Cara Mengajukan Kartu Kredit Bank Mega Saat Pandemi COVID-19

Bank Mega memiliki ketentuan tambahan untuk pengajuan selama pandemi Covid-19 berlangsung, saya sempat mengajukan kartu kredit Mega Travel Card beberapa saat.yang lalu dan baru hari ini memperoleh konfirmasi bahwa pengajuan saya disetujui dan kartu kredit sedang dalam proses pengiriman.

Mega Travel Card adalah kartu kredit mid-tier terbaik untuk mengumpulkan GarudaMiles saat ini

Setelah pemotongan limit kartu kredit Bank Mega beberapa saat yang lalu dan pandemi Covid-19 yang sedang.berlangsung, saat ini Bank Mega memiliki kebijakan baru yaitu mereka hanya menerima pengajuan kartu kredit yang secured.

Secured di sini memiliki artian bahwa pengajuan kartu kredit baru harus disertai jaminan dalam bentuk penempatan dana di Bank Mega.

Saat ini, kebijakan Bank Mega adalah mereka akan memberikan limit kartu kredit baru setara dengan 80% dana yang ditaruh dalam deposito Bank Mega.

Mengingat limit paling sedikit dari kartu kredit Mega Travel Card adalah 20 juta Rupiah, maka Anda harus siap mendepositokan dana minimal senilai 25 juta Rupiah untuk bisa mengajukan kartu kredit mid-tier dari Bank Mega tersebut.

Jika Anda masih tertarik, berikut cara mengajukan kartu kredit Mega Travel Card berdasarkan pengalaman saya:

  1. Datangi kantor cabang Bank Mega terdekat di kota Anda
  2. Buka rekening tabungan Bank Mega (minimal penempatan dana 500 ribu Rupiah)
  3. Buka deposito senilai limit kartu kredit yang Anda inginkan dan isi formulir blokir dana tabungan/deposito untuk kartu kredit
  4. Ajukan kartu kredit yang Anda inginkan
  5. Dalam periode 2-5 hari kerja Anda akan mendapat informasi bahwa pengajuan sudah diterima dan tidak lama kemudian informasi bahwa pengajuan sudah disetujui

Baca juga: 10 Kartu Kredit Terbaik Untuk Mengumpulkan GarudaMiles

Baca juga: Review Kartu Kredit Mega Travel Card


Penutup

Kartu kredit terbitan Bank Mega saat ini adalah kartu kredit terbaik untuk mengumpulkan GarudaMiles saat ini.

Jika Anda serius ingin mengumpulkan GarudaMiles, maka Anda akan tetap mau mengajukan kartu kredit ini meskipun dengan syarat tambahan ‘secured‘ ini.

Bank Mega melakukan upvaluasi untuk semua kartu kreditnya di Februari lalu

Menariknya, dengan metode kartu kredit secured ini, Anda dapat dipastikan akan memperoleh kartu kredit yang Anda inginkan.

Selain itu, berdasarkan pembicaraan saya dengan pihak marketing Bank Mega, nantinya setelah pandemi Covid-19 berakhir.atau mereda, Anda akan bisa menarik dana jaminan Anda dan tetap memiliki kartu kredit yang Anda ajukan di awal tersebut.

.

Apakah Anda tertarik untuk mengajukan kartu kredit dari Bank Mega? 

Share

36 comments
  1. Sory mau tanya, periode blokirnya brp lama yah?? Soalnya deposito kan uda otomatis tertahan dana nya tergantung brp lama waktu yg dipilih (1,3,6,12 bulan)

    Mega yg bagus buat kumpulin miles garuda cuma mega travel aja yah?? Kalo mega platinum kurang yah??

    1. Kemarin sejak awal terbitnya artikel pada awal bulan mei tentang perolehan miles untuk travel card mega juga saya ingin mengajukan travel card dan menuju cabang bank mega terdekat. Harus deposit juga dan limit based on jumlah yang dideposit.

      1. Berarti kemungkinan deposito nya ARO plus bunga ya. Bisa jadi dengan mengisi formulir blokir tersebut berarti deposito nya baru bisa dicairkan kalau kartu kredit nya ditutup. Untuk welcome bonus yang transaksi 30 juta dalam 3 bulan apakah masih ada atau tidak ya di masa pandemi ini?

      2. Blokir duit tunai buat ngutang dengan bunga 2%/bulan? Ada yang lebih bodoh dari itu? Dana tunai bisa dipakai dimana mana sedangkan cc bisa beli dimana? Itupun rata rata kena charge 3%. Bodoh sekali

        1. waduh kaka,,, kalo kaka ngutang yah kena bunga,, disini rata2 tujuan ngumpulin poin,, dan langsung bayar jadi ga kena bunga dan riba,,, punya ilmunya dulu ka

    2. Erick,

      Minimal 3 bulan.

      Dan untuk mengumpulkan GarudaMiles dari kartu kredit Bank Mega, yang paling cepat adalah dengan Mega Travel Card dan Mega First Visa Infinite. Lainnya kurang bagus.

    1. Pambudi,

      Seharusnya free 1 tahun pertama namun dengan syarat transaksi dalam jumlah tertentu. Saya cukup yakin tahun-tahun selanjutnya juga begitu.

  2. Saya barusan sudah konfirmasi ke bank mega ternyata memang benar ada program seperti itu namun ketika kita mau tarik depositonya kartu harus jg di tutup, di sarankan utk apply baru kembali, begitu info yg saya dapat.

    1. Ditya,

      Betul sekali tapi kata marketing saya sih program ini (secured card) hanya berlaku selama Covid-19, nantinya jika Covid-19 sudah selesai dana bisa ditarik dan kartu tetap bisa kita pegang.

  3. Apakah ada bank” lain yang melonggarkan syarat untuk apply kartu kredit mereka selain mega ?

    Berkat artikel ini, saya sudah dapat mega travel card.

    Jika ad kartu kredit lain yg syarat apply ny dipermudah berkat pandemi ini, bisa jadi sebuah kesempatan bagus.

    Trims, pinterpoin

  4. Untuk pengajuan secured credit card ini apakah perlu melampirkan mutasi rekening dan slip gaji juga layaknya pengajuan pada umumnya? Lalu nanti apakah akan ada pihak analyst bank yang akan menelpon atau survey lokasi rumah? Ataukah dengan menaruh deposito maka akan bypass semua proses tersebut dan statusnya langsung approved?

    1. Andreas,

      Tidak perlu melampirkan mutasi rekening ataupun slip gaji; Tidak ada juga survey dari pihak analis bank yang menelepon ataupun survei lokasi rumah.
      Dan betul sekali, dengan menaruh deposito maka akan bypass semua proses tersebut dan kartu 100% pasti approved.

      Btw saya saran untuk gerak cepat pak Andreas karena berdasarkan informasi yang ada, kemungkinan besar Mega akan memperketat program ini.

      1. Saya sudah melakukan pengajuan, namun perhitungannya berbeda dengan yang ditulis di artikel. Dari dana yang dideposito hanya bisa diperhitungkan 95% karena 5% nya untuk spare over limit. Lalu dari situ baru dihitung 80% untuk limitnya. Jadi sekitar 27 juta deposito nya untuk limit 20 juta. Dan istilah di bank mega bukan secured credit card melainkan back to back credit card.

        1. Andreas,

          Ini bergantung pada kebijakan cabang-nya sih. Kebetulan kisah saya di cabang Mega terdekat di kota saya seperti itu, 27 juta deposito untuk limit 20 juta.
          Namun teman saya yang juga kontributor PinterPoin yaitu Erick bisa mengajukan kartu kredit mega travel dengan limit 20 juta Rupiah hanya dengan deposito 25 juta Rupiah saja.

          Dan ya, Mega menggunakan istilah kartu kredit back-to-back. Namun intinya sama aja sih, itu adalah kartu kredit dengan jaminan penempatan dana alias secured credit card.

        2. Kalau waktu itu informasi dari pihak cabangnya berdasarkan pengalaman sebelumnya. Jadi infonya sudah cukup banyak yang mengajukan back-to-back. Lalu pas dicek limit yang diberikan oleh bagian card center ternyata menggunakan perhitungan tersebut. Sebenarnya dari pihak cabang tidak memaksakan juga kalau mau dicoba yang 25 juta, namun lebih amannya mengajukan sebesar 27 juta terkait dengan adanya spare 5% untuk overlimit. Mungkin mirip seperti HSBC Premier ya, bisa juga mengajukan 50 juta namun lebih amannya apabila ada 100 juta pada saat pengajuan.

  5. Dear PP
    Saya mengajukan CC ini di pertengahan Juli di kantor cabang mega di salah satu mall di jambi.
    Sebelumnya saya sudah mempunyai CC mega gold dan transmart.
    Tgl 16 juli, sy deposito senilai 25 jt, oleh marketing
    dikatakan cukup untuk mengajukan cc travel card.

    Karena terkendala NIK yg tidak valid, pengajuan sempat terpending hingga akhir juli.
    Setelah mengurus di disdukcapil, pengajuan on process.

    Tgl 5 agts ,sy bertanya ke marketing , di katakan tinggal menunggu kartu dikirimkan dari jakarta.

    Tgl 14 agts, karena saya belum pernah diinfokan dari pusat mengenai pengajuan CC tersebut sy kembali bertanya ke marketing. Stlh itu sy baru menerima notifikasi SMS bank mega bahwa pengajuan CC baru diproses.

    Tgl 24 karena belum ada perkembangan, sy menghubungi call centre bank mega utk mengetahui status pengajuan. Oleh CS dikatakan belum ada pengajuan ke pusat atas nama saya.
    Lalu sy menghubungi marketing, mereka tetap beralasan pengajuan sdh dilakukan. Tetapi ada form hold kartu kredit yg lain yang mesti saya tanda tangani di kantor cabang lagi.

    Pertanggal 25 ini, artinya hampir 1,5bln dari blokir deposito. Progress pengajuan sy masih blm jelas.

    Itupun dengan janji2 estimasi pengiriman kartu dalam 2 minggu lagi.

    Kira2, dengan kronologis seperti ini. Apa sy masih harus mengajukan lewat pihak marketing ini. Atau ada cara lain yg lebih cepat?
    Karena terhitung sy sdh 5-6 kali bolak balik ke kantor cabang kerena harus mengisi formulir mereka yang berubah-rubah

    1. Eric,

      Informasi yang paling valid berasal dari CS Mega sehingga untuk mengetahui status pengajuan kartu kredit, Anda lebih baik langsung menghubungi pihak Bank Mega. Kalau memang seperti ini kasusnya, saran saya setelah deposito Anda cair (semoga Anda mengajukan yang hanya 3 bulan), Anda lebih baik mencairkan deposito tsb dan mencari cabang bank mega lain yang lebih ‘becus’ dalam menangani hal ini karena menurut saya kesalahan berasal dari pihak marketing.

      Atau gampangnya seharusnya Anda telepon pihak CS mega dan langsung upgrade kartu kredit dari transmart jadi Mega Travel card, itu jauh lebih simpel harusnya.

  6. Bank Mega sepertinya sdh membuka pengajuan kartu kreditnya secara normal (tanpa harus blokir dana).
    kebetulan saya blm punya cc dari bank Mega (dlu malah sempat 2x ajuin melalui webnya, selalu mendapat sms ditolak), padahal BI Checking saya bagus, dan saya jg memiliki cc kelas platinum dan signature dr cimb niaga, bri, citibank, dan bca, anehnya hanya Mega ini selalu nolak saya…
    pas tgl 8 Agustus 2020 kemarin, saya ke mall Central Park di Jakarta Barat, kebetulan melewati carrefour di lantai dasar, nah disana ada marketing bank Mega, menawarin cc Bank Mega ke saya, kemudian saya tanya, bukannya bank Mega lagi tutup proses pengajuan kartu baru ya (krn di website jg tdk bisa) ?
    di jwbnya skrg sdh dibuka pengajuannya secara normal, namun hanya khusus utk kartu kelas Platinum & Travel saja…trus saya ditawarin utk kartu kelas Travelnya, y ud iseng saya ajukan namun saya hanya mengajukan kartu level Platinum (krn masih trauma ditolak), toh lgsg isi data di tempat melalui hp mereka & tanpa harus melampirkan slip gaji, syaratnya hanya harus punya cc dr bank lain sbg rekomendasi (tdk ad isi2 formulir biasa lg, tanpa harus ad ttd basah)…
    singkat cerita pd tgl 10 Agustus 2020, saya menerima whatsapp dari akun business bank Mega yg menginformasikan bahwa pengajuan saya sdh diterima dan sedang diproses.
    kemudian pd tgl 12 Agustus 2020, saya kembali menerima whatsapp dari akun tsb yg menginformasikan bahwa pengajuan saya sdh disetujui (AKHIRNYA kali ini disetujui, setelah 2x sblmnya kena tolak)…hahaha malah curhat…
    kemudian pd tgl 14 Agustus 2020, kartunya sdh dikirimkan ke kantor saya, saya sendiri sampe kaget, gila cepat amat, dlm 1 minggu beres tanpa ad verifikasi apapun jg…
    setelah saya buka amplopnya, ternyata saya dikirimkan kartu Travel, pdhal sblmnya saya hanya mengajukan yg level Platinum saja
    Sekian

    1. Meiko,

      Iya betul sekali, Mega sudah membuka jalur reguler untuk pengajuan kartu kredit-nya lagi. Artikel mengenai hal ini sebenarnya sudah saya tulis hanya saja belum saya publish, hahaha.

      Namun sekali lagi, terimakasih atas informasinya!!

      1. Dengan sudah dibukanya jalur reguler, tadi saya dapat informasi dari cs bank mega bahwa deposito yang back-to-back nantinya sudah bisa dicairkan. Kalau memang benar adanya maka pengajuan melalui back-to-back kartu bank mega ini mirip dengan pengajuan hsbc premier mastercard, namun bedanya untuk yang ini dana ditahan 3 bulan.

        1. Hi Pak Edwin, barusan saja saya telpon cs bank Mega untuk menanyakan apakah bisa mencairkan deposito saya dan tetap menggunakan kartu kredit Travel Card.

          CS tersebut bilang bahwa pengajuan cc melalui program back to back harus juga di tutup dan melakukan pengajuan kartu kredit lewat jalur reguler kembali.

          Apakah Pak Edwin atau eman teman yang lain ada yang sudah berhasil mencairkan deposito nya tanpa menutup kartu kredit nya?

          Terimakasih

        2. Dennis,

          Betul sekali jika Anda mengajukan lewat jalur secured card dan kemudian menutup/mencairkan deposito yang ada maka kartu kredit tersebut juga akan secara otomatis tertutup. Saya sendiri sudah mengalami-nya.

          Kebetulan saat ini belum ada teman yang berhasil mempertahankan kartu sembari mencairkan deposito yang ada. Alternatifnya adalah Anda mengajukan ulang kartu kredit itu lewat jalur biasa (yang sudah dibuka kembali) setelah kartu kredit secured tersebut tertutup untuk beberapa saat.

  7. Mohon informasinya donk apakah program ini masih berlaku?
    dan ada rekomendasi cabang mana atau sales marketing mana utk pwngajuan ini?

    lokasi di jakarta barat (kebun jeruk)

  8. Halo min,

    Saya datang ke cabang terdekat dan apply kartu kredit Mega Travel tgl 22 september, tgl 24 dapet sms dan permohonan kartu kredit disetujui.

    Tgl 28 september, kartu nya dateng tetapi bukan kartu Mega Travel melainkan yang datang adalah kartu Mega Visa Platinum. Sedikit kecewa tetapi yasudah lah. Apakah ada tips and tricks dari pinterpoin supaya bisa cepat upgrade dan disetujui ke Mega Travel?

    Thanks

    1. Kondisi terakhir di Bank Mega sudah bisa mengajukan pengajuan reguler, alias untuk pengajuan sudah normal kembali, sehingga ada kemungkinan metode dalam artikel ini sudah tidak valid lagi. Walaupun secara umum untuk pengajuan back-to-back credit card informasi dari CS Bank Mega nya berlaku sepanjang masa, dan biasanya digunakan oleh expat yang ada di Indonesia. Sama seperti saat kita mengajukan kartu kredit ke bank di luar negeri pada umumnya akan berupa secured credit card.

    2. Maaf min numpang tanya pada tgl 1nov 2020 kmaren saya mengajukan CC Bank Mega…cuma sekarang tgl 3 gak ada email atau tlf apakah itu berarti tidak di ACC?
      Terimakasih

  9. Apakah di pinter poin sudah ada yang berpengalaman mengajukan secure credit card selain bank mega?

    Dan apakah pengajuan secure credit card benar-benar susah?

    1. Martapura,

      Saya pernah mengajukan secured card BCA dan ada teman saya yang mengajukan secured card Citi, keduanya lancar-lancar saja.

      Pengajuan secured credit card tidak susah jika Anda memiliki orang yang tepat yang memahami hal ini dan hampir pasti kartu akan diperoleh.

      1. Halo, Pak Edwin.

        Boleh dibantu sharing pengalaman buka CC BCA dan Citibank dengan metode secured credit card? Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.