Promo Anggota Baru Alaska Airlines | PinterPoin

Alaska Airlines Batal Bergabung ke Aliansi Maskapai oneworld Tahun Ini

Pada bulan Februari 2020 lalu, Alaska Airlines secara mengejutkan mengumumkan akan bergabung dengan aliansi maskapai oneworld pada musim panas 2021.

Kemudian pada bulan Juli 2020, Alaska mengumumkan telah menerima undangan resmi dari oneworld dan akan bergabung lebih awal, yakni pada akhir tahun 2020.

Kini, rencana tersebut kembali tertunda hingga akhir kuarter pertama tahun 2021. Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Alaska Airlines, Ben Minicucci, pada sebuah konferensi hari Rabu kemarin (H/T: TPG).

Keuntungan Alaska Airlines Bergabung ke oneworld

Maskapai Alaska Airlines yang berbasis di Seattle, Amerika Serikat, mungkin pernah mencuri perhatian Anda dengan trik stopover Japan Airlines business class-nya. Bagi saya, Alaska Airlines adalah salah satu maskapai yang memiliki frequent flyer program atraktif dengan opsi penukaran maskapai partner yang menarik.

Miles Alaska sendiri sangat berharga bagi pengumpul miles, saya pribadi memberikan valuasi sebesar Rp270 / 1 mile Alaska yang tergolong tinggi.

Bagi saya, keuntungan terbesar dari bergabungnya Alaska Airlines ke oneworld adalah bertambahnya maskapai partner yang berarti juga bertambahnya cara untuk mengumpulkan & menggunakan miles Alaska.

Sejauh ini, Alaska sendiri sudah menjalin kerja sama dengan beberapa maskapai oneworld seperti Japan Airlines, Cathay Pacific, Qantas, British Airways, American Airlines, dan Finnair.

Melihat potensi kerja sama tersebut, maka sebenarnya cukup masuk akal untuk bergabung ke oneworld. Terlebih, anggota elite Alaska juga nantinya bisa menikmati fasilitas status elite oneworld.

Alaska Airlines oneworld
The Pier First Class Lounge Cathay Pacific bisa diakses oleh anggota oneworld Emerald saat terbang di economy class sekalipun. Foto: PinterPoin.

Penutup

Saya pribadi (masih) menyambut baik berita bergabungnya Alaska Airlines ke oneworld karena umumnya penambahan/pengurangan anggota di aliansi maskapai jarang terjadi. Sayangnya, rencana tersebut tidak akan direalisasikan di tahun 2020, yang mana wajar melihat situasi yang tidak kondusif.

Bagi saya, Alaska MileagePlan merupakan salah satu frequent flyer program terbaik saat ini. Harapan saya adalah Alaska tidak melakukan devaluasi setelah resmi bergabung.

Kedepannya, saya melihat jika mengumpulkan miles & mengejar status elite Alaska MileagePlan akan semakin menarik dan menguntungkan. Miles yang actually berharga & status elite yang memberikan akses manfaat oneworld seperti First Class Lounge saat terbang di economy class? Yes please!

.

Tertarik untuk menjadi loyalis Alaska MileagePlan?

H/T: OMAAT

Share
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea