Setelah penantian lama lama, layanan visa kedutaan besar Amerika Serikat (AS) di seluruh dunia yang ditutup kurang lebih 7 bulan akhirnya resmi dibuka kembali!

Selain itu, Amerika Serikat juga menerapkan kebijakan baru dimana visa tipe B1/B2, C1/D, dan J yang sudah kadaluwarsa dalam 24 bulan terakhir kemungkinan besar bisa memperbaharui visa tanpa wawancara.

Informasi terkait perpanjangan visa saya yang saya dapatkan dari website kedutaan besar Amerika Serikat

Cara Perpanjang Visa US Tanpa Wawancara

Kebetulan, saya baru saja berhasil memperpanjang visa Amerika Serikat jenis B1/B2 tanpa wawancara. Berikut cara atau langkah yang harus dilakukan untuk memperpanjang visa:

A) Pemohon wajib mengisi secara lengkap formulir permohonan visa DS160. Panduan untuk mengisi formulir ini bisa diakses disini.

Setelah membaca panduan lengkapnya, pemohon bisa langsung mulai mengisi formulir DS160 disini. Dalam pengisian formulir harus disiapkan juga soft copy foto untuk visa berukuran 5x5cm.


B) Setelah selesai mengisi formulir, pemohon akan diarahkan ke portal lain untuk pengambilan appointment atau surat konfirmasi permohonan perpanjangan visa tanpa wawancara. Silahkan klik disini untuk informasi lengkapnya. Selanjutnya, peserta diminta mengisi beberapa data seperti:

  • Detil paspor
  • Nomor konfirmasi DS160 yang sudah diisi sebelumnya
  • Memilih lokasi pengambilan paspor (pick up di kantor RPX atau dikirim ke alamat yang diisi pada saat pengambilan appointment)

C) Setelah semua lengkap, applicant akan diarahkan ke portal pembayaran. Saat ini, kedutaan besar Amerika Serikat membebankan biaya sebesar $160 atau Rp2.400.000 (kurs US$1 = Rp15.000) per applicant untuk biaya perpanjangan dan pembuatan visa Amerika.

Ada 2 cara yang bisa kita gunakan untuk membayar biaya visa Amerika, yaitu dengan Electronic Funds Transfer (EFT) dan Tunai di Bank CIMB Niaga. Selengkapnya terkait pembayaran bisa dilihat disini.

Tips: Jika Anda berada di daerah yang tidak memiliki cabang bank CIMB Niaga, Anda bisa menggunakan fasilitas transfer online dari bank Anda yang memiliki Bank of Amerika (BoA) sebagai tujuan transfer online. Karena tidak semua bank di Indonesia memiliki jaringan dengan BoA.

Setelah melakukan pembayaran, Anda akan diminta menunggu 1x24jam (sehari setelah pembayaran) untuk mengecek kembali status pembayaran Anda melalui website yang sama dengan yang digunakan untuk mengambil appointment.


D) Dalam proses pengambilan appointment/lembar konfirmasi permohonan visa tanpa wawancara, ada beberapa kriteria melalui pertanyaan-pertanyaan yang harus kita jawab pada saat pengambilan. Persyaratan untuk visa waiver bisa dilihat disini.


E) Setelah pembayaran biaya visa Anda terkonfirmasi, dan Anda dinyatakan eligible untuk program ini, Anda akan mendapatkan lembar konfirmasi permohonan visa tanpa wawancara yang harus di-print bersama dengan persyaratan lainnya ke alamat yang ditunjuk oleh kedutaan, dalam hal ini RPX.


F) Setelah semua persyaratan dokumen terkumpul (lihat dibawah untuk dokumen yang diminta), Anda bisa secara langsung menuju ke RPX Pal Batu.

  • Alamat: Suite T –  Jl. Palbatu 1 No. 19, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12870
  • Jam operasional RPX: 10:00 pagi – 15:00 sore setiap hari Senin – Jumat

Tips: Hindari jam 12:00 untuk drop off dokumen karena RPX akan tutup satu jam untuk istirahat makan siang


G) Setiap proses dan tahapan yang dilewati akan di informasikan oleh kedutaan melalu email/no telepon applicant. Saya sendiri mengambil opsi paspor di kirim ke alamat rumah, jadi tidak perlu mengambil paspor saya lagi ke RPX.

Setelah menunggu kurang lebih 3 hari kerja, paket berwarna hitam sampai dirumah berisikan paspor lengkap dengan visa yang sudah di cancelled (visa lama yang masih berlaku) dan visa baru

Visa Amerika

Visa Amerika di paspor lama yang masih berlaku s.d. 28 Januari 2021, sudah di cancelled pihak kedutaan

Visa Amerika

Visa Amerika di paspor baru sudah terbit dengan masa berlaku 5 tahun


Baca juga: Kabar Baik: Masa Berlaku Paspor Indonesia Akan Diperpanjang Hingga 10 Tahun & Pengajuan Akan Dipercepat


Dokumen yang Diperlukan

Berikut dokumen yang diperlukan, mohon agar tidak mengirimkan dokumen yang tidak dicantumkan dibawah ini:

1. Surat konfirmasi permohonan tanpa wawancara

Surat konfirmasi ini didapatkan ketika applicant memenuhi syarat permohonan tanpa wawancara.

2. Surat konfirmasi DS-160


Selain surat konfirmasi diatas, konfirmasi formulir DS160 yang sudah Anda isi juga diperlukan sebagai syarat kedua.

3. Paspor terbaru dan semua paspor sejak Anda menerima visa dengan masa validasi penuh

Saya melampirkan semua paspor saya yang berlaku selama masa visa saya valid. Saya membawa 5 paspor saya yang valid mulai dari tahun 2016 hingga tahun 2020.

4. Dua lembar foto berwarna berukuran 5×5 cm yang diambil dalam 6 bulan terakhir

Berikut ini adalah foto visa yang saya gunakan ketika mengajukan permohonan perpanjangan visa. Ukuran photo sangat penting, foto atas adalah foto yang saya submit pada awalnya dihari yang sama. Namun karena salah ukuran, saya terpaksa membuat foto baru di studio foto terdekat dengan ukuran foto yang diwajibkan yaitu 5×5 cm. Carilah studio photo yang berpengalaman, hasil photo yang tidak baik akan ditolak RPX

5. Bukti pembayaran biaya MRV (tunai atau EFT)

Contoh slip pembayaran biaya visa di Bank CIMB Niaga. Foto dari Google karena lupa mengambil gambar slip pembayaran yang saya lakukan sendiri

Penutup

Pengurusan perpanjangan visa tanpa wawancara adalah salah satu kemudahan yang diberikan kepada pemegang visa US, karena tidak semua negara yang memberlakukan kebijakan ini. Apalagi selama pandemi ini, fitur ini sangat membantu dan sangat cepat.

Saya sendiri menyarankan pembaca untuk sesegera mungkin melakukan perpanjangan visa tanpa wawancara ini. Mengingat kondisi politik negara AS yang akan memasuki pemilihan umum. Bisa saja kebijakan ini berubah setelah pemilihan selesai. Good luck!