan amenity kit dari menginap di hotel. Biasanya amenity kit seperti ini didapatkan dari pesawat. Isi untuk laki-laki dan perempuan dibedakan.

img_1965
Amenity kit untuk tamu perempuan.
img_1963
Amenity kit untuk tamu laki-laki.

Fasilitas

Fasilitas di InterContinental Da Nang sangatlah beragam. Mulai dari private beach, gym, HARNN Heritage Spa, bioskop, karaoke, kolam renang L_O_N_G yang fotogenik, kolam renang anak-anak, lapangan tenis, lapangan sepakbola (anda membaca dengan benar, lapangan sepakbola!).

img_1991
L_O_N_G Pool yang sangat fotogenik.
img_2279
Sisi lain dari L_O_N_G Pool.
img_2280
Bagian kecil dari L_O_N_G Pool.
img_2277
Liburan favorit saya adalah bersantai di pantai seperti ini!
img_2334
Paradise!

Jika anda mengunjungi Da Nang pada bulan Agustus seperti yang saya lakukan, perlu anda ketahui bahwa cuaca bisa sangat panas. Pasir di pantai dapat membuat kaki anda melepuh.

img_2335
Penampakan resor dari pantai.
img_2125
Air di pantai tentunya sangat jernih.

Tamu hotel juga bisa menikmati aktifitas gratis seperti snorkeling, kayak, paddle board, traditional fishing boat, badminton, sepakbola pantaidll.

img_2136
Paddle boarding tidak semudah kelihatannya.
img_2137
Setelah beberapa kali percobaan dan jatuh, akhirnya saya menguasai tekniknya.
img_2132
Kayaking.
img_2119
Hammock yang sangat cocok untuk bersantai.

Satu hal yang sangat saya hargai adalah pelayanan setiap kali tamu hotel memasuki area kolam renang atau pantai. Tamu hotel akan diberikan sebuah tas berlogokan InterContinental yang berisikan 2 botol air mineral dingin dan 2 handuk basah dingin.

img_1971
Nice treatment from hotel staff.

Kami juga diberikan es krim, sate buah, dan jus segar secara gratis saat berada di pantai.

img_1970
Complimentary gelato.
img_2333
Manis dan segar, sangat pas untuk hari yang panas di pantai.

Restoran

Kamar saya tidak memberikan fasilitas free breakfast, saya harus membayar untuk breakfast buffet di restoran utama hotel, Citron. Total harga yang saya bayar untuk 2 orang adalah US $75.99.

img_2292
Suasana restoran Citron.
img_2296
Cheese & yoghurt station.
img_2295
Pastries bar.
img_2297
Egg station, anda bisa memesan telur dimasak dengan cara apapun disini.
img_2293
Anda WAJIB mencoba Pho saat berkunjung ke Vietnam.
img_1987
Egg Benedict ditemani segelas es kopi Vietnam.
img_2153
Anda tidak boleh melewatkan kesempatan berfoto di outdoor pod ini.
img_2150
Breakfast with a view!

Jika beruntung, anda bisa menikmati makan anda sambil duduk di satu dari 5 outdoor pod. Sarapan sambil menikmati pemandangan indah dari Son Tra Peninsula tentunya merupakan pengalaman yang tidak akan terlupakan.

img_1977
Pemandangan menjelang matahari terbenam. Sayangnya, anda tidak bisa melihat matahari terbenam dari hotel ini.

Untuk makan malam, saya memutuskan untuk memesan room service. Keesokan harinya, saya cukup dikejutkan dengan kehadiran monyet penghuni habitat asli ini. Dua ekor monyet datang dengan sangat cepat dan membuka penutup piring untuk mencari makanan. Alhasil, penutup piring dipecahkan.

img_1979
Cheeky monkey!

Saat saya melaporkan kejadian ini kepada pihak hotel, para staff hotel meminta maaf dan menyayangkan kejadian ini. Namun, bagi saya ini merupakan pengalaman yang unik dan tentunya menyenangkan untuk melihat kelakuan para monyet tersebut.

Gratis Shuttle ke Hoi An dan Da Nang

Tujuan utama dari perjalanan ini adalah bersantai selama mungkin di resort. Namun, kami memanfaatkan free shuttle menuju Hoi An untuk mengecek situs bersejarah UNESCO tersebut. Sayangnya, tidak ada free shuttle menuju Ba Na Hills yang menjadi sangat populer baru-baru ini. Alhasil, kami tidak mengunjungi situs tersebut. Another reason to come back to Da Nang!

Screen Shot 2018-09-04 at 8.38.04 PM.png
Situs turis yang baru dibuka di Ba Na Hills. Kredit Gambar: @smashpop.

HARNN Heritage Spa

HARNN Heritage Spa yang terdapat di InterContinental Da Nang merupakan spa hotel terbaik di dunia. Sayangnya, saya tidak berkesempatan untuk mencoba spa ini. Namun, jika anda tertarik untuk mendapatkan pelayanan spa terbaik dunia, jangan ragu untuk melakukannya!

HARNN-Heritage-Spa-Panorama.jpg
Lokasi HARNN Heritage Spa yang bisa anda akses dengan mudah menggunakan buggy ride. Kredit Gambar: Premier Construction News.

IHG Rewards Club Status Acknowledgement

Meskipun IHG Spire Elite merupakan status tertinggi di program IHG Rewards Club, namun pada umumnya status tersebut kurang diakui di hotel InterContinental. Spire Elite akan sangat berharga saat anda menginap di hotel Kimpton, Crowne Plaza atau Holiday Inn (non-Express). Anda bisa mendapatkan manfaat seperti upgrade kamar sampai ke Suites, late checkout sampai jam 4 sore, akses ke lounge eksekutif, dsb.

Sebagai member Spire Elite di properti ini, saya disambut dengan sebotol wine merah Bordeaux yang biasanya dihargai sebesar US $40 dan gourmet chocolate di kamar saya. Sayangnya, saya tidak mendapatkan akses lounge dan room upgrade di properti ini. Padahal, akses lounge akan sangat berharga karena anda bisa mendapatkan free breakfast, afternoon tea, dan evening cocktail.

Saya pribadi ingin memberikan kredit kepada para staff dan Chief Concierge, Mrs. Ai Tran, yang membuat pengalaman menginap saya di Da Nang menjadi tidak terlupakan. Jika anda membutuhkan informasi apapun di Da Nang, saya sangat menyarankan anda untuk mencari Mrs. Ai Tran. Saya sangat terbantu dengan informasi yang disediakan beliau.

Screen Shot 2018-09-05 at 7.53.00 AM.png
Anda akan menemukan profil Ai Tran saat menuju website InterContinental Da Nang.

Jika anda ingin mendapatkan perlakuan yang lebih spesial saat menginap di hotel InterContinental, mereka memiliki program keanggotaan berbayar yang disebut InterContinental Ambassador. Anda diwajibkan untuk membayar biaya keanggotaan sebesar US $200 atau 40.000 IHG poin untuk keanggotaan selama setahun. Pada tahun berikutnya, anda bisa memperpanjang keanggotaan dengan membayar US $150 atau 40.000 IHG poin.

Dengan membayar untuk keanggotaan tersebut, anda akan diberikan manfaat seperti:

  • Guaranteed room upgrade
  • Complimentary weekend night yang bisa anda gunakan pada malam ke dua penginapan weekend anda
  • Status IHG Gold atau Spire Elite
  • Late checkout hingga jam 4 sore

Saran Bagi Anda Yang Ingin Mengunjungi

Berikut beberapa saran pribadi dari saya bagi anda yang ingin mengunjungi kota Da Nang di Vietnam atau menginap di InterContinental Da Nang:

  • Hindari berkunjung di bulan September – Januari dikarenakan musim hujan.
  • Bulan Juni – Agustus adalah waktu terpanas di Da Nang dan akan terdapat banyak turis mancanegara/lokal.
  • Bulan Februari – Mei adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Da Nang dikarenakan cuaca yang baik dan sedikitnya jumlah turis yang berkunjung.
  • Anda bisa menggunakan dua mata uang, US Dollar atau Vietnamese Dong, di Vietnam. Saya sangat sarankan anda untuk menggunakan Vietnamese Dong untuk nilai konversi yang lebih tinggi.
  • Anda membutuhkan setidaknya 3 hari untuk dapat bersantai dan mengunjungi situs terkenal seperti kota Hoi An, Da Nang, dan Ba Na Hills.
  • Pertimbangkan untuk membeli keanggotaan InterContinental Ambassador jika anda berencana untuk memesan kamar dengan kelas yang lebih tinggi.

Bagaimana Cara Saya Menginap di Resort Ini?

Saya menggunakan 100.000 IHG Rewards Club poin untuk menginap 2 malam di properti ini. Harga yang saya dapatkan tersebut bagi saya merupakan steal deal! Penggunaan poin IHG untuk menginap di properti ini merupakan penggunaan poin IHG terbaik di dalam hidup saya.

Screen Shot 2018-09-04 at 8.43.05 PM.png
50.000 IHG poin untuk menginap di InterContinental Da Nang tentunya tidak bisa saya lewatkan.

Jika saya harus membayar dengan uang, harga per malam pada saat saya menginap adalah US $470.25 atau setara dengan Rp 7.000.000+ per malam. Total, saya mendapat valuasi poin Rp 140 / 1 poin IHG untuk penginapan ini. Valuasi poin IHG standar PinterPoin adalah Rp 90 / 1 poin, artinya saya mendapatkan value yang cukup tinggi dari penggunaan poin saya.

Screen Shot 2018-07-08 at 9.48.04 PM
Membayar Rp 14.000.000+ untuk menginap 2 malam di hotel ini tentunya bisa anda hindari dengan menggunakan poin!

Sayangnya, kini ketersediaan award sangat langka. Menurut saya hal itu disebabkan oleh rencana untuk menaikkan harga award stay menjadi 70.000 IHG poin per malam. Langkah tersebut saya nilai sangat wajar karena properti InterContinental lainnya seperti di Bora-Bora, London, Paris, dan New York telah menerapkan harga 70.000 poin per malam sejak lama.

Bagaimana Cara Mendapatkan Poin IHG Rewards Club?

IHG Rewards Club merupakan satu-satunya loyalty program hotel yang bekerja sama dengan kartu kredit di Indonesia, yaitu Citibank. Namun, saya sangat tidak menyarankan anda untuk mentransfer Premier Miles anda ke IHG Rewards Club. Akan lebih baik bagi anda untuk mentransfer poin anda ke frequent flyer program seperti KrisFlyer dan GarudaMiles untuk mendapatkan nilai valuasi yang tinggi dari poin kartu kredit anda tersebut.

Cara termudah untuk mengumpulkan poin IHG dengan cepat adalah menginap dan memanfaatkan promo IHG Accelerate. Saya berhasil meraup kurang lebih 57.000 IHG Rewards Club poin pada 2 promo Accelerate sebelumnya.

Anda bisa membaca tentang promo IHG Rewards Club Accelerate di artikel PinterPoin ini:

IHG Accelerate: Kumpulkan Poin IHG Rewards Club Lebih Cepat

Penutup

Menurut saya pribadi, InterContinental Da Nang Sun Peninsula Resort akan secara mudah menjadi hotel InterContinental terbaik di dunia. Tidak heran karena hotel ini merupakan hotel di Asia Tenggara dengan penghargaan terbanyak. Hotel ini menerapkan standar yang tinggi untuk brand InterContinental. Menurut pengalaman pribadi, tidak ada hotel InterContinental yang dapat menyamai level kemewahan dari InterContinental Da Nang ini!

Saya sangat menyarankan anda untuk mencoba menginap di hotel ini. Anda akan mendapat pengalaman yang tidak terlupakan bersantai di salah satu hotel terbaik dunia ini.

Setujukah anda dengan predikat World’s Leading Luxury Resort yang dipertahankan InterContinental Da Nang selama 4 tahun berturut-turut?

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea