Hotel Review: Conrad Washington, DC | PinterPoin

Hotel Review: Conrad Washington, DC

Pada kunjungan kedua ke ibukota Amerika Serikat di tahun 2022 ini, saya memutuskan untuk menginap di Conrad Washington, DC. Bagi Anda yang melewatkan, pada kunjungan sebelumnya saya menginap di salah satu hotel paling historik di Washington, berikut ulasannya:

Hotel Review: The Willard InterContinental Washington D.C.

Dibuka pada bulan Maret 2019, Conrad Washington, DC masih terasa seperti properti yang baru dibuka. Desain hotel ini merupakan hasil karya dari firma arsitektur ternama Herzog & de Meuron. Conrad Washington, DC merupakan salah satu hotel dengan eksterior & interior paling modern yang pernah saya kunjungi selama di Amerika selain Conrad New York Downtown.

Alasan saya memilih Conrad Washington, DC kali ini dikarenakan saya membutuhkan kamar untuk 8 orang, dan kebetulan Conrad mempunyai tipe kamar Deluxe Room – Two Queen Beds yang ideal untuk menampung 4 orang per kamar.

Pemesanan

Cash rate di hotel ini pada saat kami menginap adalah US$802.38 nett per malam atau setara lebih kurang Rp12.500.000 per malam.

Untuk opsi penukaran poin, hotel ini dipatok di harga 80.000 poin Hilton Honors per malam. Total, saya menukarkan total 160.000 poin Hilton untuk memesan 2 kamar.

Dari penukaran poin ini, saya mendapatkan valuasi Rp156 per 1 poin Hilton, yang mana tergolong tinggi. Sebagai tolak ukur, valuasi poin Hilton versi PinterPoin adalah Rp80 / 1 poin.

Check In

Conrad Washington, DC terletak di area downtown, bersebelahan dengan CityCenter DC yang merupakan venue shopping & dining high end.

Lokasi hotel ini saya anggap bukan yang paling strategis bagi traveler yang ingin melakukan walking tour ke objek wisata ternama di DC seperti The White House (15 menit jalan kaki). Namun, bagi traveler yang sudah pernah mengunjungi semua situs wisata di DC, maka hotel ini bisa menjadi alternatif yang menarik karena lokasinya yang lebih high end dan terkesan sepi dari turis.

Hotel ini mempunyai fasilitas parkir basement sendiri, dan hanya tersedia valet parking $60 per mobil per malam. Harga tersebut relatif mahal jika dibandingkan dengan parking garage di sekitaran hotel yang bisa dipesan seharga US$20-30 per malam melalui aplikasi SpotHero.

Sebelum memasuki lobi, bellman bergegas membantu untuk membawakan koper & barang bawaan.

Proses check in dilakukan di lobi utama dan bisa juga dilakukan di Sakura Club bagi tamu yang membeli akses. Sangat disayangkan karena anggota Diamond tidak mendapat akses ke Sakura Club, yang mana disebut secara eksplisit di aturan Hilton Honors:

Sakura Club sering dianggap sebagai salah satu lounge hotel terbaik di Amerika Utara. Dari ulasan yang saya baca, lounge ini menyediakan Japanese whisky tasting, free-flow champagne dan premium buffet. Lounge ini bahkan dipandang oleh pihak hotel sebagai ’boutique hotel within the hotel‘.

Pada lain kesempatan, saya berencana untuk menukarkan poin untuk kamar dengan akses Sakura Club. Sebagai perbandingan, kamar biasa di Conrad Washington, DC, bisa ditebus dengan 80.000 poin per malam, sedangkan kamar dengan akses Sakura Club memerlukan 224.000 poin per malam. Cash rate juga berbanding jauh, kamar dengan akses Sakura Club hampir 2x lipat dari harga kamar tanpa akses!

Foto: Sakura Club | Kredit: Conrad Washington, DC

Kembali ke proses check in, staff resepsionis menginformasikan bahwa fitur phone concierge bisa dimanfaatkan oleh tamu selama menginap. Segala macam request bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan mengirimkan SMS. Setelah melakukan check in, tamu harus menaiki lift untuk menuju ke lobi kedua di lantai 3 dan kemudian menaiki lift lain untuk mengakses kamar.

Kamar

Kami mendapatkan tipe kamar sesuai pemesanan awal, yakni Deluxe Room – Two Queens. Sayangnya tidak ada upgrade karena hotel tidak mempunyai kategori kamar yang lebih tinggi untuk jenis kamar ini.

Upgrade yang bisa dilakukan untuk jenis kamar ini hanyalah kamar tipe sama dengan akses Sakura Club (bayar ekstra).

Brand hotel Conrad sudah beralih dari amenities Shanghai Tang menjadi Byredo – Mojave Ghost asal Swedia. Semua amenities juga kini menggunakan botol isi ulang dengan alasan lebih ramah lingkungan. Saya pribadi lebih menyukai produk Byredo ketimbang Shanghai Tang.

Breakfast

Sayangnya, anggota Diamond Hilton harus terjebak dengan sistem breakfast kredit Hilton Honors di Amerika Serikat. Untuk brand hotel Conrad, anggota Gold & Diamond berhak mendapatkan F&B kredit sebanyak $25 per orang per kamar, maksimal $50 (dibagi $25 per orang per kamar).

Untungnya, kami sudah berencana untuk brunch di Old Ebbit Grill sehingga saya hanya memesan makanan sekedar menghabiskan kredit.

Dengan harga makanan hotel yang overpriced, kredit tersebut bisa dihabiskan dengan mudah tentunya. Sebagai informasi, menu breakfast & room service bisa diakses disini. Saya memesan dua porsi Free Range Eggs seharga US$46 sebelum pajak dan service charge.

Penutup

Conrad Washington, DC merupakan salah satu hotel paling modern yang pernah saya kunjungi di Amerika Serikat. Kehadiran hotel ini menjadi alternatif hotel yang baik bagi traveler yang mengunjungi ibukota Amerika karena rata-rata hotel di DC lebih mengarah ke tipe klasik.

Satu nilai negatif menurut saya adalah kebijakan check out yang cukup ketat. Kami diizikan untuk late check out hingga jam 2 siang. Pihak hotel beberapa kali mengingatkan melalui SMS bahwa pihak hotel akan mengenakan biaya tambahan apabila kami check out lewat dari jam 2. Pastinya akan ada orang yang mudah tersinggung dengan reminder konstan seperti ini.

Diluar dari itu, sebagai penggemar brand Conrad, hotel ini tidak mengecewakan & berhasil mencentang semua ekspektasi saya & keluarga.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea