Brand hotel Hyatt Place pertama di Indonesia akan segera dibuka di kota Makassar. Ironisnya, ternyata berita rencana pembukaan Hyatt Place pertama di Indonesia ini yang ternyata sudah berhembus sejak Desember 2019 lalu (H/T: Ong Ecotrisno).

Hotel dengan 145 kamar ini terintegrasi dengan apartemen 31 Sudirman Suites yang merupakan apartemen high-end pertama di Indonesia Timur. Kedua bangunan tersebut digadang-gadang akan menjadi ikon dari kota Makassar.

Hyatt Place Makassar beralamat di Jl. Jend. Sudirman Kav. 31, Makassar, Sulawesi Selatan 90114 dengan lokasi yang dekat dengan Mall Ratu Indah (5 menit), Pantai Losari (10 menit), dan Trans Studio Mall (15 menit).

Hotel & hunian high-end tersebut dikembangkan oleh The Paradise Group yang juga memiliki sejumlah portofolio hotel terkenal di Indonesia seperti Grand Hyatt Jakarta, Keraton (a Luxury Collection), dan Sheraton Bali Kuta Resort. Selain hotel, The Paradise Group juga mempunyai portofolio mal mewah seperti Plaza Indonesia dan Beachwalk Shopping Center di Kuta Bali.

Dibukanya Hyatt Place Makassar akan menambah properti Hyatt di Indonesia menjadi 16 dengan 2 hotel lainnya (Andaz Bali dan Park Hyatt Jakarta) juga akan segera dibuka tahun ini. Properti Hyatt di Indonesia saat ini (yang sudah beroperasi):

  • 8 properti Alila (Jakarta, Bali, Solo, dan cruise Alila Purnama)
  • 2 properti Grand Hyatt (Jakarta dan Bali)
  • 2 properti Hyatt Regency (Bali dan Yogyakarta)
  • 3 properti Small Luxury Hotels di Bali (Viceroy Bali, Hidden Hills Villas dan Spa Village Resort Tembok Bali)

Brand hotel Hyatt yang akan segera dibuka di Indonesia tahun ini:

Image result for hyatt place makassar

Render kolam renang Hyatt Place Makassar / 31 Sudirman Suites. Kredit: 31 Sudirman Suites

Sekilas Tentang Hyatt Place

Hyatt Place sendiri merupakan hotel mid-scale anggota World of Hyatt yang menyasar business traveler dan leisure traveler menengah keatas.

Hyatt Place adalah brand hotel Hyatt terbanyak & bisa dibilang paling populer saat ini. Hanya saja, dari total 502 properti Hyatt Place di seluruh dunia, mayoritasnya berlokasi di benua Amerika (418 hotel).

Kompetitor utama dari brand Hyatt Place sendiri adalah Hilton Garden Inn, Courtyard by Marriott, Aloft (Marriott), dan Springhill Suites (Marriott).

Saya sendiri melihat Hyatt Place sebagai hotel menengah keatas yang seperti biasanya akan terasa lebih mewah di Indonesia & negara Asia lainnya ketimbang Amerika Serikat. Oleh karena itu, saya yakin Hyatt Place akan menjadi salah satu hotel termewah di Makassar ketika beroperasi nanti. Sayangnya tanggal pembukaannya masih belum diketahui.

Hyatt Place Makassar | PinterPoin

Render kamar Hyatt Place Makassar. Kredit: IPP

Hyatt Brand Explorer

Masih ingat dengan program Hyatt Brand Explorer?

Ketika anggota World of Hyatt menginap di 5 brand Hyatt yang belum pernah diinapi sebelumnya, anggota tersebut akan mendapatkan 1 sertifikat gratis menginap untuk hotel kategori 1-4.

Sayangnya, brand-brand hotel Hyatt tertentu seperti Hyatt Place dan Hyatt House saat ini hanya tersedia di luar negeri. Dengan akan dibukanya brand hotel Hyatt Place pertama di Indonesia, maka program Brand Explorer tersebut seharusnya akan lebih mudah diselesaikan tanpa harus bepergian ke luar negeri.

Tukarkan sertifikat gratis menginap di Andaz Bali. Kredit: Andaz Bali


Baca juga: Park Hyatt Jakarta Mulai Dibuka Pada Pertengahan 2021

Baca juga: Andaz Bali Akan Buka Pada 1 April 2021


Penutup

Hyatt Place pertama di Indonesia akan segera dibuka di kota Makassar. Pemilihan kota Makassar saya rasa cukup masuk akal mengingat posisinya sebagai kota ke-4 terbesar di Indonesia yang masih kekurangan hotel branded.

Prediksi saya, hotel ini akan masuk dalam kategori 1 (5.000 poin per malam) pada tabel penukaran poin World of Hyatt.

Semoga saja Hyatt akan terus memperluas jaringan hotelnya, terutama di Indonesia. Bertambahnya properti Hyatt akan memberikan alternatif yang baik dari program lain seperti Accor ALL, Marriott Bonvoy, IHG, dan Hilton.

.

Apa pendapat Anda dengan akan dibukanya Hyatt Place pertama di Indonesia?