Pemerintah Turki akan segera menerapkan kebijakan bebas visa bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berkunjung ke negara tersebut.

Hal ini disampaikan oleh menteri luar negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, kepada menteri luar negeri Indonesia, Retno Marsudi dalam rangka pertemuan bilateral yang diadakan di Ankara, Turki.

Menteri luar negeri Turki juga menyampaikan kebijakan baru untuk pemberian bebas visa bagi warga negara Indonesia ke Turki

-Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia

Dari video pertemuan tersebut di Youtube, sekilas terdapat juga pembahasan travel corridor arrangement & mutual  recognition on vaccine certificate antara Indonesia dengan Turki. Hal ini mengindikasikan kemungkinan bahwa kedepan warga Turki yang berkunjung ke Indonesia dan warga Indonesia yang berkunjung ke Turki mungkin tidak memerlukan karantina.

Bagi Anda yang tidak tahu, sebelumnya WNI yang ingin berkunjung ke Turki diwajibkan untuk mengajukan e-visa sebelum berkunjung. Walaupun harga e-visa tersebut tidaklah mahal (35 USD/±Rp500.000), tetapi tetap saja proses dan biaya tersebut menjadi suatu pertimbangan tersendiri.

Kebijakan bebas visa tersebut sendiri akan diberlakukan dalam waktu dekat. Untuk saat ini, teknis dan informasi detail mengenai kebijakan tersebut baru akan diumumkan setelah ada keputusan lebih lanjut.

Jika sudah ada keputusan kapan akan mulai diberlakukan, kami akan sampaikan kepada publik

-Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia


Baca juga: Maroko Menghentikan Program Bebas Visa Kunjungan Bagi Pelancong Asal Indonesia

Baca juga: Masa Berlaku Paspor Indonesia Akan Diperpanjang & Pengajuan Akan Dipercepat


Penutup

Berita baik bagi Anda yang memiliki rencana untuk berwisata ke Turki dikarenakan Anda bisa menghemat sekitar 35 USD atau ±Rp500.000 akibat kebijakan ini. Uang tersebut bisa Anda gunakan untuk tinggal lebih lama di Turki ataupun membeli Baklava yang sangat nikmat 😉

Turki sendiri menjadi salah satu negara yang saya sangat ingin kunjungi mengingat belakangan ini mata uang dari negara tersebut terus mengalami depresiasi terhadap Rupiah. Hal ini berarti Anda memiliki daya beli yang lebih tinggi apabila Anda berkunjung ke Turki.

Kurs tukar Turkish Lira terhadap Indonesian Rupiah konstan melemah

Turki sendiri menjadi salah satu negeri favorit saya untuk berlibur. Eksotisme ditambah dengan kultur yang unik serta makanan yang lezat menjadi alasan tersendiri bagi saya untuk berkunjung ke negeri ini 🙂

Di luar itu, terdapat banyak sekali sweet spot untuk berkunjung ke Turki dengan murah meriah namun mewah. Bagi Anda yang pernah mengikuti MasterClass PinterPoin, Anda pasti tahu betul apa yang kami maksud.

.

Apa pendapat Anda mengenai kebijakan pemerintah Turki yang akan membebaskan visa bagi WNI?