Amerika Serikat dikabarkan akan segera mengakhiri travel ban pada awal November 2021 mendatang.

Sebelumnya, travel ban Amerika Serikat ini melarang pengunjung dari negara-negara tertentu seperti Inggris, Uni eropa, Tiongkok, India, Iran, Irlandia, Brazil, Afrika Selatan untuk berkujung ke negara tersebut. Amerika Serikat juga akan mewajibkan warga asing yang memiliki rencana untuk berkunjung untuk wajib divaksin sebelum bisa berkunjung.

Most importantly, foreign nationals flying to the U.S. will be required to be fully vaccinated

-Jeff Zients, White House Covid-19 Response Coordinator

Akan terdapat syarat wajib vaksin untuk bisa berkunjung ke Amerika Serikat

Apa Implikasinya?

Terdapat implikasi positif dan negatif dari rencana Amerika Serikat untuk mengakhiri travel ban & mewajibkan vaksinasi bagi pengunjung yaitu:

(+) Anda bisa menggunakan penerbangan asal Eropa seperti Lufthansa, British Airways, Air France, dan sebagainya untuk berkunjung ke Amerika Serikat. Hal ini akan mempermudah mereka yang memiliki rencana untuk berkunjung ke Eropa lalu ke Amerika Serikat (seperti saya).

(+) Anda akan bisa merasa lebih aman untuk terbang di penerbangan internasional menuju Amerika Serikat menggunakan maskapai asli asal negeri tersebut seperti Delta, American Airlines, dan sebagainya mengingat semua penumpang di penerbangan tersebut sudah divaksinasi.

 

(-) Terdapat kemungkinan bahwa Amerika Serikat hanya akan mengakui vaksin jenis tertentu sebagai syarat untuk masuk ke negaranya. Mengingat saat ini vaksin yang mendapat izin FDA (semacam BPOM-nya Amerika Serikat) hanyalah Pfizer, Moderna, dan Johnson&Johnson, maka hal ini berpotensi mempersulit orang yang divaksin jenis lain untuk berkunjung.


Baca juga: Panduan Lengkap Vaksinasi di Amerika Serikat 

Baca juga: Menginap 5 Bulan di Hotel Hilton di Amerika Serikat, Apa Alasannya? 


Penutup

Amerika Serikat berencana untuk mengakhiri travel ban pada awal November mendatang. Sayangnya, saya tidak mau terlalu optimis sebelum mengetahui peraturan detailnya.

Saya sendiri sempat berkunjung ke Amerika Serikat beberapa saat yang lalu dan tinggal di sana selama 2 bulan; Saat ini kondisi di sana tidak berbeda dengan di Indonesia (terutama di Los Angeles) di mana semua orang berpergian menggunakan masker dan menerapkan social distancing.

Mengingat saat ini cukup mudah juga (setidaknya di Pulau Jawa) memperoleh vaksin yang FDA Approved yaitu Pfizer ataupun Moderna, maka seharusnya Anda tidak perlu berkunjung jauh-jauh ke Amerika Serikat untuk memperoleh vaksin seperti saya 3 bulan lalu 😉

Saya memperoleh vaksin Pfizer di Amerika Serikat pada bulan Juli lalu

Apa pendapat Anda mengenai rencana Amerika Serikat mengakhiri travel ban pada awal November mendatang?